Share on

Buat kamu yang suka dengan game bertema naval warfare seperti Kantai Collection dan Azur Lane, nama Kapal Perang Yamato pasti tidak asing lagi. Nah, apakah kamu ingin melihat Yamato dalam bentuk aslinya? Kamu bisa datang ke “rumah”-nya di Kure, Prefektur Hiroshima yang terletak di Area Chugoku.

Kure memang terkenal sebagai kota kapal perang, pabrik baja, dan tentunya, Yamato, kapal perang terbesar yang dibangun Jepang pada Perang Dunia II. Karena itu, tempat wisata di sini, temanya tidak jauh-jauh dari kapal perang, salah satunya, Museum Yamato.

Di Museum Yamato, kamu bisa melihat replika Kapal Perang Yamato dengan skala perbandingan 1:10, berukuran sekitar 26,3 meter. Replika Yamato ini adalah simbol dari museum ini, dia melambangkan perdamaian dan keajaiban teknologi.

Melihat Kapal Perang Yamato di Kure Hiroshima
Replika Kapal Perang Yamato di Museum Yamato, Kure (hiroshima.navi.or.jp)

Selain replika Yamato, kamu juga bisa melihat pameran pesawat tempur. Bedanya, pesawat tempur yang dipamerkan di museum ini berukuran  1:1, alias sama dengan aslinya. Nah, buat kamu yang suka sejarah tentang perang dunia, museum ini menyediakan penjelasan mudah dan gampang dimengerti. Selain itu, kita juga bisa melihat teknologi pembangunan kapal perang dari dulu hingga sekarang di museum ini.

Selain punya “Yamato”, Kure juga punya museum kapal lain lho, namanya JMSDF Kure Museum atau Tetsunokujirakan. Lokasinya  tidak jauh dari Museum Yamato, jadi bisa sekalian jalan-jalan ke sini deh!

Nah, kalau di Museum Yamato ada kapal tempur Yamato dalam ukuran mini, di JMSDF Kure Museum, kamu bisa melihat submarine alias kapal selam raksasa. Enaknya lagi, kamu bisa masuk ke dalam kapal selam itu dan merasakan sensasi mengendarai kapal selam sungguhan. Di museum ini juga akan dijelaskan tentang sejarah dan aktivitas Pasukan Bela Diri Angkatan Laut Jepang dengan kata-kata sederhana, jadi tidak perlu khawatir bakal bingung!

Melihat Kapal Perang Yamato di Kure Hiroshima
JMSDF Kure Museum (hiroshima-navi.or.jp)

Nah kalau lapar, kamu harus coba kare ala Kure Maritime Self Defense. Kare ini adalah kare yang biasa dimakan oleh para Pasukan Bela Diri di Kure. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi restoran-restoran di Kure.

Melihat Kapal Perang Yamato di Kure Hiroshima
Kare spesial Kure Maritime Self Defense Force (kuremachidiary.jp)

Bagaimana? Siap mengunjungi Yamato? Ayo datang ke Kure!