Share on

Pecinta hewan atau bukan, tentu saja mengenal anjing berjenis Shiba Inu. Anjing jenis ini memiliki wajah bundar dan mata agak sipit yang unik, sehingga banyak orang ingin mengadopsinya. Seperti anjing-anjing lain, tentu saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum Anda memelihara anjing berjenis Shiba Inu ini. Apa aja sih hal-hal penting yang harus diketahui sebelum memelihara Shiba Inu?

Advertise With Us

1. Shiba Inu merupakan anjing yang berjiwa bebas

Shiba Inu merupakan anjing yang sangat aktif dan berjiwa bebas. Shiba Inu merupakan anjing yang independen, dan suka melakukan apapun yang mereka suka, sehingga saat tidak disarankan untuk keluar tanpa menggunakan tali kekang pada mereka. Berjiwa bebas disini juga dapat diibaratkan dengan keras kepala. Anjing jenis tersebut memang merupakan anjing yang pintar dan tidak sulit untuk melatihnya, tapi anjing ini juga bisa menjadi sangat keras kepala, mereka dapat dengan sengaja untuk tidak mendengarkan perintah pemiliknya.

ilustrasi shiba inu
Ilustrasi anjing jenis Shiba Inu (shibainulovers.com)

2. Shiba Inu merupakan anjing yang agresif

Anjing Shiba Inu memiliki sifat agresif terhadap orang-orang yang tidak dikenal, atau hewan lain. Maka dari itu, mereka sering terlibat dalam perkelahian apabila bertemu dengan anjing atau hewan peliharaan lainnya. Apabila Anda memiliki peliharaan lain atau sering pergi ke taman-taman anjing, sangat disarankan untuk melatih anjing Shiba Inu untuk bertingkah laku baik terhadap anjing atau orang lain. 

ilustrasi shiba inu
Ilustrasi anjing jenis Shiba Inu (myfirstshiba.com)

3. Bulu Shiba Inu sangat mudah rontok

Shiba Inu memiliki bulu yang sangat mudah rontok. Bulu Shiba Inu rontok secara teratur setiap tahunnya, dan hal ini terjadi pada musim semi dan di akhir musim gugur. Anda harus bersiap-siap untuk lebih banyak membersihkan rumah dan pakaian-pakaian Anda yang terkena bulu anjing Shiba Inu ini. 

ilustrasi shiba inu
Ilustrasi bulu Shiba Inu (myfirstshiba.com)

3 hal di atas adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda mengadopsi anjing ini. Bagaimana? Apakah Anda siap untuk memelihara anjing Shiba Inu?

Sumber:

Japan Info

The Japan Try