Share on

Bagi penikmat makanan Jepang, mungkin memakan sushi premium dan autentik menjadi salah satu cita-cita mereka. Sayangnya, biasanya sushi premium berkualitas tinggi di Jepang dijual dengan harga selangit yang bisa bikin dompetmu menangis. Namun tidak dengan 3 restoran sushi di Niigata, area Chubu ini. Restoran apa saja ya?

Advertise With Us

Mawaru Sushi (Nazaemon, Shichikuyama Honten): Seafood Lokal yang Segar!

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
Mawaru Sushi (livejapan.com)

Pertama, ada Mawaru Sushi Nazaemon Shichikuyama Honten (Nazaemon), restoran sushi yang hanya menggunakan beras dan ikan lokal Niigata untuk menu-menunya. Restoran yang hanya berjarak 20 menit jalan kaki dari Stasiun JR Niigata ini menyediakan 4 set menu utama dengan in-season seafood. Misalnya Sado 8-Piece Set (780 yen, belum termasuk pajak). Bahan baku yang digunakan bisa berbeda setiap harinya, namun biasanya kamu akan mendapatkan 8 jenis ikan ini: tuna, yellowtail, cumi,  flounder, salmon, udang, ikura (cod roe), dan negitoro (tuna cincang dengan bawang bombay). Potongan ikan di restoran ini tebal dan padat, menjadikannya lezat dan nikmat.

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
Sado 8-Piece Set (livejapan.com)

Selain menu set, kamu juga dapat memesan sushi secara terpisan sesuai yang kamu inginkan. Tinggal catat nama menu sushi dan berapa jumlah yang kamu inginkan di form yang sudah disediakan di tempat dudukmu dan berikan ke staff restoran. Cara memesan seperti ini khas restoran sushi Jepang, jadi coba ya untuk merasakan pengalaman baru yang “Jepang banget!”

Minato Shokudo: Seafood Segar langsung dari Pasarnya!

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
MInato Shokudo (livejapan.com)

Berikutnya, mari kita ke Niigata Sengyo Tonya Minato Shokudo (atau Minato Shokudo) yang terletak di Niigata Pier Bandai Fish Market. Restoran yang dapat dicapai dengan menaiki bus selama 15 menit dari Stasiun JR Niigata ini merupakan anak dari sebuah pasar seafood besar Niigata, Niigata Chuo Suisan Market. Jadi, kamu dpaat menikmati seafood seasonal lezat dan segar yang lansgung datang dari pasar ikan!

Menu favorit di restoran ini adalah Seafood Bowl Set (1,200 yen, belum termasuk pajak), berbagai ikan segar berkualitas tinggi yang disusun dengan cantik dalam sebuah mangkuk. Sama seperti Mawaru Sushi, seafood yang disajikan bisa berbeda setiap harinya. Restoran ini menyajikan tiap potongan sashiminya dengan potongan tebal, lengkap dengan lobak renyah yang bikin rasanya tambah lezat.

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
Seafood Bowl Set (livejapan.com)

Selain Seafood Bowl Set, Minato Shokudo juga masih punya menu wajib dicoba lain, yaitu tempura cumi-cumi yang disajikan dalam menu  Seafood Set (480 yen). Cumi-cumi memang merupakan makanan umum di Niigara, dan biasanya dijual dalam bentuk ichiya-boshi (ikan yang diberi garam, diasinkan, dan dijemur semalaman). Meskipun begitu, cumi-cumi sangat jarang disajikan sebagai tempura. Karena itu sang pemilik restoran mencoba mempopulerkan makanan yang biasa disajikan bersama garam dan bir  di Kota Kashiwazaki dan Joetsu ini. Percobaannya ini memberi hasil memuaskan.

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
Tuna Nakaochi Set (livejapan.com)

Hanya itu? Tentu tidak! Masih ada Tuna Nakaochi Set (500 yen, belum termasuk pajak). Namun ada yang perlu diperhatikan, menu ini sedikit spesial. Tuna Nakaochi Set hanya akan dijual ketika seluruh ikan dibeli dari pasar. Tuna yang digunakan di menu ini lebih berlemak dibanding dengan tuna biasa, serasa melelh di mulut! Menu ini biasanya hanya dijjual di pagi hari, sekitar pukul 10:30 hingga 11:00 siang saja. Jadi, jika ingin mencobanya, harus datang pagi-pagi!

Ekimae Gyoko Honten: "Ikizukuri" LIVE Sashimi!

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
Minato Shokudo (livejapan.com)

Terakhir, ada izakaya populer, Umme Sakanaga Kuite Ekimae Gyoko Honten, (Ekimae Gyoko Honten) yang hanya berjarak 3 menit jalan kaki dari Stasiun Niigata. Restoran ini dikenal dengan kesegaran bahan bakunya karena sang pemilik restoran membeli seafood langsung dari tempat pemancingan setiap pagi, menjamin kesegaran makanannya.

Menu pertama yang wajib dicoba tentunya sashimi dan sushi segar mereka. Jadi, bisa memesan  Assorted Sashimi Platter, menu dengan 3 macam seasonal fish: makarel, sarden, dan yellowtail (1,080 yen, belum termasuk pajak). Di sini juga ada berbagai ikan hidup yang bebas kamu pilih, ikan-ikan ini nantinya akan dijadikan sashimi "ikizukuri" sashimi (ikan segar yang disajikan dalam keadaan hidup-hidup).

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
Berbagai seafood segar yang diguankan sebagai bahan baku sushi. (livejapan.com)

Tidak suka sahimi? Jangan khawatir, masih ada cumi-cumi ichiya-boshi (780 yen termasuk pajak), kerang mentah dengan cuka (580 yen dengan pajak), dan sea bream ochazuke (780 yen termasuk pajak). Semua menu ini sangat cocok dinikmati bersama sake lokal Niigata.

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
Beragam sake yang tersedia di Ekimae Gyoko Honten (livejapan.com)

Nah, karena Ekimae Gyoko Honten adalah izakaya, tentunya pilihan sakenya pun beragam. Mereka menyajikan lebih dari 20 tipe sake, mulai dari  sake klasik Tanrei Karakuchi (sake ringan dan kering) hingga beberapa brand yang tidak terlalu terkenal. Nah, jika kamu mengunjungi restoran ini, wajib coba Murayu Kuro Muroku Honsei, sake rare yang hanya ditemukan di beberapa toko saja. Rasa sake ini lebih manis dari sake biasa, cocok buatmu yang pertama kal mencoba meminum sake.

Makan Sushi Kualitas Premium Tanpa Mengosongkan Dompet di Niigata
Lantai 2 Ekimae Gyoko Honten (livejapan.com)

Lantai 2 restoran ini adalah ruangan bergaya Jepang dengan tatami yang hampir selalu dipadati pengunjung, Kapan lagi makan sushi lezat di izakaya nyaman?

Bagaimana? Dengan harga seperti di atas, kamu bisa mendapatkan sushi premium tanpa menguras dompetmu kan?