SHARE THIS ARTICLE

Pencipta karakter manga dan cerita seri manga Naruto, Masashi Kishimoto, mengaku terkejut karena tidak menyangka karyanya itu juga populer di luar Jepang. Kenyataan itu baru ia sadari dengan menerima banyak surat dari luar tanah airnya itu, ketika cerita seri manga Naruto ditamatkannya tahun ini.

The Last-Naruto The Movie
The Last-Naruto The Movie

Karena kami (para mangaka atau pencipta manga) bekerja di dalam ruangan, sulit bagi kami untuk melihat secara langsung bahwa karya kami benar-benar populer. Saya tidak menyadarinya sampai menerima banyak surat dari luar negeri. Beberapa surat bahkan tidak saya pahami karena ditulis dengan bahasa yang tidak saya tahu,” tutur Kishimoto, yang pernyataannya itu dipublikasi oleh harian Jepang Asahi Shinbun, Senin (10/11/2014).

Kishimoto mengatakan pula bahwa ia menerima foto seorang anak kecil berpose dengan mengenakan kostum Naruto. Foto tersebut membuatnya sangat bahagia.

Meski cerita seri manga Naruto telah berakhir, Kishimoto sendiri masih belum percaya bahwa Naruto benar-benar sudah selesai. Terbiasa bekerja dengan tenggat waktu setiap minggu untuk Naruto, lanjut Kishimoto, ia menjadi bingung untuk memilih melakukan hal-hal lain setelah Naruto ditamatkannya.

Saya memikirkan banyak hal yang harus dilakukan setelah Naruto selesai, tetapi saya tidak tahu dari mana harus memulainya,” ucap Kishimoto, yang ingin melakukan hal-hal lain selain menggambar manga.

Namun, Kishimoto berjanji akan tetap bergelut dengan manga. “Jangan khawatir, saya akan tetap terus menciptakan manga nantinya,” tekannya.

Naruto berakhir pada volume 71, 15 tahun sejak kehadiran pertamanya, pada September 1999, dalam majalah komik mingguan Shounen Jump terbitan Sueisha.

Source : tribunnews.com
COMMENT