Share on

Bagi penggemar film anime, pasti tidak asing dengan Princess Mononoke kan? Ya, Princess Mononoke adalah salah satu film terbaik buatan salah satau studio kenamaan Jepang, Studio Ghibli. Nah, tahukah kamu kalau hutan yang menjadi latar film itu benar-benar ada di dunia nyata? Itulah Yakushima, salah satu pulau yang terletak di Prefektur Kagoshima, Jepang. Pensaran dengan Yakushima yang menjadi inspirasi film Princess Mononoke ini?

Dilansir dari Japan Guide, Yakushima (屋久島) merupakan nama sebuah pulau subtropis di selatan Kyushu, dan merupakan bagian dari Prefektur Kagoshima, di area Kyushu. Pulau yang menginspirasi film Princess Mononoke ini memiliki hutan cedar di mana beberapa pohon tertua Jepang tumbuh. Malah kabarnya, pulau ini punya pohon cedar yang usianya sudah mencapai 7000 tahun lho!

Sebelum serimbun sekarang, hutan ini sempat ditebang besar-besaran ketika zaman Edo dulu. Untungnya, setelah mendapat gelar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 1993, hutan di Yakushima kembali pulih. Kini, banyak turis yang mendatangi Yakushima untuk melihat pohon cedar tertua di dunia yang ada di dalam hutannya.

Nah, selain melihat pohon tertua, masih banyak nih yang bisa dilakukan di Yakushima. Apa saja?

Bersantai di pantainya

Mengunjungi hutan
Pantai di Yakushima (thecrazytourist.com)

Meski lebih dikenal dengan hutan cedar-nya, Yakushima juga punya pantai cantik. Salah satu yang paling terkenal di kalangan turis adalah Isso-kaisuiyokujo, sebuah pantai di utara Yakushima. Di pantai ini, kamu bisa berjalan menikmati pemandangan indah pulau Yakushima.

Melihat air terjunnya yang cantik!

Mengunjungi hutan
Air terjun Ooko no Taki (thecrazytourist.com)

Yaksuhima yang dikenal dengan keindahan alamnya ini juga punya beberpa air terjun cantik lho. Pemandangan indah di air terjun Yakushima ini juga disebut-sebut sebgai salah satu pemandangan paling mempesona di Jepang.

Nah, salah satu air terjun Yakushima yang paling terkenal adalah Ooko-no-taki. Kamu dapat menemukan air terjun cantik ini dengan menyusuri hutannya. Sesampainya di sini, kamu bisa beristirahat dan menyegarkan diri dengan berenang di kolam di dasarnya. Cocok ketika sudah lelah jalan-jalan!

Hiking di Shiratani Unsuikyu Forest

Mengunjungi hutan
Shiratani Unsuikyo Forest (thecrazytourist.com)

Buat yang berjiwa petualang, harus coba nih hiking di Shiratani Unsuikyo Forest. Hutan yang dipenuhi pohon cedar tua ini punya banyak hal seru lho. Di tengah-tengah hiking-mu, kamu akan menemukan beberapa kolam kecil. Cocok buat beristirahat sambil berendam. Pecinta binatang juga akan dimanjakan dengan hadirnya beberapa rusa imut dan monyet-monyet yang tinggal di hutan ini.

Untuk menuju ke tengah hutannya, kamu bisa melakukan hiking dari beberapa rute yang membuatmu berpetualang di tengah-tengah pemandangan menakjubkan ini.

Menjelajahi Museum Yakusugi

Mengunjungi hutan
Yakusugi Museum (yakusugi-museum.com)

Jika ingin tahu lebih banyak tentang pohon tertua di Jepang atau Yakusugi, jangan lupa kunjungi Museum Yakisugi. Di museum ini, kamu bisa melihat galeri foto yang menyejelaskan tentang industri penebangan di Yakushima dari dulu hingga sekarang. Ada diorama yang menjelaskan asal muasal pohon juga lho di museum ini. Keren!

Cicipi makanan khasnya!

Mengunjungi hutan
Mitake, shochu asli Yakushima (thecrazytourist.com)

Tak lengkap mengunjungi Yakushima tanpa mencicipi maknan khasnya, kan? Nah, kamu wajib mencicipi makanan terpopuler Yakushima, ikan terbang!

Yakushima juga punya buah jeruk yang biasa disebut ponkan dan tankan. Biasanya, jeruk tankan sering dibuat menjadi jus dan es krim yang dijual di seluruh penjuru Yakushima.  Buat yang hobi minum, bisa coba juga shochu  lokal Yakushima yang biasa disebut Mitake.

Tertarik mengunjungi Yakushima? Siapa tahu di Yakushima nanti, kamu bisa mendapat inspirasi seperti Hayao Miyazaki dengan Princess Mononoke-nya. Jadi, jangan lupa kunjungi Yakushima kalau ke Jepang ya!