SHARE THIS ARTICLE

Hallo pembaca setia Japanese Station! Kalau ngomongin soal Jepang, apa sih yang terbesit di pikiran kalian? Atau kata apa yang akan langsung terngiang? Mungkin sushi? Anime? Manga? Atau kata kawaii? Yup, Jepang memang surganya segala hal yang berbau kawaii. Gimana nggak, semua benda didesain hingga menjadi super kawaii, tren-tren baru yang muncul dan tidak lepas dari kesan kawaii, dan tak terkecuali rambu-rambu, poster peringatan ataupun papan petunjuk di Jepang yang sangat serius, tetapi malah didesain menjadi lucu dan super duper kawaii.

Mau tahu seperti apa beberapa poster peringatan atau papan petunjuk di Jepang yang super kawaii? Langsung intip foto-foto di bawah ini yuk!

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-18

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-17

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-19

Papan rambu-rambu yang terpampang jelas di jalanan dengan gambar Hello Kitty berhiaskan pelangi dan berwarna pink! Di mana lagi kita bisa menemukan hal seperti ini selain di Jepang. Kalau biasanya rambu-rambu seperti ini hanya berbentuk kerucut standar dengan warna oranye dan putih. Namun berbeda dengan Jepang.

Selanjutnya, mari kita melihat foto-foto di bawah ini. Poster-poster peringatan bahaya untuk para penumpang kereta. Coba kalian perhatikan deh, lucu-lucu banget gambarnya. Dan cara mereka membuat sebuah poster peringatan yang cukup eye catching, sehingga terlihat lebih menarik dan tidak terlalu formal.

1. Poster peringatan dilarang bermain HP pada saat berada di stasiun

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-1

Nah, kalau yang ini, kelihatan banget larangan bermain HP di stasiun, apalagi di dekat garis batas. Bahaya banget kan, kalau sampai menabrak orang disebelah dan dia jatuh ke rel kereta pada waktu kereta tengah meluncur, bisa berabe…!

Sekarang coba perhatikan lebih detail gambarnya. Satu kata, lucu! Haha…

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-2

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-3

Kalau berada di dekat garis kuning, dilarang bermain HP yaa…! Lebih baik HP dimasukkan ke dalam tas dulu seperti gambar di atas.

2. Poster peringatan dilarang membawa tas ransel besar dan barang terlalu banyak

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-5

Kalau yang satu ini gaya gambarnya masih sama dengan nomor 1 ya, tapi pesan yang dikandungnya berbeda, kali ini adalah larangan untuk membawa tas ransel yang besar karena bisa melukai penumpang lainnya. Haha, sekedar sharing nih, aku paling sebel kalau ada orang yang bawa barang gede-gede gitu, apalagi pada saat kereta penuh sesak. Berasa kaya ikan teri ditumpuk sana-sini dan ga bisa nafas.

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-6

Dan yang ini, pesannya juga sama, yaitu jangan bawa barang banyak-banyak pada saat naik kereta. Apalagi meletakkannya di kursi penumpang. Gambar sebelah kanan adalah larangan untuk mengobrol dan berbicara lantang selama berada di dalam kereta, karena bisa mengganggu penumpang lainnya.

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-7

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-4

3. Poster peringatan dilarang mabuk dan dilarang mendekati garis batas

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-12

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-10

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-9

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-8

Wah, kalau ini pesannya semua sama. Yaitu nggak boleh mabuk apalagi di stasiun! Karena orang yang mabuk tidak sepenuhnya sadar, dan mereka bisa terjatuh ke rel kereta. Di Jepang sendiri ada cukup banyak kasus seperti ini. Hiii…! Ngeri ya…!

4. Poster peringatan dilarang berlari di stasiun

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-13

Kalau yang satu ini aku sering banget lihat, banyak orang yang terburu-buru, nggak peduli pagi siang sore malem. Nah, kalau ngomongin soal gambarnya kawaii ya, perumpamaannya kelinci dan kura-kura. Kura-kura yang slow dan kelinci yang terkesan lebih terburu-buru. Haha…

5. Poster peringatan untuk mematikan HP saat di dekat priority seat

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-14

Di kereta Jepang, ada yang namanya priority seat, yang dihususkan untuk orang tua, ibu hamil, orang yang terluka, dan yang berkebutuhan khusus. Nah, kalau kita berdiri di dekat priority seat, kita harus mematikan HP.

6. Poster peringatan dilarang mabuk dan melukai petugas

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-15

Orang yang mabuk memang nggak sadar akan apa yang mereka lakukan. Maka dari itu larangan tidak boleh mabuk begitu ditegaskan, karena selain membahayakan diri orang yang mabuk itu sendiri, juga membahayakan orang lain juga. Pengalaman pribadi nih, aku sering melihat banyak orang yang bertengkar hingga adu pukul karena mereka sedang mabuk.

7. Poster peringatan dilarang berlari masuk ke dalam kereta ketika pintu hampir ditutup

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-16

Waduh, kalau yang ini bahaya banget. Gimana kalau kejepit dan kereta berjalan kembali? Walaupun banyak terpampang poster-poster yang berisi pesan dan larangan seperti ini, namun masih saja ada yang melanggarnya. Berani menerobos pintu kereta yang sudah hampir menutup. Hmm… mungkin karena mereka takut terlambat. Tahu sendiri kan Jepang dikenal dengan budaya tepat waktu yang benar-benar sangat tepat waktu!

8. Poster Peringatan dilarang mabuk

JSnavigator-Aiyuki-Aikawa-Diary-Papan-Petunjuk-di-Jepang-11

Masih tentang mabuk yang selalu dipermasalahkan. Di Jepang memang banyak sekali orang mabuk, kita bisa menemukannya di mana saja, di jalan-jalan, di stasiun, di dalam kereta, hingga di tempat-tempat umum.

Gimana poster-poster dan papan petunjuk di Jepang ini? Lucu-lucu kan? Haha.. Jepang memang jagonya untuk membuat segala sesuatu menjadi kawaii. Bahkan di Jepang, sosok-sosok hantu pun diubah menjadi kawaii, hingga banyak dijadikan suatu maskot atau karakter yang digemari semua usia, tak terkecuali anak-anak.

Sekian dulu ya! See you on my next post..!
Tetap staytune di japanesestation.com ya untuk terus update informasi-informasi terbaru tentang Jepang! See ya!

COMMENT