Share on

Buat yang bosan dengan suasana kota besar, bisa coba nih jalan-jalan ke kota pelabuhan Tomonoura di di Jepang. Meskipun tidak sepopuler kota-kota besar lain, kota pelabuhan ini punya banyak tempat wisata menarik lho. Ingin mengenal Tomonoura lebih dekat? Ayo simak uraiannya ya!

Advertise With Us

Dilansir dari Japan Guide, Tomonoura (鞆の浦) merupakan kota pelabuhan yang terletak di selatan Kota Fukuyama, Prefektur Hiroshima, area Chugoku. Kota yang menjadi bagian dari Taman Nasional Setonaikai ini terkenal dengan pemandangan kotanya yang memberikan kesan "jadul" dan menenangkan.

Kota Tomonoura Jepang

Dulu, Tomonoura merupakan kota yang makmur dengan banyaknya kapal dagang yang berhenti di sekitar Pulau Seto Inland. Tak hanya dipenuhi dengan berbagai aktifitas kelautan, kota cantik ini juga terkenal dengan produksi "homeishu", sebuah shochu (salah satu jenis minuman sake) pengobatan yang terbuat dari 16 jenis rempah-rempah yang disebut-sebut dapat membuat umur panjang.

Di era modern, Tomonoura sering kali dipilih sebagai lokasi shooting beberapa film lokal dan internasional, seperti "The Wolverine", film buatan Marvel yang dibintangi oleh aktor ternama Hugh Jackman. Selain itu, Tomonoura juga menjadi model kota pelabuhan yang ada dalam film "Ponyo on the Cliff".

Nah, ada apa saja sih di Tomonoura?

Ota Residence

Kota Tomonoura Jepang

Ota Residence sebenarnya merupakan kompleks milik keluarga produsen homeishu pertama di Tomonoura. Keluarga ini memulai bisnis produksi homeishu-nya mulai dari tahun 1710 hingga akhir zaman Meiji.  The spacious Ota Residence belonged to a family who started brewing homeishu in the late 17th century. Setelah bisnis mereka bangkrut, kompleks perumahan ini dijual. Untungnya, sang eomilik baru tetap membuat tempat ini “hidup” dengan membuatnya menjadi kompleks wisata di mana pengunjung bisa mengunjungi tempat minum the, memasuki rumah-rumah dan menikmati enaknya duduk di atas lantai tatami, serta melihat gudang homeishu.

Joyato Lighthouse

Kota Tomonoura Jepang

Mercusuar yang telah berdiri sejak zaman Edo ini merupakan simbol kota Tomonoura. Kamu bisa mengunjungi mercusuar ini di tengah kota.

Kuil Fukuzenji

Kota Tomonoura Jepang

Kuil Fukuzenji merupakan salah satu tempat di Tomonoura yang memiliki pemandangan paling indah. Dari berandanya, kamu bisa melihat pemandangan Pulau Bentenjima dan Pulau Sensujima  yang cantik. Di kuil ini juga ada patung Maria Kannon, patung Bunda Maria yang dibuat menyerupai Bodhisattva Kannon pada zaman Edo, ketika agama Kristen dilarang di Jepang. Patung ini dibuat untuk membantu umat Kristiani beribadah karena saat itu, orang-orang Kristiani di Jepang harus beribadah secara sembunyi-sembunyi.

Irohamaru Museum

Kota Tomonoura Jepang

Irohamaru sebenarnya merupakan nama sebuah kapal dagang yang tenggelam pada tahun 1867. Nama kapal ini menjadi terkenal karena pada saat tenggelam, kapal ini mengangkut persenjataan milik salah satu samurai kenamaan Jepang, Ryoma Sakamoto.  Beratus-ratus tahun kemudian, penduduk Tomonoura menemukan sisa-sisa peninggalan dari kapal tersebut, dan dibuatlah Museum Iroha Maru ini. Dengan banyaknya info di museum ini, kamu juga bisa mengenal Ryoma Sakamoto lebih dekat lho. Sayangnya, info di sini hanya tersedia dalam bahasa Jepang saja.

Dermaga

Kota Tomonoura Jepang

Jalan-jalan di kota pelabuhan tidak lengkap tanpa jalan-jalan di dermaganya. Kamu bisa menikmati udara segar sambil melihat-lihat pemandangan laut dan kota yang indah. Asyik kan?

Jangan lupa kunjungi kota Tomonoura ya kalau ke Jepang!