Share on

Ingin jalan-jalan sambil wisata sejarah dan merasakan sensasi kembali ke zaman samurai? Datang saja ke kota Odawara, di Prefektur Kanagawa, Jepang. Kota yang terletak di area Kanto ini dulunya merupakan kota kastil yang dijadikan pusat pemerintahan di Odawara dan peninggalannya masih ada hingga sekarang. Mau tahu lebih jauh tentang Odawara?

Advertise With Us

Dilansir dari Tokyo Digi-Joho, Odawara (小田原) merupakan kota yang dikenal sebagai “pintu masuk” ke Hakone, area resor onsen tradisional nomor 1 di Jepang. Karena itu, biasanya para turis menggunakan bus atau kereta dari Stasiun Odawara untuk pergi ke Hakone. Sangat disayangkan, padahal Odawara juga punya tempat wisata menarik yang tidak kalah dengan Hakone lho. Odawara sebenarnya adalah sebuah kota kastil yang makmur dan berjaya di era Samurai dulu. Nah, meskipun zaman samurai sudah berakhir, peninggalannya masih ada lho. Penasaran?

Kastil Odawara

Kembali ke Zaman Samurai di Odawara, Jepang
Kastil Odawara (japan-guide.com)

Kastil Odawara (小田原城, Odawarajō) sebenarnya sudah berdiri sejak pertangahan abad ke-15 dan akhirnya jatuh ke tangan Klan Hojo, salah satu klan terkuat di Zaman Sengoku yang menggunakan kastil ini sebagai markas untuk mengontrol area tersebut. Kekuasaan Klan Hojo berakhir pada tahun 1590, saat Toyotomi Hideyoshi menyerang kastil ini. Nah, kekalahan Klan Hojo ini menjadi awal dari bersatunya kembali Jepang.

Kastil ini sempat hancur akibat gempa pada tahun 1703, namun segera dibangun kembali. Sayangnya pada tahun 1870, menara kastil dan bagian bangunan lainnya dibongkar dan dijual. Menaranya kembali dibangun pada tahun 1960 dengan metode ferro-concrete berdasarkan model dan gambar dari Zaman Edo. Beberapa tahun kemudian, 3 gerbang utama menuju kastil juga dibuat kembali. Kini, menara kastil ini merupakan menara kastil paling dekat dengan Tokyo.

Di dalamnya, kamu bisa melihat berbagai item seperti armor dan pedang. Serasa kembali ke zaman samurai! Mau makin terasa rasa zaman samurainya? Kamu bisa “cosplay” jadi Ninja, Samurai, atau Puteri dengan meminjam kostum pusat peminjaman di Tokiwagi Gate, gedung yang terletak di depan menara kastil. Kamu bisa meminjam kostum dengan membayar sebesar 300 yen untuk dewasa dan 200 yen untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

Kembali ke Zaman Samurai di Odawara, Jepang
Poster peminjaman kostum (tokyo.digi-joho.com)

Kastil ini juga punya museum lho, namanya the Odawara Castle Historical Museum. Di dalamnya, banyak interactive display yang menjelaskan bagaimana sejarah Odawara dan kastilnya dari dulu hingga kini. Sayangnya, interactive display dan film yang diputar di sini hanya tersedia dalam bahasa Jepang. Kastil ini juga terkenal sebagai spot terabaik untuk menikmati musim semi lho. Ada sakura, dan berbagai bunga cantik seperti bunga plum, azalea, wisteria, iris, hydrangea, dan lotus blossom. Wajib dikunjungi!

Kembali ke Zaman Samurai di Odawara, Jepang
Pemandangan di depan kastil yang cantik (japan-guide.com)

Nah, apakah Odawara cuma punya kastil saja? Tentu tidak, masih ada lho 1 tempat wisata lagi yang wajib kamu kunjungi. Penasaran?

Ikoi no Mori Forest Park

Kembali ke Zaman Samurai di Odawara, Jepang
Pengunjung mencoba bermain flying fox di Ikoi no Mori Park (matcha-jp.com)

Jika kamu suka tantangan, Ikoi no Mori Forest Park cocok buatmu! Di outdoor theme park yang berlokasi di Kuno, Kota Odawara ini, ada banyak wahana yang bisa memacu adrenalinmu. Misalnya, flying fox yang membuatmu meluncur dari ketinggian 18 meter, memanjat jaring, dan masih banyak lagi. Kemanannya juga terjamin, jadi tidak perlu takut ya!

Kembali ke Zaman Samurai di Odawara, Jepang
Wahana bermain anak di Odawara Wanpaku Park (matcha-jp.com)

Tak hanya itu, Ikoi no Mori juga punya wahana bermain untuk anak-anak lho. Namanya, Odawara Wanpaku Park. Di sini, anak-anak bisa naik berbagai wahana seperti kereta mini dan masih banyak lagi. Ada kuda poni imut juga yang cocok untuk anak-anak lho.

Keren kan? Jangan lupa kunjungi Odawara ya jika ke Jepang nanti!