Share on

Grup peneliti yang sebagian besar berasal dari Universitas Kyoto, Panasonic Corp., dan Mitaka Kohki Co., mengembangkan mikroskop operasi dengan high definition 3D video.

Advertise With Us

Mikroskop, khusus dirancang untuk digunakan selama pembedahan mikro oleh dokter bedah yang harus dengan tepat menemukan pembuluh darah dan melakukan penjahitan.

Namun terkadang, terdapat kendala dalam penggunaan mikroskop yang menunjukkan gambar blur akibat detak jantung atau faktor lain selama operasi dilakukan. Dengan alasan itulah peneliti mencari solusi untuk menciptakan alat yang lebih canggih.

Mikroskop Operasi Canggih dengan High Definition 3D Video dikembangkan Peneliti Jepang
(Gambar: Ryosuke Nonaka, asahi.com)

Para peneliti kemudian mengembangkan sistem video mikroskop yang meningkatkan area fokus dan resolusi secara drastis, yang dapat menampilkan gambar organ dan obyek lain dengan jelas sekalipun bergerak 5 milimeter karena detak jantung. Jahitan berukuran 1 micrometer pun berhasil terekam dengan jernih melalui alat ini.

Tidak hanya itu, dokter yang biasanya harus menunduk lama melihat ke dalam mikroskop biasa, dengan alat ini akan menggunakan kacamata 3 dimensi untuk menonton monitor di depan mereka selama operasi pembedahan berlangsung sehingga mengurangi beban pada para dokter.

Rencananya alat ini akan dijual secara komersil di Jepang paling cepat pada bulan Desember.

 

Featured image: cuvs Source: asahi