Share on

Lembah Senjojiki merupakan salah satu lanskap yang paling ikonik di Prefektur Nagano, juga merupakan salah satu tempat terbaik di Jepang untuk menikmati warna musim gugur, atau dalam bahasa Jepang disebut sebagai kouyou (紅葉). Walau begitu bukan berarti lembah ini hanya indah saat musim gugur saja, setiap musim memberikan keunikan tersendiri kepada Senjojiki.

Advertise With Us

Lembah ini dinamakan Senjojiki karena menutup wilayah sebesar 1.000 alas tatami. Senjojiki sendiri memiliki arti "1.000 alas tatami yang digelar." Lembah ini sama-sama bagian dari Desa Miyada dan Kota Komagane, dan terletak di 2.612 meter dari ujung jalur kereta gantung Komagatake.

Wilayah ini terbentuk karena adanya proses penyurutan gletser yang mengikis tanah. Hasil dari peristiwa tersebut biasa disebut sebagai cirque. Berkat 'diukir' oleh penyurutan gletser di penghujung zaman es, Lembah Senjojiki menjadi lambang dari dari keindahan Central Alps Nagano.

Menikmati Panorama Musim-Musim Jepang di Lembah Senjojiki
Summer Senjojiki (Gambar: Shoryudo)

Setiap musim panas, berbagai tanaman alpin dan bunga-bunga terlihat seperti karpet besar yang sedang terhampar di lembah tersebut.

Di setiap musim gugur, karena banyak pohon yang mengering, wilayah ini ditutupi oleh perpaduan warna merah-kuning-oren dengan berbagai macam kedalaman warna. Wajar saja jika banyak orang Jepang banyak yang menyarankan lembah ini sebagai tempat untuk menikmati pemandangan musim gugur.

Menikmati Panorama Musim-Musim Jepang di Lembah Senjojiki
Autumn Senjojiki (Gambar: Shoryudo)

Sebagai wilayah alpin, Lembah Senjojiki juga terlihat indah di setiap musim dingin. Pemandangannya tak kalah indah dengan pemandangan musim dingin di central alps yang terletak di negara lain.

Menikmati Panorama Musim-Musim Jepang di Lembah Senjojiki
Winter Senjojiki (Gambar: Shoryudo)

Cara termudah menikmati pemandangan disini adalah pengunjung harus berhenti terlebih dahulu di Stasiun Senjojiki yang terletak di atas lembah. Kemudian, pengunjung melanjutkan perjalanan dengan memutari cirque selama kurang lebih satu jam. Dari titik ini, pengunjung dapat menikmati hamparan luas pemandangan dataran di bawah alpin.

Menikmati Panorama Musim-Musim Jepang di Lembah Senjojiki
Kereta gantung Senjojiki (Gambar: Shoryudo)

Fasilitas transportasi yang digunakan untuk pergi ke Senjojiki juga memiliki keunikan yang tidak kalah dari pemandangan yang dilewati di jalurnya. Diantara kereta gantung sejenisnya di Jepang, Komagatake adalah yang pertama kali muncul. Selain itu, Stasiun Senjojiki yang dilalui kereta gantung Komagatake juga merupakan tempat transit publik tertinggi di Jepang.

Alamat: 1 Akaho, Komagane-shi, Nagano-ken   All images: Shoryudo Sources: Japan National Tourism Organization, Chuo Alps Kanko