Share on

Sebuah perusahaan yang berbasis di Tokyo telah menciptakan mesin "transformator" di kehidupan nyata yang dapat berubah dari mobil fungsional menjadi robot berjalan. Asratec Corp, anak perusahaan SoftBank Group Corp, menghabiskan tiga tahun mengembangkan J-deite RIDE sang robot mobil yang seperti Transformer.

Advertise With Us

Sebagai mobil, benda ini memiliki panjang 4 meter dan tinggi 1,4 meter. Dalam satu menit lebih, mobil ini dapat berubah menjadi robot setinggi 3,7 meter dan lebar 4,2 meter.

Selama transformasi, jok mobil dan penutup kap dapat diangkat, dan kaki serta kepala robot pun akan muncul. Untuk kembali ke bentuk mobil, robot ini membutuhkan waktu yang hampir bersamaan.

Desainer Gundam Membantu Pembuatan Robot Mobil Seperti Transformer
(featured image : Daily Mail)

Kunio Okawara, yang merancang banyak mobile suits yang digunakan dalam franchise anime "Gundam", merancang J-deite RIDE. Sebagai mobil, secara teoritis kendaraan ini dapat mencapai kecepatan maksimum 60 kilometer per jam. Dalam bentuk robot, ia bisa berjalan sekitar 100 meter per jam.

Dua orang, termasuk pengemudi, dapat masuk ke dalam "kokpit." Tapi J-deite RIDE juga dapat dikontrol secara nirkabel tanpa driver onboard. Asratec sedang mempertimbangkan memasarkan kendaraan ini ke taman hiburan.  Prototipe pertama, yang memiliki berat 35kg, diluncurkan pada Digital Content Expo tahunan di Tokyo pada Oktober 2014.

Perangkat ini didukung oleh perangkat lunak 'V-Sido OS' yang dirancang oleh Wataru Yoshizaki untuk memungkinkan siapa pun dalam mengontrol robot humanoid.

(featured image : Daily Mail)