Share on

Jika mampir ke Jepang, selain sushi, menyantap berbagai hidangan mie adalah seperti suatu 'kewajiban'. Jepang memiliki ragam mie yang kaya, seperti soba, ramen, dan  udon. Uniknya lagi, berbagai daerah di Jepang memiliki cara masing-masing untuk mengolah ketiga jenis mie tersebut. Tak hanya dengan resep tradisional, olahan mie Jepang juga mulai banyak dikreasikan dengan mengikuti selera orang zaman sekarang, seperti ramen yang dipadukan dengan kuah bubble tea.

Umumnya udon dibuat dari tepung gandum. Akan tetapi, jika berkunjung ke Hakone, Ashigarashimo, Prefektur Kanagawa, kamu bisa menikmati udon unik dengan bahan tepung yang berbeda dari yang biasanya digunakan untuk membuat udon. Anehnya lagi, santapan udon ini bukan berada di toko yang spesialisasi masakannya adalah udon itu sendiri. Udon ini justru bisa dinikmati di sebuah toko mochi.

Udon Unik Berbahan Mochi dengan Kuah 'Air Suci' di Hakone
(Gambar: Japan Travel by NAVITIME)

Toko tersebut adalah Gongen Karame Mochi, yang terletak di dalam kompleks Kuil Hakone. Gongen Karame Mochi menyediakan berbagai menu camilan dan minuman. Namun, menu yang paling terkenal adalah Ore No Udon Aka yang dibanderol seharga 850 yen. Dalam bahasa Indonesia, arti menu udon unik tersebut adalah "Udonku, (yang berwarna) Merah".

Kata "aka" yang terdapat dalam nama menu udon ini menggambarkan kuahnya yang berwarna merah. Warna merah kuahnya berasal dari bumbu orisinil buatan toko tersebut, yaitu minyak yang dicampurkan dengan cabai. Walau dicampur cabai, rasa kuah udon ini lebih dominan gurih-manis ketimbang pedasnya. Bahan campuran lainnya adalah tiga jenis ikan yang direbus dalam waktu yang cukup lama.

Air campuran kuahnya pun tak kalah unik dengan bumbu-bumbunya. Bukan menggunakan air sembarangan, air kuah udon unik ini adalah air suci yang diambil dari kuil Hakone. Kopi yang disajikan di dalam toko ini juga menggunakan air yang sama.

Udon Unik Berbahan Mochi dengan Kuah 'Air Suci' di Hakone
(Gambar: Japan Travel by NAVITIME)

Karena Gongen Karame Mochi pada dasarnya adalah toko mochi, maka adonan udon di sini pun dibuat dengan tepung beras yang biasanya digunakan untuk membuat mochi juga. Oleh karenanya, kekenyalan udonnya pun hampir sama dengan mochi.

Udon Unik Berbahan Mochi dengan Kuah 'Air Suci' di Hakone
(Gambar: tabelog)

Bisa dibilang menu primadona di Gongen Karame Mochi adalah Ore No Udon Aka. Akan tetapi, bukan berarti kudapan lainnya tidak perlu dicoba. Berhubung toko ini adalah toko mochi, cobalah untuk mencicipi set go-shoku mochi yang terdiri dari mochi dengan lima topping berbeda.

Gongen Karame Mochi
  • Alamat: 80-1 Motohakone, Hakone-machi, Ashigarashimo-gun, Kanagawa-ken
  • Jam buka: 09.30-17.00 (atau sampai habis terjual)
  Source & Featured image: Japan Travel by NAVITIME