SHARE THIS ARTICLE

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa secara tradisional, masyarakat Jepang menyantap sushi dan sasami bersama wasabi? Tanaman berwarna hijau terang ini tak hanya memberikan sentuhan cita rasa pedas, namun memberi sederet manfaat kesehatan.

Wasabi ternyata bermanfaat mencegah keracunan makanan serta mengatasi flu. (iStock)
Wasabi ternyata bermanfaat mencegah keracunan makanan serta mengatasi flu. (iStock)

Salah satunya ialah mencegah keracunan makanan yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi makanan mentah, terutama saat daging ikan yang digunakan tak lagi segar.

Tak hanya itu, wasabi yang memberikan efek rasa pedas menyengat hingga ke kerongkongan, juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Jadi, mulailah menikmati sushi bersama wasabi karena Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan berikut ini, seperti dilansir RocketNews24:

Mencegah keracunan makanan

Wasabi mengandung alil isothiocyanate, insektisida dan bakteriosida, yang ampuh memerangi potensi keracunan makanan. Wasabi menetralisir dan membunuh setiap spora jamur yang mungkin terdapat di makanan mentah. Inilah sebabnya wasabi umumnya disantap bersama sushi dan sashimi.

Membuat awet muda

Saat diparut, wasabi melepaskan senyawa sulfinyl yang merupakan anti-oksidan yang kuat. Asupan sulfinyl secara rutin bisa membantu membalikkan penuaan dini karena menurunkan oksigen reaktif dalam tubuh.

Mencegah kanker

Selain menjaga tubuh awet muda, wasabi juga dapat mengurangi risiko kanker. Senyawa 6-MSITC yang terkandung di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi yang menciptakan pertahanan kuat dan melawan sel-sel kanker.

Menjaga kesehatan jantung

6-MSITC juga bekerja menghambat agregasi platelet, penggumpalan trombosit yang menyebabkan pembekuan darah. Dengan kata lain wasabi efektif mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Peredaran darah yang lancar juga membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mengusir flu dan alergi

Mengkonsumsi wasabi adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi sinus, flu atau alergi. Pelepasan isothiocyanate alil mampu melawan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Source : life.viva.co.id
COMMENT