Share on

Apabila kita mendengar kata Tokyo pasti kita akan membayangkan kota yang penuh hingar bingar dan gemerlap layaknya kota metropolitan. Namun bagi mereka yang lelah dengan hiruk pikuk ibu kota pasti ingin mencari sebuah ketenangan yang penuh dengan perasaan nostalgia. Salah satunya mengunjungi kota Shibamata yang memiliki kesan Showa yang kental dimana perang baru saja mengakhiri perang dunia kedua.

Advertise With Us

Shibamata (柴 又) adalah sebuah daerah di ujung timur Tokyo yang tidak jauh dari Sungai Edogawa. Tempat ini merupakan perbatasan alami antara Tokyo dan Prefektur Chiba. Kota ini mempertahankan pesona lamanya dari masa lampau dan merupakan perpisahan sempurna dari Tokyo modern.

Shibamata, Kota Tua di Tokyo yang Populer Pada Zamannya
Depan Stasiun Shibamata dan Patung Tora-san

Apabila kalian berkunjung ke Shibamata, kalian pasti akan merasa masuk ke ruang watu yang berbeda. Dimulai dari keluar dari stasiun kalian akan disuguhi dengan pemandangan shopping street tradisional yang menjajakan berbagai makanan serta jajanan jadul era 90'an.

Serial film "It Tough Being a Man" (Otoko wa tsurai yo) dibintangi Tora-san, seorang penjual keliling yang baik hati dengan mulut besar. Telah disiarkan selama 26 tahun (dari 1969 hingga 1995), dan menjadikannya seri film terpanjang yang pernah ada. Dalam setiap chapter, Tora-san berkeliling Jepang, tetapi selalu pulang ke kampung halamannya Shibamata. Berkat film tersebut, kota ini sangat terkenal pada zaman Showa hingga awal Heisei. Sekitar 20.000 orang datang setiap minggunya ke kota ini.

Shibamata, Kota Tua di Tokyo yang Populer Pada Zamannya
Toko jajanan jadul di Shibamata

Sayangnya, untuk saat ini Shibamata terlihat sepi. Meski sangat populer di kalangan generasi tua Jepang, anak muda atau turis asing masih jarang terlihat di tempat ini. Padahal atraksi yang disuguhkan memberikan pengalaman tersendiri yang mungkin tidak bisa dirasakan di kota Tokyo bagian lain.

Shibamata, Kota Tua di Tokyo yang Populer Pada Zamannya
Tempat menunggu perahu untuk mengarungi sungai Edogawa

Di sini, kalian bisa mencoba tempura soba atau tempura donburi yang terkenal sejak zaman Showa. Kusa Dango yang dibuat dari rumput Mugwort, sejenis tanaman yang mampu mengobati stress, kanker dan lainnya. Selain makanan, kalian juga bisa mengunjungi Museum Tora atau mengarungi sungai Edogawa yang terkenal.

Bagi kalian yang menyukai Jepang gaya dulu, tempat ini menjadi rekomendasi utama dari kami!