Share on

Pada hari Selasa (30/1) lalu, agen perjalanan H.I.S. Co menyatakan bahwa sebuah robot barista akan melayani pelanggan di sebuah kafe yang rencananya akan dibuka bulan depan di cabang andalannya di Tokyo. Agensi akan membuka Kafe yang bernama Henn Na Cafe atau "kafe aneh" yang menampilkan lengan robot dan pembuat kopi otomatis di dalam tokonya di distrik Shibuya, Tokyo.

Langkah tersebut akan menambah rangkaian layanan perusahaan yang menggunakan robot, termasuk di Hotel Henn Na atau "hotel aneh" di Sasebo, Prefektur Nagasaki di mana seorang robot wanita dan robot dinosaurus menyambut pelanggan di meja resepsionis.

Di kafe ini cabang Shibuya Shibuya, pelanggan akan disambut oleh robot buatan A.S., dengan layar terlampir yang menunjukkan ekspresi wajah seseorang dan berbicara dalam bahasa Jepang, "Halo, apakah Anda ingin mencoba kopi yang nikmat?"

Pelanggan yang ingin mencoba pertama-tama perlu membeli tiket di mesin penjual otomatis untuk memesan minuman yang bisa mereka pilih dari menu yang menyediakan tujuh item pesanan. Robot kemudian akan memindai kode QR tiket untuk melayani mereka.

Robot barista akan meraih cangkir kertas dan memindahkannya ke mesin kopi sebelum menuangkan biji kopi yang digiling ke dalam mesin dan menekan satu tombol untuk membuat minuman. Bila sudah siap, robot akan menempatkannya di meja penerima tamu.

Dibutuhkan waktu tiga sampai empat menit agar robot bisa menyajikan satu cangkir kopi, fasilitas ini dibanderol dengan harga 320 yen. Robot juga bisa membuang biji kopi dan membersihkan saringan dengan sendirinya.

"Dengan menggunakan kecerdasan buatan, kami ingin membuatnya belajar bergerak dengan halus," menurut salah satu perwakilan H.I.S. mengenai mesin unik ini.

(featured image : Japan Today)