Share on

Pulau Sado, sebuah pulau kecil yang terpisah dari pulau utama Jepang ini adalah sebuah destinasi wisata yang tidak begitu dikenal oleh turis mancanegara. Walaupun pulau ini tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, satu perjalanan ke pulau ini akan memberikan pengalaman wisata yang lengkap. Mulai dari keindahan alamnya seperti, pantai, ladang padi berundak, tambang emas, onsen, hingga keindahan ciptaan manusianya seperti bangunan-bangunan bersejarah juga dapat dinikmati di pulau ini.

Pulau yang dapat diakses dari Tokyo dengan menggunakan kereta cepat ataupun kapal feri ini merupakan sebuah pulau kecil yang termasuk kedalam prefektur Niigata. Pulau yang sangat terkenal akan nihonshunya ini memiliki satu tempat yang sudah terkenal akan kualitasnya, yaitu Hokusetsu Brewery, brewery ini selain menyediakan nihonshu juga menyediakan musik mellow yang bisa pengunjung nikmati sambil menikmati minuman berkualitasnya.

Penasaran darimana nihonshu dibuat di pulau ini? Ladang padi Iwakubi Shoryu-lah yang menjadi pemasok padi, tidak hanya untuk pulau Sado ini, juga untuk prefektur Niigata. Pemandangan ladang ini akan ikut berubah seiring tahun berjalan, dari warna hijau cerah hingga kuning romantis menjanjikan pemandangan yang memanjakan mata para wisatawan.

pulau sado

Selain itu, pulau ini juga dikenal akan perairannya yang jernih dan bersih serta pantai yang berbatu. Salah satu lokasi yang amat direkomendasikan untuk dikunjungi disini adalah Danau Kamo, danau terbesar di Niigata. Di pulau ini juga pengunjung dapat mengikuti tradisi tarai-bune (perahu bak mandi) yang dikemudikan oleh warga lokal dengan mengenakan pakaian tradisional serta topi jerami, sebuah pengalaman seperti yang ada di anime bergenre romansa.

pulau sado

Di ujung utara pulau ini juga ada sebuah area pantai yang dikenal dengan sebutan Futatsugame dikarenakan bentuk area ini yang menyerupai dua ekor kura-kura. Wisatawan dapat bersantai disini dengan cara berjemur ataupun berenang di pantai yang dikenal dengan airnya yang sangat jernih.

pulau sado

Pulau ini juga menjadi rumah untuk beberapa flora dan fauna yang jarang ditemukan, salah satunya adalah toki. Toki adalah burung ibis mahkota yang kini populasinya sudah terancam punah. Burung ini dapat dinikmati dari jauh di Toki Forest Park.

Untuk yang ingin menggali lebih dalam sejarah dan kekayaan pulau ini, silakan kunjungi Sado Kinzan Gold Mine dan juga Nishimikawa Gold Park. Kalian juga dapat mengikuti satu aktivitas menarik lainnya yaitu mencoba taiko atau drum Jepang di Sado Island Taiko Center. Tempat tersebut merupakan pusat dari taiko yang dibuat dari pohon zelkova dan kulit sapi yang berada tidak jauh dari Desa Kodo.

pulau sado

Selain beberapa lokasi yang disebutkan disini, masih ada sangat banyak lokasi yang bisa kalian kunjungi dan nikmati di pulau ini, silakan cek situs ofisialnya disini.

Untuk yang ingin berkunjung ke tempat yang menyediakan berbagai macam keindahan tetapi tidak ingin pergi kesana-kemari, Pulau Sado adalah jawaban yang sangat tepat.

 

All images: visitsado Sources : gaijinpot, visitsado