Share on

Mulai dari celana bushido hingga sarung payung berbentuk pedang samurai, kalian telah melihat banyak ide mode hibrida yang muncul di Jepang dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, ketika cuaca sudah mulai dingin, inilah saatnya mode pakaian baru untuk tampil, dan tahun ini semua orang berebut untuk mendapatkan Hanten Parka.

Hanten Parka: Perpaduan Busana Modern Dengan Sentuhan Busana Tradisional Jepang
Gambar oleh Sora News 24

Hanten adalah mantel pendek tradisional untuk musim dingin yang pertama kali dipakai oleh rakyat jelata selama Periode Edo (1603-1868). Jaket ini biasanya dilapisi dengan lapisan katun tebal, memberi mereka bentuk kotak yang cukup nyata, dan dapat dikenakan di rumah ataupun di luar ruangan untuk memberi kehangatan selama bulan-bulan di musim dingin. Mantel hanten tradisional ini kini telah disulap menjadi mode pakaian modern oleh perusahaan Jepang, Mocolle.

Mocolle telah memproduksi beberapa pakaian hibrida seperti pakaian tidur kimono dan pakaian renang ninja, jadi mereka tahu apa yang harus dilakukan ketika menciptakan pakaian modern dengan sentuhan gaya tradisional. Seperti banyak kreasi kreatif lainnya dari mereka, Hanten Parka dikembangkan dari sebuah ilustrasi di Twitter yang menjadi viral secara online, dengan banyak yang meminta ide tersebut dibuat dalam kehidupan nyata.

Hanten Parka: Perpaduan Busana Modern Dengan Sentuhan Busana Tradisional Jepang
Gambar oleh Japan Today

Parka baru ini mereplikasi gambar desain yang viral tersebut, dengan mempertahankan gaya lengan kimono dari hanten tradisional sambil menambahkan hoodie untuk sentuhan yang unik.

Hanten Parka: Perpaduan Busana Modern Dengan Sentuhan Busana Tradisional Jepang
Gambar oleh Sora News 24

Parka ini juga menghilangkan pengikat yang umumnya digunakan pada hanten tradisional, menggantinya dengan gaya terbuka yang membuatnya mudah dipakai.

Hanten Parka: Perpaduan Busana Modern Dengan Sentuhan Busana Tradisional Jepang
Gambar oleh Sora News 24

Menurut Mocolle, Hanten Parka dapat dikenakan baik oleh pria maupun wanita, dan meskipun parka ini bisa tetap digunakan untuk menghangatkan tubuh di dalam ruangan, gaya hoodie-nya juga membuatnya bisa dipakai di luar ruangan. Pakaian ini akan segera diproduksi massal, berkat kampanye crowdfunding yang sangat sukses, yang telah melampaui target 1 juta yen, dan berhasil meraih 2,62 juta yen, dengan 30 hari kampanye yang tersisa.

Mocolle menyediakan beberapa tawaran dan hadiah menarik bagi para pelanggannya, mulai dari harga 6.400 yen untuk satu jaket, hingga 19.000 yen untuk ketiga warna yang tersedia. Pembelian untuk tiga parka ini datang dengan kartu pos, yang bisa jadi akan menampilkan sang model Hanten Parka, cosplayer terkenal Tomouta Kawamura. Mengingat tingkat permintaan yang tinggi untuk desain baru ini, kalian dapat berharap untuk melihat Hanten Parka dirilis secara komersial di toko Village Vanguard dalam waktu dekat, dimana ia akan tampak serasi dipajang bersama beberapa pakaian hibrida populer lainnya dari Mocolle.