Share on

Siapa sih yang tidak kenal dengan Doraemon? Si robot kucing berwarna biru yang sangat terkenal tidak hanya di Jepang, namun di seluruh dunia dan juga di Indonesia. Tim Japanese Station bersama Japan National Tourism Organization Indonesia (JNTO-ID) berkesempatan untuk mengunjungi kota Takaoka di prefektur Toyama wilayah Chubu, tempat kelahiran Hiroshi Fujimoto alias Fujiko F. Fujio yang tidak lain tidak bukan adalah pencipta Doraemon.

Di kota ini, terdapat sebuah museum yang menceritakan kisah hidup dan awal mula Fujiko F. Fujio memulai karirnya sebagai mangaka. Museum ini berlokasi  di lantai dua Takaoka Art Museum Nakagawa, Takaoka, di prefektur Toyama. Karena kota ini merupakan kampung halamannya Fujiko F. Fujio, selain museum juga terdapat beberapa tempat yang berkaitan dengan Doraemon seperti Doraemon Walking Road, Doraemon Post, Takaoka Otogi Forest Park (replika taman bermain doraemon), hingga menaiki Trem bertemakan Doraemon.

Memasuki Fujiko F. Fujio Hometown Art Gallery

Setelah masuk ke Takaoka Art Museum dan naik ke lantai dua, kalian akan melihat 'pintu kemana saja' dengan ukuran besar yang mana inilah tempat masuk ke galeri museum tersebut. Harga tiket masuknya sendiri yaitu sebesar 500 yen (dewasa dan mahasiswa), 300 yen (siswa sekolah menengah dan awal), 200 yen (anak berusia 4 tahun keatas), dan gratis untuk anak dibawah 3 tahun.

 

Setelah masuk kalian akan menemukan sebuah kotak kayu yang dibuat sendiri oleh Fujiko F. Fujio yang menampilkan video singkat tentang kenangan masa kecilnya di kota ini. Tidak jauh dari kotak kecil tersebut terdapat sebuah kertas berisi tulisan yang ternyata itu adalah surat balasan dari mangaka legendaris Osamu Tezuka, seperti yang diketahui bahwa Fujiko F. Fujio sangat mengagumi karya-karya dari Osamu Tezuka ini dan sempat mengirimkan surat kepada beliau dan ternyata dibalas langsung olehnya.

Perjalanan Karir Fujiko F. Fujio

Di area yang lebih dalam terdapat sebuah galeri yang menampilkan hasil karya Fujiko F. Fujio saat masih duduk di bangku SMP. Ia sangat gemar menggambar dan membuat manga sejak kecil, di galeri ini kalian dapat melihat sebuah manga berjudul “Yoykai-tou” yang ia buat dan ia susun sendiri saat berumur 14 tahun. Setelah lulus sekolah, ia memulai debutnya sebagai mangaka dan membuat komik strip untuk sebuah surat kabar.

Di area awal merupakan kisah hidupnya saat berada di Takaoka, lebih dalam lagi adalah area dimana ia memutuskan untuk meninggalkan kota kelahirannya untuk melanjutkan karirnya di Tokyo. Disini ditampilkan juga sebuah koper yang dinamakan 'Koper Mimpi', merupakan koper yang selalu ia bawa di setiap perjalanan untuk mencapai mimpinya menjadi mangaka yang hebat. Alat-alat favorit yang selalu ia gunakan juga ditampilkan disini seperti kuas, pensil, tinta merepresentasikan ketekunannya dalam bekerja.

“Aku adalah “Nobita” ketika masih kecil, anak pemalu yang lahir di Takaoka, jatuh cinta dengan manga, dan pada akhirnya menjadi seniman manga hebat yang mewakili Jepang”- Hiroshi Fujimoto

Beberapa karya orisinilnya juga ditampilkan disini, semua adalah hasil gambar asli yang dibuat olehnya. Beberapa karya masterpiece seperti Doraemon, Umeboshi Denka, Pāman, 21 Emon, Mojako, Dojita Dojirō no Kōun, dan masih banyak lagi. Masuk ke bagian lebih dalam, terdapat galeri spesial yang menampilkan cetakan asli serta ruangan dimana kalian bisa menonton beberapa video pendek original Fujiko F. Fujio.

Kalian juga bisa membeli beberapa merchandise seperti boneka, gantungan kunci, coklat, hingga 'Roti Pengingat Doraemon' yang bila dimakan kalian akan bisa mengingat apapun yang kalian tulis di roti tersebut, tentunya itu hanya terjadi di dalam ceritanya saja ya. Setelah itu kalian bisa menemukan patung Doraemon yang terbuat dari tembaga, Takaoka sendiri juga terkenal karena kerajinan tembaga, lho.

Wisata Doraemon di Takaoka

Selain Museum, ada beberapa tempat bertemakan Doraemon yang bisa kalian kunjungi di Takaoka, seperti Doraemon Post yang berada di lantai satu Takaoka Station, sebuah kotak pos berbentuk Doraemon dibuat dari bahan tembaga khas kota ini. Lalu tepat di depan Takaoka Station kalian bisa mendatangi Doraemon Walking Road di Wing Wing Square. Terdapat dua belas patung berbentuk karakter-karakter Doraemon yang sedang menari dengan pose dan ekspresi wajah yang ceria, dengan melihatnya saja tanpa disadari kalian akan ikut merasa gembira.

Kalian juga bisa menaiki kereta trem dengan desain Doraemon yang sangat lucu, kereta ini berada di jalur Manyo Line dan menghubungkan Takaoka dan Imizu, biaya untuk menaiki trem ini sekitar 150 yen sampai 350 yen dengan waktu tempuh 49 menit (dari Takaoka Station menuju Koshinokata). Setelah memasuki pintu kereta yang berbentuk pintu kemana saja, kalian akan melihat seisi kereta dihiasi dengan desain Doraemon yang sangat lucu.

Sebagian besar tempat wisata di Takaoka berlokasi di tengah kota dan dekat dengan stasiun Takaoka. Takaoka sendiri memiliki dua stasiun kereta utama yaitu, Stasiun Takaoka dan Stasiun Shin-Takaoka. Stasiun Takaoka terletak di pusat kota dan melayani jalur kereta lokal, trem, serta bus. Sedangkan stasiun Shin-Takaoka berada sekitar dua kilometer di arah selatan dan melayani JR Hokuriku Shinkansen. Kedua stasiun dihubungkan oleh jalur JR Johana Line dan akan sangat membantu bila kalian memiliki JR Pass karena bisa lebih menghemat biaya.

Rute menuju Fujiko F. Fujio Hometown Art Gallery

Museum ini berlokasi di 2F, Takaoka Art Museum, 1-1-3- Nakagawa, Takaoka-shi, Toyama-ken, 933-0056, Jepang. Beroprasi setiap hari kecuali hari minggu dan tanggal merah akhir tahun, buka dari jam 9:30 pagi hingga jam 5.00 sore. Dari stasiun Shin-Takaoka, kalian bisa menaiki bus menuju stasiun Toyama melalui stasiun Takaoka, lalu berjalan kaki sekitar 2 menit dari halte bus Nakagawa. Sedangkan jika dari stasiun Takaoka, Kalian bisa berjalan kaki sekitar 20 menit (kurang lebih sekitar 2km) atau dengan menaiki kereta JR Himi Line lalu berjalan kaki 2 menit dari stasiun Ecchu-Nakagawa, atau dengan Manyo Line lalu berjalan kaki 10 menit dari Shikino-Chugakko-Mae. Kalian juga bisa menaiki bus menuju Takaokashimin Hospital, lalu berjalan kaki 1 menit dari halte bus Kogei-Koko-Mae.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke kota kelahiran Doraemon ini?