Share on

Kalau ada yang menanyakan tentang daerah wisata di Jepang, pasti sebagian besar akan menjawab dengan kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya Jepang bukan terdiri dari kota-kota itu saja lho, banyak tempat-tempat lain yang menawarkan wisata menarik, salah satunya Prefektur Miyagi, Tohoku, Jepang. Di sini, kamu bisa berwisata sejarah ke kuil miliki Masamune Date, melihat rubah imut, dan masih banyak lagi.

Pensasaran? Ayo simak uraiannya!

Kuil Zuiganji dan Kuil Entsuin

Tempat Menarik di Prefektur Miyagi yang Wajib Kamu Kunjungi
Bagian dalam Kuil Zuiganji (zuiganji.or.jp)

Kuil Zuiganji adalah salah satu kuil Zen terkenal di area Tohoku. Kuil yang terletak di Matsushima, Prefektur Miyagi ini sebenarnya telah berdiri sejak tahun 828, namun direnovasi oleh salah satu samurai kenamaan Jepang, Masamune Date, sebagai kuil untuk keluarganya.

Karena kastil milik Date ada di Sendai, Kuil Zuiganji juga berfungsi sebagai benteng darurat untuk perlidungan jika ada serangan mendadak. Kuil ini menyimpan banyak hal tersembunyi, salah satunya cerobong dapur yang berfungsi sebagai menara pengawas, lorong dengan lantai berbunyi sebagai peringatan jika ada penyusup masuk, dan lorong-lorong sempit.

Di sebelah kuil ini, ada kuil kecil yang disebut Entsuin. Kuil Entsuin ini dibangun oleh pemimpin klan Date, Terumune Date, pada tahun 1646 untuk mengenang putranya, Mitsumune yang meninggal di usianya yang ke-19. Di makamnya, ada patung Mitsumune duduk di atas seekor kuda putih dengan dikelilingi motif barat. Tamannya sendiri punya 2 tipe, taman ala Jepang dan taman mawar ala Barat.Pemandangan musim gugur di sini sangat cantik lho.

Zao Onsen

Tempat Menarik di Prefektur Miyagi yang Wajib Kamu Kunjungi
Zao Onsen (japan-guide.com)

Jika ingin menikmati nikmatnya onsen di Miyagi, kamu bisa coba datang ke Zao Onsen. Tempat ini terkenal dengan airnya yang mengandung berbagai mineral yang dipercaya dapat membuat kulit lebih cantik dan dapat menyembuhkan. Selain itu, Zao juga merupakan lokasi resor ski paling populer di Jepang.

Nah jika udara sudah mulai menghangat, Zao Onsen juga sering dimanfaatkan sebagai spot hiking atau bersepeda.

Zao Fox Village

Tempat Menarik di Prefektur Miyagi yang Wajib Kamu Kunjungi
Rubah di Zao Fox Village (allabout-japan.com)

Ingin melihat hewan imut? Datang saja ke Zao Fox Village! Di sini, kamu bisa melihat dan memberi makan rubah-rubah imut. Sebelum masuk,  perhatikan aturan yang akan djelaskan instructor ya! Jangan langsung memegang para rubah ini, memberi makan juga hanya bisa dilakukan di area khusus saja dan wajib cuci tangan sebelum ke luar dari area.

Kamu juga bisa mengunjungi Kuil Inari di tempat ini. Kuil Inari di Zao Fox Village didedikasikan untuk Inari Okami, dewa kesuburan Shinto yang memelihara rubah sebagai messenger-nya.

Setelah melihat rubah dan mengunjungi kuil, enaknya menikmati semangkuk kitsune soba (soba dengan tofu goreng) di restoran terdekat. Di dekat restoran juga ada toko souvenir lho, kamu bisa membawa pulang berbagai merchandise berbentuk rubah untuk oleh-oleh.

Pulau Kucing (Tashirojima)

Tempat Menarik di Prefektur Miyagi yang Wajib Kamu Kunjungi
Tashirojima (mobal.com)

Selain rubah imut, Prefektur Miyagi juga punya surga buat pecinta kucing. Sesuai namanya, mayoritas penduduk pulau ini adalah kucing. Manusianya hanya sekitar 25% saja. Kamu bisa mengelus, bermain atau memotret kucing-kucing di pulau ini dengan bebas. Asyik kan?

 Kalau lelah bermain dengan para kucing, bisa mengunjungi Kuil Kucing yang ada di pulau ini. Kuil ini dibangun untuk mengenang kucing-kucing yang tewas akibat longsor di tempat itu. Kuil ini juga dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi siapapun yang berdoa di tempat itu. Tertarik?

Okama Crater

Tempat Menarik di Prefektur Miyagi yang Wajib Kamu Kunjungi
Okama Crater (japan.travel)

Buat kamu yang hobi hiking, bisa coba mengunjungi salah satu gunung paling terkenal di Jepang, Gunung Zao. Di puncak gunung ini, kamu bisa melihat pemandangan cantik Okama Crate, danau caldera yang terkenal dengan airnya yang bisa berubah warna.

Untuk menuju ke Gunung Zao, kamu harus menyewa mobil dari Prefektur Miyagi atau Yamagata. Tempat ini juga cukup dekat dengan Zao Onsen, tinggal menaiki Zao Ropeway menuju stasiun dekat gunung lalu hiking selama 45 menit, sampai deh di Okama Crater-nya Gunung Zao.

Tertarik? Jangan lupa kunjungi tempat menarik di Prefektur Miyagi ini ya!