Share on

Dalam bahasa Indonesia, lembaga pemasyarakatan seringkali disebut sebagai hotel prodeo. Hotel prodeo tentunya bukan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan malam, namun, di berbagai tempat di berbagai belahan dunia, mulai muncul hotel-hotel yang didirikan di lembaga pemasyarakatan yang sudah tidak digunakan. Salah satu diantaranya adalah Lembaga Pemasyarakatan Anak Nara di Jepang, yang dalam waktu dekat akan memulai proses alihfungsi menjadi hotel.

Lembaga pemasyarakatan anak Nara yang dibangun pada tahun 1908 memiliki desain eksterior yang unik sehingga menjadikannya populer sebagai tempat wisata dan telah dicanangkan sebagai aset kebudayaan penting oleh pemerintah Jepang. Lapas yang dapat menampung hingga 700 orang ini telah berhenti beroperasi sejak 31 Maret lalu, dan Kementrian Hukum Jepang telah mengumumkan penawaran kepada perusahaan-perusahaan untuk melakukan pengalihfungsian bangunan bersejarah tersebut menjadi hotel.

Proyek yang menggunakan nama sementara “HISTERRACE Nara Project” ini dijalankan oleh Solare Hotels & Resorts Co., Ltd. Yang akan mengawasi jalannya seluruh proyek, Shimizu Corporation dan Tokyu Company yang akan mengerjakan hal-hal terkait konstruksi, dan Muji yang akan mendirikan akomodasi berbentuk asrama di sebuah bangunan baru di bawah bendera Muji Hostel. Muji juga akan mendirikan bengkel seni dan kerajinan tradisional serta café dan bar di sekitar asrama tersebut.

Bangunan utama lapas sendiri akan dijadikan sebuah hotel yang dijalankan oleh Solare, dengan nama sementara “Soramitsu Nara”. Dari 5 sayap bangunan lapas, 1 bagian akan dibiarkan sebagaimana adanya sebagai bentuk preservasi, dan 4 sayap lainnya akan direnovasi menjadi hotel, dengan total sekitar 150 ruangan. Kamar-kamar hotel ini akan mempertahankan konstruksi sel penjara asalnya, namun dengan penerangan dan furniture yang modern dan nyaman.

Menurut mereka yang terkait dengan proyek ini, fasilitas hotel yang dibuat di bekas lapas anak Nara ini bertujuan untuk mempertahankan warisan sejarah tersebut, dengan fokus pada mempromosikan sejarah yang hidup dari bangunan tersebut. Hotel yang unik ini direncanakan untuk mulai melayani pengunjung pada tahun fiscal 2020 mendatang. Tertarik untuk mencoba menginap di hotel yang dulunya hotel prodeo ini?

(All images: SoraNews24)