Share on

Berbagai layanan ibu hamil banyak tersedia di Jepang, salah satunya termasuk memberi prioritas kepada ibu hamil saat menunggu taksi.

Advertise With Us

Dan kini aplikasi chat populer, LINE, bekerja sama dengan perusahaan kereta Tokyo Metro dan Dai Nippon Printing, melakukan uji coba untuk memberikan layanan yang membantu ibu hamil saat mencari tempat duduk di kereta yang ramai.

Penumpang yang mengikuti program akan diberi tahu melalui LINE setiap kali seorang wanita hamil memasuki gerbong yang sama dan menekan tombol "Saya ingin duduk" di aplikasi chat tersebut. Kemudian aplikasi tersebut akan memberitahu wanita itu mengenai tempat duduk yang ditawarkan, sehingga memungkinkan kedua orang bertukar tempat tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Layanan ini akan diujicobakan dari tanggal 11 sampai 15 Desember di Jalur Ginza perusahaan kereta Tokyo Metro, yang berjalan dari Stasiun Ueno ke Stasiun Omotesando dan juga dari Stasiun Shibuya ke Stasiun Ueno. Sebanyak delapan kereta api diharapkan dapat melakukan layanan percontohan ini di gerbong terakhir masing-masing kereta dari pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore, dan sukarelawan yang berminat dapat membantu memberikan feedback yang berharga untuk membantu memperbaiki program ini.

Meskipun hal ini tentu memberikan bantuan yang berharga bagi wanita hamil, uji coba ini juga menyoroti beberapa masalah dan kesulitan yang mereka hadapi saat menggunakan transportasi umum di Jepang. Kursi direbut begitu mereka kosong, dan banyak penumpang yang sangat asyik dengan smartphone mereka sehingga mereka hampir tidak pernah melihat keadaan orang lain yang membutuhkan tempat duduk lebih dari mereka.

Semestinya, semua orang lebih memerhatikan orang sekitar tanpa perlu menggunakan aplikasi tersebut. Terciptanya sebuah penemuan dan uji coba ini merupakan hasil dari kekurangpekaan kita terhadap lingkungan sekitar.

(featured image : Japan Today)