Kejadian Paling Menghebohkan di Jepang Sepanjang Tahun 2016


Kejadian paling Menghebohkan di Jepang

Tahun 2016 baru saja lewat dan 2017 telah datang. Tahun baru adalah kesempatan baru dengan cerita baru namun tidak ada salahnya lagi untuk menengok sedikit ke belakang untuk melihat apa saja kejadian paling menghebohkan di Jepang yang telah terjadi di tahun 2016.

Di Tahun Monyet kemarin, Jepang mengalami banyak sekali kejadian besar. Mulai dari dunia hiburan, politik sampai musik. Mulai dari yang paling menguras emosi sampai paling menggelitik perut. Apa saja itu? Cek langsung dalam daftar di bawah yang dibuat oleh para anggota team RocketNews24:

1. Bubarnya SMAP

image: twitter.com/inako741

Hal yang paling menghebohkan para pecinta musik Jepang di awal tahun 2016 adalah rumor bubarnya SMAP yang langsung ditepis oleh pihak manajemen. Namun tetap saja hal tersebut tidak dapat disembunyikan karena selang beberapa waktu kemudian grup vokal pelanggan puncak tangga lagu populer ini langsung membuat pengumuman resmi akan bubarnya mereka di akhir tahun.

2. Skandal Becky

image: rocketnews24.com/2016/05/19/749949/

Skandal cinta penyanyi wanita Becky juga menjadi sebuah momen besar di 2016. Hubungan cinta yang menjurus ke perselingkuhan mungkin menjadi hal biasa di luar negeri, namun di Jepang itu hal yang sangat besar. Apalagi untuk Becky yang imejnya dikenal sebagai wanita yang manis dan polos.

Akibat dari skandalnya dengan Enon Kawatani, anggota grup musik Gesu no Kiwami Otome yang sudah berkeluarga, Becky kehilangan semua sponsor dan penampilannya di televisi sebagai panelis di lebih dari 10 acara besar.

3. Gempa Kumamoto

image: prtimes.jp/main/html/rd/p/000000047.000004158

Gempa bumi yang mengguncang Kumamoto dan sekitarnya di tanggal 14 – 16 April 2016 adalah salah satu bencana alam yang paling menyayat di hati rakyat Jepang. Dengan korban jiwa mencapai 50 orang dan melukai lebih dari 3.000 orang, gempa bumi ini sangat membuat orang-orang berduka. Belum lagi kerusakan bangunan dan infrastruktur termasuk kastil Kumamoto yang historis.

Di bagian inilah terlihat bagaimana rakyat Jepang saling bergandengan tangan untuk mengembalikan Kumamoto seperti semula. Mulai dari dukungan moril sampai dana yang berasal dari kampanye-kampanye perusahaan Jepang.

4. Kunjungan Obama di Hiroshima

image: gahag.net/009929-hiroshima-obama-shaking-hands/

Di tanggal 27 Mei, kunjungan yang telah lama dinanti dilakukan oleh presiden Amerika Serikat akhirnya terjadi di masa pemerintahan Barack Obama. Dengan pidatonya di Hiroshima, satu dari dua kota yang dijatuhi bom atom AS pada masa perang dunia kedua, terjadi sebuah langkah besar di dalam sejarah untuk rekonsiliasi hubungan baik antar kedua negara pasca perang dunia.

5. Pokemon GO

image: en.rocketnews24.com

Semua gamer dan orang pun tahu rasanya bila berbicara tentang game ciptaan Niantic Labs ini. Pokemon GO tidak hanya populer di Jepang namun juga di seluruh dunia. Beberapa di antara kalian memainkannya bukan sampai banyak yang lupa waktu?

6. Yuriko Koike dan Olimpiade Tokyo 2020

image: en.wikipedia.org/wiki/2020_Summer_Paralympics#/media/File:New_2020_Summer_Paralympics_Emblem.svg (edit oleh RocketNews24)

Di akhir bulan Juli 2016, salah satu kejadian paling menghebohkan di Jepang adalah terpilihnya Yuriko Koike sebagai gubernur wanita pertama Tokyo. Tidak hanya itu saja yang berhubungan dengan Koike sebab dirinya dengan cepat melakukan manuver kebijakan di persiapan Olimpiade 2020.

Pasalnya, event olahraga terbesar di musim panas ini mendapat publikasi buruk karena banyak hal. Di antaranya adalah kontroversi stadion, plagiat desain logo sampai pembengkakan anggaran. Di bagian terakhirlah Koike mampu memperlihatkan kinerja memuaskan dengan transparansi anggaran dan penurunan anggaran.

7. Kimi no Na wa – Your Name

Perlu diakui bila hits besar karya Makoto Shinkai, Kimi no Na wa (Your Name) adalah salah satu yang layak masuk daftar kejadian paling menghebohkan di Jepang sepanjang 2016. Sama seperti Pokemon GO, film animasi ini tidak hanya laris manis di Jepang namun juga sampai ke seluruh dunia.

Bahkan salah seorang penulis dari RocketNews24 menempatkan judul ini dalam 10 besar film wajib tonton karena bisa mendunia namun tidak terpaku pada kultur otaku atau menggunakan nama besar Studio Ghibli. Setujukah kalian akan prestasi ini?

8. Piko Taro dan PPAP

Album PPAP Piko-Taro

Daftar kejadian paling menghebohkan di Jepang di tahun 2016 ditutup oleh dansa aneh dan menggelikan dari Piko-Taro yaitu PPAP (Pen-Pineapple-Apple-Pen). Lagu pendek berjudul unik ini mampu dengan cepat merasuk ke telinga semua orang dan alhasil menjadi sangat-sangat populer dan mendunia. Bahkan masuk ke dalam Rekor Dunia Guiness sebagai lagu terpendek yang mampu masuk dalam Billboard Top 100 di AS.

Cukup komplit bukan daftar tersebut? Mari berharap tidak tidak ada lagi bencana yang memilukan terjadi dan banyak prestasi yang dibuat di 2017!

Source : rocketnews24.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
0
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Amozy Audrey
Nightcrawler, still looking for the answer in the pouring rain. Journalist, Photographer.

Kejadian Paling Menghebohkan di Jepang Sepanjang Tahun 2016

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini