Share on

Makin berkembangnya zaman, hal-hal yang semula dianggap remeh dan geeky seperti video game mulai menguasai dunia. Bahkan, mereka berhasil menyentuh ranah “mainstream” dengan berkolaborasi bersama brand-brand non-geeky seperti makanan dan brand-brand fashion. Nah, berikut ada 5 brand fashion high-end yang pernah berkolaborasi dengan video game lho. Apa saja?

Advertise With Us

Prada x Final Final Fantasy XIII-2

Final Fantasy x Prada (instagram: moviesmoviesmoremovies)
Final Fantasy x Prada (instagram: moviesmoviesmoremovies)

Salah satu franchise video game terbesar, Final Fantasy, berkolaborasi dengan salah satu brand fashion ternama di dunia, Prada pada tahun 2012. Kolaborasi ini dilakukan untuk merayakan ulang tahun ke-25 Final Fantasy. Prada sendiri tidak membuat desain baru untuk kolaborasi ini, namun mereka mengizinkan artist dan character designer Final Fantasy, Tetsuya Nomura untuk mendandani karakter dari seri terbaru game itu dengan produk terbaru Prada. Hasil kolaborasi ini akhirnya dipublikasikan di sebuah majalan fashion London, Arena Homme +.

Moschino x Super Mario

Super Moschino, kolaborasi game Super Mario dengan brand Moschino. (instagram: luisaviaroma)
Super Moschino, kolaborasi game Super Mario dengan brand Moschino. (instagram: luisaviaroma)

Berikutnya, ada brand ternama yang memang dikenal senang membuat kolaborasi unik. Sebelum berkolaborasi dengan karakter flagship-nya Nintendo, Mario, mereka pernah merilis boneka Moschino Barbie dan pakaian yang mengambil referensi dari McDonald’s. Nah pada tahun 2015, mereka kembali membuat seri pakaian kasual yang disebut Super Moschino, kolaborasi keren dengan game ikonik Super Mario World.

Giles Deacon x Pac-Man

Giles Deacon x Pac-man (instagram: tourist.mph)
Giles Deacon x Pac-man (instagram: tourist.mph)

Untuk spring/summer 2009, desainer asal Inggris Giles Deacon berpetualang ke tahun 80-an untuk mencari inspirasi. Akhirnya, ia menemukan inspirasinya, video game klasik Pac-Man!  Deacon membuat sebuah helm besar dengan bentuk mirip karakter ikonik dan musuhnya, serta sebuah dress yang dihiasi dengan karakter yang sama.

Moschino x The Sims

Kolaborasi Moschino x The Sims yang bisa digunakan dalam game. (instagram: moschino)
Kolaborasi Moschino x The Sims yang bisa digunakan dalam game. (instagram: moschino)

Brand asal Italia Moschino kembali berkolaborasi dengan game pada tahun lalu. Kali ini, mereka berkolaborasi dengan game life-simulation The Sims. Seri dengan nama The Capsule Collection ini diorganisir oleh creative director Moschino, Jeremy Scott. Di dalamnya, ada berbagai item menarik seperti  pixelated jacket dan item-item yang dapat digunakan karakter dalam game. Terkait koleksinya, Scott mengatakan: “Aku sangat menyukai mengimajinasikan, mendesain, dan membuat persona dengan The Sims universe … Konsep inilah yang aku perhatikan saat membuat setiap koleksi di Moschino, membuat fantasy universe dengan jalan cerita dan karakter spektakuler.”

Louis Vuitton x Final Fantasy XIII

Lightning dalam kolaborasi Louis Vuitton x Final Fantasy XIII (instagram: nicolasghesquiere)
Lightning dalam kolaborasi Louis Vuitton x Final Fantasy XIII (instagram: nicolasghesquiere)

Setelah kesuksesan Prada dan Fibal Fantasy, Square-Enix, creator dari Final Fantasy, kembali berkolaborasi dengan brand fashion high-end lain. Kali ini,  Lightning, heroine darii game ke-13 seri ini, menjadi model untuk koleksi spring/summer 2016 Louis Vuitton. Terkait kolaborasinya, Nicolas Ghesquière, seorang fashion designer dan creative director untuk brand asal Perancis ini mengatakan ia menganggap Lightning sebagai “sosok sempurna untuk melambangkan wanita yang global heroic”. LV bahkan bersikeras ingin membuat Lightning melakukan “interview” untuk mempromosikan kolaborasi ini.

Itulah 5 kolaborasi brand high-end dengan video game. Yang manakah desain favoritmu?