Share on

Fans seri Godzilla? Jika iya, sepertinya Prefektur Hyogo di Jepang wajib ada nih di daftar tujuan perjalananmu. Ya, prefektur yang ada di area Kansai ini baru saja membuka museum Godzilla pertama di dunia yang sudah direncanakan pembukaanya pada tahun 2019 lalu. Museum ini merupakan bagian dari atraksi terbaru anime park Nijigen no Mori di Pulau Awaji, yang dikenal dengan nama “Godzilla Geigeki Sakusen ~Kokuritsu Godzilla Awaji-shima Kenkyuu Center~”, atau “Godzilla Interception Operation Awaji ~National Awaji Institute of Godzilla Disaster~“.

Advertise With Us

Meski belum dibuka sepenuhnya, atraksi ini benar-benar seperti wujud nyata dari mimpi para fans Godzilla. Di dalamnya, akan ada sebuah zip line di mana kamu dapat berpartisipasi untuk mengeksplorasi Godzilla beku raksasa dengan cara terbang menuju mulut dan badannya, atau ke sekelilingnya untuk mengamati eksteriornya. Selain itu, akan ada permainan menembak di mana kamu harus menghancurkan sel yang mengapung di tubuh Godzilla beku untuk menghentikan mereka bereproduksi, sebuah film internasional berdurasi 10 menit yang menayangkan pembuatan atraksi Godzilla di Nijigen no Mori, sebuah museum, sebuah toko, dan makanan bertema Godzilla.

Godzilla museum japanesestation.com
Diorama Godzilla (prtimes.jp)

Pihak Nijigen no Mori sendiri belum mengumumkan kapankah mereka akan membuka seluruh atraksinya, tapi sebagai antisipasi, museumnya akan mulai dibuka. Atraksi utama dalam museum ini adalah diorama dari berbagai adegan dalam film Godzilla yang dibuat dengan kolaborasi bersama perusahaan yang memproduksi filmnya, Toho. Di antara diorama-diorama itu, kamu dapat menemukan kostum lama Godzilla dan set bangunan yang digunakan dalam film.

Museum ini juga memiliki sebuah ruangan berisi sekitar 80 figurine Gozilla, properti dari gudang Toho Co. Ltd.’s, dan model prototype dari monster-monster musuh yang ada dalam film. Asyik kan?  

Godzilla museum japanesestation.com
Patung Godzilla dan musuh-musuhnya (prtimes.jp)

Fasilitas ini juga memiliki sebuah toko souvenir, di mana merchandise limited-edition yang hanya bisa kamu temukan di Nijigen no Mori, dijual. Restoran taman ini, Mori No Terrace, juga akan menawarkan berbagai menu spesial Godzilla. Ada juga sebuah workshop seni di mana anak-anak dapat membuat sebuah “fukimodoshi” tradisional Pulau Awaji yang didekorasi dengan Godzilla. Bisa banget kan dijadikan tempat wisata bareng keluarga?  

Semua orang yang mengunjungi museum ini akan mendapat sebuah clear file Godzilla secara cuma-cuma, makin menambah alasan buat mengunjungi tempat ini kan? Untuk biaya, kamu perlu merogoh kocek sebesar 1.000 yen untuk orang dewasa dan 800 yen untuk anak-anak. Tiket anak-anak sudah termasuk tiket untuk mengikuti fukimodoshi lho. Namun perlu diingat ya, pembukaan tahap pertama ini yang termasuk museum, toko souvenir, dan workshop hanya berlangsung hingga 31 Agustus 2020 saja, dan akan tutup kembali hingga atraksi lain dibuka.