Berita Jepang | Japanesestation.com

Kabosu, anjing Shiba Inu Jepang yang menginspirasi meme viral doge dan mata uang kripto Dogecoin telah tutup usia pada Hari Jumat (24/5).

"Dia pergi dengan sangat damai tanpa penderitaan, seolah-olah tertidur sambil merasakan kehangatan tangan saya yang mengelusnya" ujar sang pemilik, Atsuko Sato melalui akun instagram-nya.

Kabosu, seekor anjing penyelamat yang diadopsi oleh Sato pada bulan November 2008, menjadi sensasi di internet setelah sebuah foto yang diunggah pada tahun 2010 menjadi viral. Foto tersebut memunculkan banyak meme yang menampilkan ekspresi khasnya yang dibumbui dengan keterangan lucu dalam bahasa Inggris.

"Saya yakin bahwa Kabosu adalah anjing yang paling bahagia di dunia. Hal ini membuat saya menjadi pemilik paling bahagia di dunia," kata Sato, seraya mengucapkan terima kasih kepada para penggemar Kabosu.

Sebagai anjing yang diadopsi, usia asli Kabosu tidak diketahui, namun sang pemilik memperkirakan usianya berumur 18 tahun.

Kabosu juga menjadi wajah Dogecoin, sebuah mata uang kripto yang dibuat pada tahun 2013 yang awalnya merupakan parodi dari Bitcoin. Popularitas koin ini meroket setelah miliarder teknologi Elon Musk menyatakan dukungannya, dengan setiap penyebutan koin di X, yang saat itu dikenal sebagai Twitter, yang mengarah pada kegilaan pembelian.

"Dampak yang telah diberikan oleh anjing yang satu ini di seluruh dunia tidak dapat diukur," kata Dogecoin di  akun X  miliknya sebagai penghormatan kepada Kabosu. "Dia adalah makhluk yang hanya tahu kebahagiaan dan cinta tanpa batas."

Sato mengatakan bahywa Kabosu jatuh sakit karena leukemia dan penyakit hati pada akhir tahun 2022. Ia juga menceritakan dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan AFP bahwa "kekuatan tak terlihat" dari doa-doa para penggemar di seluruh dunia telah membantunya bertahan.