SHARE THIS ARTICLE

Melanjutkan sukses kerja sama di awal tahun 2016 lalu, Jak tv dan Tokyo MXTV di tahun 2017 kembali mempersembahkan kolaborasinya dalam program Japantry “Jepang Itu Asyik”. Sebuah program variety talk show dengan keragaman konten yang akan menampilkan harmoni hubungan Indonesia dan Jepang. Menariknya program ini tidak hanya menyajikan konten talkshow namun juga diselingi film pendek dengan nuansa drama romantis berjudul “Secret Sky“.

Film pendek ini berkisah tentang rahasia cinta antara dua insan berbeda bangsa, dengan setting lokasi-lokasi wisata dan budaya di Jepang yang menawan. Untuk memperkuat cerita dan karakter dalam drama romantic ini, Mahaka Picture, Jak tv dan Tokyo MXTV sepakat memilih lokasi syuting di beberapa daerah wisata di Jepang yang memiliki keunggulan dari sisi panorama cantik hingga budaya dan wisata kulinernya yang terkenal mulai dari Tokyo, Aomori hingga Hakkoda. Kondisi alam di lokasi syuting yang bertepatan dengan musim dingin seakan memperkuat dramatisasi film pendek ini.

Koutaro Kakimoto sebagai Sky, Kimberly Ryder sebagai Naja, dan Shin Konno sebagai Jun

Program informasi ini juga disemarakkan paket dokumenter dari produk budaya populer Jepang-Indonesia yakni “JKT48” yang disajikan secara eksklusif. Selain dihadiri 3 pemeran utama dalam film pendek “Secret Sky” yakni Koutaro Kakimoto aktor asal Jepang sebagai “Sky”, Kimberly Ryder aktris terkenal asal Indonesia sebagai “Naja” serta Shin Konno aktor asal Jepang sebagai “Jun”, Konperensi Pers peluncuran program Japantry “Jepang Itu Asyik” juga dihadiri dua anggota JKT48 yakni Michelle Christo Kusnadi dan Shani Indra Natio.

Bentuk konkret keterlibatan JKT48 dalam program Japantry “Jepang itu asyik” bisa dilihat pada program semi dokumenter yang menceritakan perjalanan anggota JKT48 saat berada di negeri Sakura untuk study tour kilat selama 3 hari. Program sebanyak 8 episode dengan durasi masing-masing selama 20 menit ini berisi aktivitas JKT48 yang ditemani HKT48 dan AKB48 saat menghadapi banyak tantangan dalam mempelajari budaya, sejarah dan keunikan wilayah yang mereka kunjungi di Jepang., seperti Fukuoka, Tokyo, Niigata dan Kumamoto.

Japantry “Jepang Itu Asyik” tayang setiap hari Minggu jam 19:30 -20:30 WIB mulai 8 Januari 2017 – 26 Februari 2017 hanya di Jak tv, sementara episode spesial jalan-jalan ke Jepang bersama pemenang lomba penulisan kreatif Jak tv akan ditayangkan pada hari Sabtu, 7 Januari 2017 pukul 19:30 – 20:30 WIB.

Selain program tayang udara (on air) program Japantry “Jepang itu Asyik” juga menyelenggarakan program non tayang (off air) yakni lomba pembuatan Video Blog atau yang lebih dikenal dengan VLOG. Program off air ini akan digelar segera ke beberapa institusi pendidikan mulai dari tingkat SMA hingga Universitas serta terbuka untuk umum.

Sebagai informasi tambahan, kerjasama antara Jak tv dan Tokyo MXTV ini sudah dimulai pada awal tahun 2016 tepatnya 29 Februari – 4 Maret 2016. Kedua lembaga penyiaran ini juga Mahaka Picture berkolaborasi membuat Program mini series “Siapa Takut Jatuh Cinta Lagi” yang ditayangkan sebanyak 5 episode pada program Trending Topic Jak tv saat itu. Lomba penulisan ide kreatif berhadiah trip ke Jepang yang menyertai program tersebut dimenangkan oleh Angger Nurani, warga DKI Jakarta.

Kesuksesan program “Siapa Takut Jatuh Cinta” ini menginspirasi kedua lembaga tersebut di atas untuk meningkatkan kerjasama melalui program lanjutan Japantry “Jepang Itu Asyik” sebagai bentuk konkret penguatan hubungan timbal balik antara Indonesia dengan Jepang.

Dukungan kuat dari Japan Ministry of Internal Affairs and Communication serta kedutaan besar Jepang di Indonesia diyakini akan membuat kesuksesan untuk kerjasama ini hingga ke depan nanti.

Sinopsis “Secret Sky”

• 8 episode @ 15 menit
• Produksi bersama Mahaka Picture, Jak tv dan Tokyo MXTV
• Cerita & Sutradara: Rahabi Mandra
• Pemain:
– Koutaro Kakimoto sebagai Sky
– Kimberly Ryder sebagai Naja
– Shin Konno sebagai Jun

Naja (Kimberly Rider) adalah seorang penulis asal Indonesia. Dalam perjalanan menemui kekasihnya, Jun (Shin Konno) seorang pelukis manga di Jepang. Tiba-tiba Naja merasakan hal aneh, jantungnya berdegup kencang, darah hangat mengalir, langkahnya menjadi ringan. “Ia ada di sini,” bisik hatinya. Ia berusaha mencari panggilan hatinya dan menemukan sosok pria lain yang terus muncul di benaknya.

Adalah Sky (Koutaro Kakimoto) lelaki Jepang, seorang pemain musik yang juga mendapat getaran yang sama. Suara-suara dari langit itu telah membuatnya gundah. Ia terus berjalan mengikuti mata hatinya untuk bisa menemukan sosok Naja.

Jun sang kekasih berusaha untuk menerima apa yang dialami Naja, kendati ia sudah mempersiapkan diri melamar Naja. Jun ingin membuat Naja bahagia, sehingga ia terus membantu Naja untuk dapat menemukan wujud sosok pria yang selalu memanggil hatinya. Proses pencarian membawa mereka menjelajah Aomori, kota kecil di bagian utara Jepang. Namun alam semesta seperti belum mendukung mereka untuk saling bertemu. Di Hakkoda, di Hirosaki Castle, di banyak tempat, di banyak kesempatan mereka saling berpapasan tanpa bisa saling menyapa.

Di tengah keputusasaan Naja dan Jun memutuskan kembali ke Tokyo. Di kota inilah ketika Naja memutuskan untuk menutup rasa di hatinya, alam berkata lain. Naja dan Sky berpapasan, saling bersinggungan tanpa ada yang menyadari. Mereka berjalan menjauh. Tiba-tiba keduanya berhenti di langkah yang ketujuh. Saling memunggungi dengan jantung yang berdegup. “Dia ada di sini” keduanya tersenyum dan berbisik lirih. Perlahan mereka berpaling, saling menatap, saling berpandangan.

COMMENT