Share on

NAKANO TOKYO - Bagi para penggemar Anime ataupun Manga tentunya Akihabara di Tokyo menjadi pilihan utama bagi sebagian banyak orang untuk mencari hal-hal tersebut. Namun kali ini, kita tidak membahas tentang Akihabara, namun ada satu tempat di Tokyo yang bisa kamu kunjungi untuk surga para otaku selain di akihabara namun untuk suasananya lebih tenang loh!

Hal yang dapat kamu lakukan di NAKANO Tokyo!
Nakano Sun Mall Plaza (image source: tulip-e.com)

Banyak didominasi oleh orang-orang lokal, bagi kalian yang berkunjung kesini kalian dapat menemukan berbagai macam toko dan hiburan yang memanjakan para fans Video Games, Anime dan juga manga. Tidak juga hanya untuk para Otaku, namun bagi kalian yang ingin mencari tempat makanpun disini terdapat banyak sekali variasi makanan. Terdapat lebih dari 50 restoran Ramen yang dapat kalian temukan disana dan salah satunya merupakan yang terbaik di Tokyo pula. Walaupun Nakano merupakan salah satu wilayah yang pada penduduk di Tokyo dan dikelilingi tetangga seperti Shinjuku dan Koenji, namun Nakano merupakan tempat yang nyaman dan mudah diakses.

SEJARAH NAKANO

Ketika daerah Koenji dikenal sebagai tempat berkumpulnya anak Punk di Tokyo tahun 80an, Nakano sudah dikenal sebagai tempat para otaku di sana. Tempat terkenal Nakano Broadway dibuka pada tahun 1966 sebagai tanda modernisasi untuk daerah perkantoran namun gedung tersebut telah dipesan untuk apartment eksklusif dan pertokoan.

Nama dari nakano berarti "Bidang/Area tengah" dikarenakan berada di tengah dari distrik Musashi no Kuni, dan ini menjadi bagian distrik Tokyo pada tahun 1932 ketika kota Nogata dan Nakano bergabung menjadi bagian kota Tokyo. Nakano dikenal pula sebagai salah satu distrik yang sibuk di Tokyo termasuk Shinjuku, Shibuya dan Toshima.

HAL YANG DAPAT KAMU LAKUKAN DI NAKANO

Bermain di Tetsugakudo Park

 
View this post on Instagram
 

昨日は哲学堂らへんをぶらぶらしました。 #東京 #中野 #哲学堂

A post shared by Hiromasa Ihara (@miettal) on

Dikenal juga sebagai "Taman penuh dengan filosofi," ini merupakan sebuah taman spesial yang dibuat oleh seorang filosof Dr. Enryo Inoue yang ingin membuat sebuah tempat dimana orang dapat menikmati diri mereka sendiri dan merenungkan alam semesta.

Disini kamu dapat melihat lebih dari 70 patung yang mengagumkan di sekitar taman tersebut. Yang menarik, kamu dapat memasuki "Gate of Common Sense," dimana kamu dapat memilih rute sesuai dengan naluri kamu, dan pada akhirnya dapat keluar dari taman itu lewat "Gate of the Irrational" seperti yang kamu alami dalam hidup keseharian.

♥ Lokasi:

Temukan kedamaian di Zenjoji Temple dan Araiyakushi Temple

 
View this post on Instagram
 

#新井薬師#骨董市 新井薬師の骨董市ナウ!!

A post shared by またきち (@makiy7106) on

Walaupun bukan kuil termegah di Tokyo, Kedua tempat tersebut merupakan sebuah tempat yang menyejukan hati ketika anda ingin beristirahat setelah berbelanja seharian di Nakano. Araiyakushi Temple hanya sekitar 15 menit berjalan dari stasiun Nakano dan banyak orang datang kesini untuk memulihkan mata mereka.

Hal yang dapat kamu lakukan di NAKANO Tokyo!
Araiyakushi Baishouin (image source: http://tulip-e.com/)
Sejarah menceritakan pada jaman Edo yang terinspirasi dari anak seorang shogun yang buta dan berdoa disini mendapatkan penyembuhannya. Ketika anda berada disana, ada juga dapat mengunjungi ke 12 patung disana. Kuil Zenzoji berukuran kecil namun menjadi salah satu tempat penduduk lokal disana dan sering dilewati.

♥Lokasi:

Belajar kemampuan baru di Akademi buah-buahan

Hal yang dapat kamu lakukan di NAKANO Tokyo!
Seni memahat buah di Nakano (img source: savvytokyo.com)

Tempat ini menyenangkan apabila anda mencari sesuatu yang berbeda untuk dilakukan atau anda memiliki teman yang ingin diajak untuk sebuah kelas bersama. Sekolah ini diperuntukan untuk orang-orang yang ingin belajar cara memotong buah secara benar dan membuatnya menjadi bentuk buah-buahan yang sangat cantik. Pelajaran diberikan oleh seorang seniman buah yang bernama Taizo Hirano dan kelas pengajaran ini berguna untuk orang-orang yang ingin mempercantik kemampuan mereka dalam tata makanan seperti bento dan lainnya.

♥ Lokasi:

Bersantai di Kotobukiyu Onsen

Hal yang dapat kamu lakukan di NAKANO Tokyo!
Bersantai di Kotobukiyu Onsen, Nagano (Img Source: savvytokyo.com)

Pemandian Onsen tradisional selalu dicari banyak orang baik lokal maupun para turis, salah satu tempat yang dapat kamu lakukan untuk bersantai di Nakano ini adalah dengan bersantai menikmati onsen pemandian air panas di Nagano ini. Kotobukiyu Onsen ini dibuka sejak tahun 1951 dan populer di kalangan penduduk lokal dan pendatang dan uniknya lagi disini bagi orang bertato diperbolehkan loh (yang pada umumnya di Jepang orang bertato sangat dilarang untuk ke pemandian onsen). Disamping kolam yang membuat kamu rileks, kamu juga bisa menikmati sauna yang terpisah dan membaca komik di ruangan khusus.

♥Lokasi:

Mencicipi nikmatnya Tuna disini

Maguro Mart Nakano Seperti yang pernah dibahas JapaneseStation.com sebelumnya, terdapat Maguro Mart yang ditujukan bagi pecinta Tuna/Maguro. Tempat ini wajib kalian kunjungi untuk mencoba Tuna yang fresh dan sangat nikmat! ♥Lokasi:  

DIMANA KAMU DAPAT BERBELANJA DI NAKANO?

Nakano Broadway

Tempat ini menjadi satu alasan kenapa Nakano disebut sebagai salah satu tempat budaya otaku selain Akihabara, Tempat ini dibuka sejak tahun 1966 dan ketika anda berkunjung kesana, bersiaplah untuk menghabiskan waktu anda dengan melihat lebih dari 250 toko dalam gedung-gedung disana yang sebagian besar menjual anime maupun manga termasuk juga toko untuk keperluan cosplay. Disana kalian juga dapat menemukan banyak tempat video games, serta adapula restoran-restoran tematik dan toko suvenir yang membuat anda betah seharian.

Nakano Sun Mall Shopping Street

 
View this post on Instagram
 

A post shared by M. Makino (@makimaki701) on

Berjalanlah ke arah pintu keluar utara dari stasiun Nakano dan nanti kamu akan menemukan sebuah area perbelanjaan yang pada akhir jalannya akan membawa kamu ke Nakano Broadway. Disini merupakan sebuah tempat yang menyenangkan buat kalian yang ingin berbelanja, terutama bagi kalian yang menyukai barang-barang lucu ataupun mencari toko-toko yang menjual barang suvenir. terdapat pula beberapa game centers di area ini dan banyak barang yang murah serta restoran lokal untuk dapat kamu nikmati.

Yakushi Ai Road Shopping Street

 
View this post on Instagram
 

■ japanese cracker shop: Raijindou at Yakushi Ai Road · Features of this shop are hand-baked rice crackers and original seasoned · Natto, cheese, chilli, etc. are all tasty · I sell it as a set for souvenirs, and I can choose it by my own choice · If you come to Yakushi Ai Road it is a recommended shop? ■煎餅屋:雷神堂 at 薬師あいロード ・このお店の特徴は手焼きの煎餅たちとオリジナルの味付け ・納豆やチーズ、唐辛子など、どれもこれも美味しい ・お土産にセットで販売もしているし、自分で選んでセットにすることもできる ・薬師あいロードに来たらおすすめのお店です? #nakano #tokyo #tokyonakano #souvenir #tokyosouvenir #yakushiairoad #ricecracker #japanesecracker #raijindou #中野 #東京 #お土産 #東京土産 #煎餅 #せんべい #薬師あいロード #雷神堂

A post shared by [email protected] guidebook (@nakano_guide_book) on

Ai Road merupakan salah satu tempat yang populer untuk kalian pergi berbelanja di area ini. Di tempat ini kalian akan banyak menemukan jajanan tradisional. Yang terkenal yaitu, Sakamoto miso yang berlokasi disini. Sejak dibuka pada tahun 1950an, disini kalian dapat memilih lebih dari 40 rasa miso yang dibuat dari handmade. Di tempat ini juga kalian dapat menemukan Kotobukiyu Onsen dan kuil Araiyakushi.

BAGAIMANA UNTUK MENUJU KESINI?

Untuk sampai ke stasiun Nakano, kamu dapat menggunakan JR Chuo dan Sobu lines begitu pula dengan Tokyo Tozai Line. Ini hanya memakan waktu sekitar 10 menit dari Shinjuku atau sekitar 30 menit dari Tokyo Station menggunakan JR Chuo Line. Jadi ini sangat mudah dan tidak jauh untuk ke tempat ini apabila kalian ingin mencari suasana baru untuk dikunjungi ketika sedang berada di Tokyo, Jepang!