Share on

Desa Tradisional Hida (Hida no Sato) adalah museum terbuka yang seperti time machine bagi para pengunjungnya. Museum terbuka ini memamerkan lebih dari 30 rumah tradisional dari daerah Hida, distrik pegunungan di Prefektur Gifu di sekitar Takayama. Rumah-rumah ini dibangun selama Periode Edo (1603 - 1867) dan dipindahkan dari lokasi aslinya untuk membuat museum pada tahun 1971.

Dalam suasana pedesaan, museum ini memiliki bangunan seperti rumah bekas kepala desa, pondok penebangan, gudang dan sejumlah rumah pertanian gassho-zukuri. Rumah-rumah pertanian besar ini dinamai demikian berdasarkan atap jerami curam mereka yang menyerupai sepasang tangan yang bergabung dalam doa ("gassho"). Mereka dipindahkan ke sini dari Shirakawa-go di dekatnya. Rumah-rumah gassho-zukuri adalah alasan kawasan ini menjadi Situs Warisan Dunia.

Rasakan Time Machine di Tradisionalnya Hida no Sato
Rumah Kepala Desa (www.japan-guide.com)

Semua bangunan yang dipamerkan di Desa Tradisional Hida dipelihara dengan hati-hati dan terbuka untuk eksplorasi. Mereka semua memiliki arsitektur kayu yang unik. Berbagai peralatan dan perkakas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari di masa lalu pun dipamerkan. Menariknya perapian di dalam gedung dinyalakan setiap pagi, menjadikan museum terbuka ini luar biasa dipandang mata, tetapi juga menarik bagi indera penciuman kita.

Dengan sedikit berjalan kaki dari Desa Tradisional Hida, kita akan menemukan Pusat Kerajinan Tangan Hida Takayama, di mana lokakarya tentang kerajinan lokal diberikan. Dengan bayaran 600 hingga 1600 yen, pengunjung dapat belajar cara membuat kerajinan seperti gantungan kunci bermanik-manik, boneka sarubobo (boneka lokal yang populer), cangkir keramik atau genta angin kaca, dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Lokakarya berlangsung 15 hingga 60 menit dan tidak diperlukan raservasi.

Rasakan Time Machine di Tradisionalnya Hida no Sato
Suasana Dalam Gassho-Zukuri (www.japan-guide.com)

Hida no Sato berjarak 30 menit berjalan kaki atau 10 menit dengan bus dari Stasiun Takayama di arah berlawanan dari pusat kota. "Sarubobo Bus" menyediakan armada setiap 20-40 menit untuk 210 yen/perjalanan atau 620 yen yang berlaku satu hari. Ada juga tiket diskon khusus yang menggabungkan bus pulang pergi dari Stasiun Takayama dengan tiket masuk ke Hida no Sato seharga 930 yen. Desa ini sendiri dibuka setiap hari, terkecuali Hari Kamis, dari pukul 10.00 sampai 16.00 waktu setempat.