SHARE THIS ARTICLE

Kebijakan baru tentang penggunaan sepeda di Jepang berhasil menurunkan angka kematian akibat kecelakaan yang melibatkan mode transportasi dua roda ini. Efektif per Juni 2015, angka kematian akibat kecelakaan pengguna sepeda di Jepang turun hingga 14.7% dalam kurun waktu satu tahun.

Seperti dilaporkan Agen Kepolisian Negara, pada Kamis (1/8), jumlah korban jiwa pengguna sepeda di Jepang turun sebanyak 89 korban menjadi 517 orang yang meninggal. Sementara itu jumlah kecelakaannya menurun hingga 13,1% sampai ke 93.484.

Amandemen hukum memaksa para pelanggar mendapat kuliah keselamatan selama 3 jam jika mereka terbukti melanggar. Ada 14 pelanggaran yang dicatat, di antaranya adalah pelanggaran lampu mereh dan tanda berhenti. Pelanggar akan mendapat 2 kuliah dalam waktu 3 tahun. Hingga peraturan diterapkan sudah ada 24 orang yang ikut dalam kuliah ini.

Sekarang angka kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda dan pejalan kaki turun hingga 5,4% ke angka 2.417 sampai bulan Mei. Sementara yang melibatkan pengguna sepeda dan kendaraan lain turun hingga 13,3% ke angka 83.860.

Sepertinya perlu dicontoh ya di negara-negara lain.

(Featured image: japantimes.co.jp)

Source : japantoday.com
COMMENT