Share on

Jika kamu ingin berjalan-jalan ke Jepang dan bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, bisa coba jalan-jalan ke Kota Kameoka, Jepang. Kota kecil yang merupakan bagian dari Prefektur Kyoto, Area Kansai ini menawarkan berbagai wisata menarik, lho.

Advertise With Us

Dilansir dari Little Kyoto, Kameoka merupakan kota kecil di dekat Kyoto yang terkenal dengan keindahan alamnya dan sejarah yang menyelimutinya. Pada abad ke-16, Akechi Mitsuhide, seorang samurai kenamaan Jepang, membangun Kastil Tanba Kameyama di tempat ini. Meski kastilnya sudah tidak berbentuk seperti dulu, suasana kota kastil tua-nya masih terasa kental.

Tak hanya itu, Kameoka juga punya berbagai tempat menarik lain lho. Penasaran? Ayo kita simak tempat wosata menarik di Kameoka berikut.

Reruntuhan Kastil Tanba Kameyama

Kameoka, Kota Kecil dengan Wisata Menarik di Jepang
Reruntuhan Kastil Tanba Kameyama (jcastle.info)

Kastil yang awalnya dibangun oleh Akechi Mitsuhide sebagai benteng pertahanan Tanba ini terkenal sebagai kastil pertama yang menggabungkan 5  kastil sekaligus. Namun akhirnya, kastil ini diruntuhkan dan area kastil itu kemudian mejadi milik Oomoto, suatu institusi keagamaan yang mereparasi dinding batu dan struktur bangunan lain reruntuhan itu. Meski begitu, suasana kota kastil tua-nya masih sangat terasa, membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kameoka.

Jika ingin berkunjung ke sini, kamu harus reservasi terlebih dahulu dengan menghubungi bagian resepsionis Oomoto.

Kuil Izumo Daijin-gu

Kameoka, Kota Kecil dengan Wisata Menarik di Jepang
Kuil Izumo Daijin-gu (kyototourism.org)

Kuil Izumo Daijin-gu merupakan Ichi-no-miya (kuil dengan ranking tertinggi) di Provinsi Tanba. Menurut legenda, dewa di Kuil Izumo di Provinsi Izumo adalah “dewa pindahan” dari kuil ini. Karena itu, kuil ini juga dikenal dengan  nama Moto Izumo (awal dari Izumo). Aula utama kuil yang direnovasi oleh Ashikaga Takauji, Shogun pertama di Era Muromachi, merupakan Properti Kebudayaan Penting Jepang. Kabarnya, orang yang mengunjungi kuil ini akan diberi umur panjang, keuangan yang bagus, dan diberi pasangan yang cocok.

Jika kamu ingin mengunjungi kuil ini, bisa naik Furusato Bus 11 dari Stasiun Kameoka, lalu turun di Toko Izumo  Jinja-Mae. Untuk info lebih lanjut, bisa kunjungi situs resmi Kuil Izumo Daijin-gu.

Chinka Festival

Jika kamu mengunjungi Kameoka pada tanggal 18 April, kamu bisa melihat festival bernama Chinka Festival. Festival yang dilaksanakan di Kuil Izumo Daijin-gu ini dipercaya untuk menghilangkan bahaya wabah yang menyebar di musim semi. Jadi, di festival ini akan ada tarian bernama Izumo Furyu Hana-odori yang berasal dari tarian meminta hujan agama Shinto. Para penari akan mengenakan topi unik yang disebut Hanagasa saat menari.

Mitsuhide Festival

Kameoka, Kota Kecil dengan Wisata Menarik di Jepang
Mitsuhide Festival (kansaiculture.blogspot.com)

Setiap tanggal 3 Mei, di Kameoka akan diadakan festival yang disebut Mitsuhide Festival. Festival ini digelar untuk memperingati kejayaan Akechi Mitsuhide yang membangun tempat ini. Di festival ini akan ada parade di mana beberapa orang berperan sebagai Akechi Mitsuhide dan ajudan-ajudannya lalu berkuda mengelilingi kota.

Festival Kameoka

Kameoka, Kota Kecil dengan Wisata Menarik di Jepang
Festival Kameoka (injapan.machi-ing.jp)

Buat kamu yang datang ke Kameoka di sekitar tanggal 23-25 Oktober, kamu beruntung.Di tanggal ini, akan ada Festival Kameoka. Di festival ini, kamu bisa melihat 11 parade float berhiaskan berbagai permadani gantung yang indah. Pada tanggal 25, parade float ini akan dibawa oleh warga setempat. Selama periode festival, biasanya kota akan dihiasi oleh lentera-lentera cantik.

Nah, menarik bukan? Jangan lupa kunjungi Kameoka ya!