Share on

Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup paling tinggi di dunia, hal ini termasuk juga pada penginapan yang harganya semakin naik karena meningkatnya popularitas Jepang sebagai negara tujuan bagi para wisatawan asing. Namun ditengah naiknya biaya, terdapat penginapan murah di Jepang yang menawarkan kamarnya seharga 130 yen semalam.

Penginapan Murah di Jepang Sediakan Kamar 'Tanpa Privasi' 130 yen Semalam
©SoraNews24

Penginapan tersebut bernama Business Ryokan Asahi yang berada di kota Fukuoka. Harga ini tentunya sangatlah murah, bahkan untuk ukuran orang Indonesia sekalipun. Meskipun murah, lokasinya juga bukan berada di pedalaman yang jauh dari orang-orang, bahkan terletak dekat dengan area belanja dan hiburan utama di kota, dan harga ini juga bukan harga khusus untuk hari-hari tertentu, tapi berlaku sepanjang waktu.

Penginapan Murah di Jepang Sediakan Kamar 'Tanpa Privasi' 130 yen Semalam
©SoraNews24

Melihat harganya yang luar biasa murah, mungkin banyak yang bertanya pasti ada sesuatu kekurangan atau kendala di kamar tersebut. Jawabannya adalah iya, kekurangan atau kendala yang didapatkan oleh pelanggan hanya satu, yaitu tanpa privasi. Untuk menginap di kamar murah ini, pelanggan harus menyetujui untuk membiarkan pihak penginapan melakukan live-streaming kamar tamunya 24 jam penuh yang akan disiarkan di channel YouTube penginapannya.

Dan yang makin aneh lagi, pengunjung juga tidak diharuskan melakukan apa-apa selama live-stream itu berlangsung. Intinya dengan harga kamar yang murah pengunjung harus rela melepaskan privasinya.

Penginapan Murah di Jepang Sediakan Kamar 'Tanpa Privasi' 130 yen Semalam
©SoraNews24

Kondisi kamarnya juga tergolong normal seperti kamar tamu tipe Jepang biasanya dengan tatami, futon, meja kecil, televisi, dan ketel untuk memasak air, selain itu ruangannya juga bersih dan terawat. Yang cukup aneh terdapat unit AC yang beroperasi menggunakan koin (100 yen untuk 2 jam, yang berarti penggunaan 4 jam sudah lebih mahal dari harga kamarnya sendiri).

Penginapan Murah di Jepang Sediakan Kamar 'Tanpa Privasi' 130 yen Semalam
©SoraNews24

Di kamar ini terpasang kamera dengan lensa yang menghadap ke tengah ruangan, dan live-stream yang dilakukan ini hanya berupa video tanpa suara untuk menghindari pelanggaran hak cipta dari musik yang bisa saja terdengar, dan juga membuat suara apapun yang dikeluarkan oleh pengunjung tidak akan terekam.

Penginapan Murah di Jepang Sediakan Kamar 'Tanpa Privasi' 130 yen Semalam
©SoraNews24

Kamar tersebut memiliki desain yang sedernaha, sehingga selama berada di dalam kamar pengunjung akan selalu berada dalam kamera tanpa tempat untuk bersembunyi. Dan seperti kebanyakan penginapan Jepang murah lainnya, tidak ada toilet dan kamar mandi di dalam kamar ini. Fasilitas tersebut berada di ruangan aula bawah yang dipakai bersama dan tidak tertangkap kamera.

Alasan mengapa penginapan ini menyediakan kamar murah ini menurut pengelola adalah karena penginapan ini termasuk penginapan tua sehingga pelanggan yang datang terus menurun. Dengan adanya paket ini diharapkan menjadi cara untuk menarik para pengunjung. Ditambah lagi 130 yen lebih baik daripada kamar tersebut tetap kosong, dan hal ini juga membantu untuk menyebarkan nama penginapan tidak biasa yang belum pernah didengar orang lain.

Lihat juga video promosinya berikut ini.

Bagi kalian yang berminat untuk mencoba kamar unik ini, bisa menghubungi langsung penginapan tersebut dan menanyakan ketersediaan hyakusanjuen no heya atau ‘kamar 130 yen’.

Business Ryokan Asahi Alamat: 2-6-2 Kiyokawa, Chuo-ku, Fukuoka-shi, Fukuoka-ken Check-in: 15.00 Check-out: 11.00 Website