Share on

Selain dikenal sebagai negara yang maju akan teknologi, Jepang juga dikenal sebagai negara yang unik, memiliki banyak produk aneh yang mungkin terlihat “gak jelas” bagi kita. Nah, selain produk, Jepang rupanya memiliki tempat-tempat unik yang hanya bisa kamu temukan di negeri matahari terbit itu. Apa saja? Simak artikelnya!

Advertise With Us

1. Dua Pulau Kucing: Aoshima & Tashirojima

tempat unik Jepang japanesestation.com
Kucing di pulau Aoshima (theatlantic.com)

Ngaku pecinta kucing? Jika iya, wajib banget nih mengunjungi dua pulau kucing di Jepang, Aoshima dan Tashirojima. Mayoritas penduduk pulau ini adalah kucing!

Aoshima memiliki populasi manusia yang sangat sedikit, namun ada lebih dari 100 ekor kucing tinggal di dalamnya. Di sini, kamu bisa menjelajahi berbagai bangunan yang ditinggalkan pemiliknya sambil bermain dengan para teman-teman berbulu yang imut. Asyik!

Tapi, ada yang perlu diingat nih sebelum kamu menghabiskan waktu di sini, tak ada fasilitas akomodasi atau tempat makan sama sekali di sini. Jadi, perhatikan waktu kunjunganmu ya!

Nah, berbeda dengan Aoshima, Tashirojima merupakan rumah dari sebuah kuil kucing dan keturunan kucing-kucing tangguh yang berhasil bertahan dari tsunami pada 2011 silam. Tashirojima juga lebih ramah pengunjung karena memiliki berbagai bangunan yang dibuat bertema kucing serta beberapa cafe dan akomodasi untuk menginap di surga bagi para pecinta kucing ini.

2. Museum Of The Sewerage

tempat unik Jepang japanesestation.com
Museum Of The Sewerage (deepjapan.org)

Museum yang juga dikenal sebagai Kodaira Sewerage Centre ini memiliki bagian bangunan yang hampir semuanya berada dalam bawah tanah kota Tokyo, dengan hanya dua dari lima lantai bangunannya yang terletak di atas tanah, sangat pas dengan namanya kan? Nah, di sini, kamu bisa melihat apa yang terjadi pada feses setelah masuk ke dalam toilet dan mengunjungi sebuah terowongan pembuangan air limbang 25 meter di bawah tanah.

Tempat ini dilengkapi dengan sebuah perpustakaan kecil dan fasilitas yang membuatmu bisa mempelajari metode detoksifikasi air melalui mikroskop. Setiap lantainya juga memiliki aspek tertentu yang melibatkan saluran air, mulai dari flush di toilet hingga selesai. Unik juga ya?

3. Okinoshima, Pulau Khusus Pria!

tempat unik Jepang japanesestation.com
Okinoshima (japantimes.co.jp)

Tidak hanya dikenal kental dengan kepercayaan Shinto-nya, pulau kecil di Jepang ini dikenal karena penduduknya yang semuanya pria. Bahkan faktanya, wanita sama sekali tak diperbolehkan memasuki pulau ini. Sayangnya, pulau ini sangat sulit dikunjungi karena adanya penolakan dari warga setempat.

4. Nagoro, Desa Boneka yang Menyeramkan Tapi Mengagumkan

tempat unik Jepang japanesestation.com
Desa Boneka Naguro (thetravel.com)

Salah satu yang membuat Pulau Shikoku terkenal adalah desa boneka Nagoro, desa yang memiliki lebih dari 350 buah boneka di seluruh penjuru desanya. Boneka-boneka ini hasil kreasi Tsukimi Ayano, seoarang wanita yang menghabiskan waktunya untuk “menggantikan” penduduk di desa ini yang memang populasinya sangat sedikit ini. Seram memang, namun mengagumkan karena boneka-bonekanya diletakkan seperti orang-orang yang tengah beraktivitas.

Kini, desa menyeramkan ini kerap dikunjungi para turis karena keunikannya lho.

5. Kuil Jison-in

tempat unik Jepang japanesestation.com
Kuil Jison-in (amusingplanet.com)

Jika dilihat sepintas dalam gambar, mungkin tak ada yang aneh dari kuil ini. Tapi, jika dilihat baik-baik, ada sesuatu yang terlihat seperti payudara wanita tergantung di dekat ema-nya. Ya, kuil ini terkenal dengan hal-hal yang berhubungan dengan payudara wanita. Aneh memang.

Saat menjelajahi kuil ini, kamu akan melihat banyak ema, sebuah plakat kayu untuk menulis permintaan dan doa yang didekorasi dengan benda berbentuk payudara wanita lalu digantungkan sebagai persembahan. Meski terlihat aneh, sebenarnya ini wajar, karena awalnya banyak wanita yang mengunjungi kuil ini untuk berdoa terkait masalah wanita, seperti kehamilan yang sehat dan lain-lain. Jadi, mungkin wanita yang sedang hamil bisa mencoba berdoa di sini saat berkunjung?

Kamu juga bisa membeli sebuah ema sebagai souvenir lho!

Nah, itulah tempat-tempat unik yang hanya bisa kamu temukan di Jepang. Ada yang bikin kamu penasaran?

Sumber:

Hype and Stuff

The Travel