Share on

Nama Prefektur Ibaraki mungkin tidak sebesar tetangganya, Tokyo. Namun, buat urusan tempat wisata, rupanya Prefektur Ibaraki gak kalah lho dengan ibu kota Jepang itu! Penasaran? Yuk, mari kita lihat tempat wisata wajib dikunjungi di Prefektur Ibaraki berikut!

Advertise With Us

Ibaraki Utara: Seni & Craftsmanship

Ibaraki Utara dikenal memiliki pemandangan laut yang indah, membuatnya menjadi inspirasi para seniman. Karena itulah, Ibaraki Utara punya Kijian!

Kijian

wisata Jepang Ibaraki japanesestation.com
Kijian (tokyoweekender.com)

Sementara 97% urushi (pernis) yang digunakan untuk membuat produk pernis diimpor dari Cina, ternyata 15% produk ini diproduksi di Ibaraki Utara lho! Ya, Kijian di pusat Kota Daigo menggunakan urushi lokal berkualitas tinggi untuk membuat produk pernis seperti mangkuk, sumpit, dan item sehari-hari lain dengan tujuan untuk mewariskan kerajinan tradisional tersebut ke generasi berikutnya.

Toko yang dibangun pada 1896 ini juga berfungsi sebagai galeri dan cafe lho. Perhatikan produk-produknya dan nikmati satu set teh matcha lengkap dengan wagashi lezatnya. Sangat sempurna sebagai tempat untuk istirahat setelah lelah berjalan-jalan!

Area Mito: Sejarah Samurai di Era Modern

Ibu kota Prefektur Ibaraki ini telah menjadi pusat ekonomi dan budaya sejak dulu. Karena itu, banyak lokasi menarik yang telah ada sejak Zaman Edo, misalnya, Kairakuen!

Kairakuen

wisata Jepang Ibaraki japanesestation.com
Kairakuen (tokyoweekender.com)

Kairakuen adalah salah satu dari 3 taman terindah di Jepang (selain Kenrokuen di Kanazawa dan Korakuen di Okayama) yang telah berdiri sejak Zaman Edo. Daimyo ke-9 Domain Mito, Nariaki Tokugawa, membangun taman ini pada 1842 dengan tujuan untuk menyediakan sebuah taman Jepang cantik untuk masyarakat.

Di sini, ada sekitar 3.000 pohon yang terdiri dari 100 jenis pohon plum dan sebuah rumah tradisional cantik bernama Kobuntei.

Pesisir Ibaraki: Pemandangan Laut nan Indah!

Buat kamu yang ingin melihat keindahan pemandangan laut Jepang, kunjungi saja daerah pesisir Ibaraki, Oarai!

Hitachi Seaside Park

wisata Jepang Ibaraki japanesestation.com
Hitachi Seaside Park (tokyoweekender.com)

Salah satu yang membuat Ibaraki terkenal adalah Hitachi Seaside Park, sebuah lahan hijau cantik dengan pemandangan langsung mengarah ke laut. Taman ini memiliki banyak bunga-bunga indah dan unik, salah satunya adalah baby blue nemophila yang berbunga pada pertengahan April hingga awal Mei.

Area Pleasure Garden dari taman ini juga emmiliki lebh dari 25 atraksi lho, termasuk sebuah ferris wheel bertinggi 100 meter. Para pecinta sepeda pun akan menyukai cycling course-nya, dan mereka yang ingin menikmati area ini dengan santai bisa mengunjungi barbecue zone-nya.

Area Tsukuba: Pusat Teknologi-nya Ibaraki!

Berada di Tsukuba rasanya benar-benar seperti berada di masa depan. Ya, tempat ini memang merupakan rumah dari JAXA dan University of Tsukuba, sebuah pusat penelotian berteknologi tinggi yang telah dikenal di seluruh dunia. Nah, jangan lupa mengunjungi Cyberdyne Studio ya kalau ke sini!

Cyberdyne Studio

wisata Jepang Ibaraki japanesestation.com
Cyberdyne Studio (tokyoweekender.com)

Ingin melihat teknologi robot ternama di dunia? Datang saja ke Cyberdyne Studio di lantai 2 Tsukuba shopping mall. Cyberdyne sendiri merupakan developer dari HAL (Hybrid Assistive Limb), sebuah robot mirip cyborg yang menolong penggunanya untuk memperluas jangkaun fisik mereka. Biasanya, benda ini digunakan bagi pasien dengan disabilitas.

Jika ingin mengikuti tur-nya, bisa melakukan reservasi terlebih dahulu dan kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melihat mekanisme HAL!

Ibaraki Barat: Rasa Tradisi yang Kental

Mengunjungi area barat Ibaraki akan membuatmu merasa masuk ke dalam mesin waktu dan melihat berbagai tradisi unik zaman dulu!

Tsumugi no Yakata

wisata Jepang Ibaraki japanesestation.com
Tsumugi no Yakata

Tempat ini didedikasikan untuk yuki tsumugi, sebuah teknik tenun sutra yang berasal dari kota Yuki dan ditetapkan sebagai Warisan Budaya oleh UNESCO. Di sini, pengunjung dapat melihat keindahan seni tradisional yang berumur lebih dari 2.000 tahun dan mempelajari tentang berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kimono. Jangan lupa untuk berkunjung ke tokonya ya! Ada berbagai aksesori cantik yang terbuat dari sutra!

Nah, itulah tempat-tempat wisata wajib di Prefektur Ibaraki. Ada yang membuatmu tertarik?