Share on

Jika berbicara tentang tempat wisata di Jepang, pasti kebanyakan orang bakal menjawab dengan tempat-tempat wisata terkenal seperti Tokyo Tower, Tokyo Disneyland, Gunung Fuji dan lain-lain. Tapi sebenarnya, Jepang masih punya banyak tempat wisata menarik lain, lho. Misalnya, tempat-tempat wisata di Prefektur Kochi, Jepang yang merupakan tempat kelahiran Ryoma Sakamoto.

Prefektur Kochi (高知) berlokasi di barat daya kepulauan Shikoku, Jepang. Tempat ini terkenal dengan keindahan alam dan sungainya. Tak hanya itu, Kochi juga dikenal akan pasar dan warung-warung makan sederhananya. Karena itu, Kochi cocok buat kamu yang mencari tempat wisata yang masih “alami”.

Nah, tempat menarik apa saja yang ada di Kochi?

Kastil Kochi (Kochi-jo)

6 Tempat Wisata Menarik di Kochi, Jepang
Kastil Kochi (visitkochijapan.com)

Kastil Kochi adalah bangunan paling mencolok di Kota Kochi yang dikelilingi dengan 15 bagian kastil, taman-taman cantik, dan sebuah parit yang indah. Kastil yang dibangun pada tahun 1603 ini sempat terbakar di kebakaran hebat pada tahun 1727 dan dibangun kembali pada tahun 1749, membuatnya menjadi satu-satunya kastil di Jepang yang seluruh bagian bangunannya dibuat kembali.

Dari menara utama, kamu bisa memandang seluruh penjuru Kochi yang indah. Sangat sayang untuk dilewatkan. Jika kamu ingin mencoba masuk dan menejelajahi isi kastil ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 500 yen saja.

Sunday Market

6 Tempat Wisata Menarik di Kochi, Jepang
Sunday Market di Kochi (visitkochijapan.com)

Sunday Market adalah pasar kaget yang dapat kamu temukan di sepanjang jalan di Kochi saat hari Minggu. Biasanya, pasar ini terbentang mulai dari gerbang utama Kastil Kochi hingga sekitar 1 kilometer dari situ. Di sini, kamu bisa melihat interaksi warga setempat dengan aksennya yang khas. Tempat ini juga merupakan tempat yang cocok untuk membeli oleh-oleh karena banyak sekali barang-barang yang dijual di sini, mulai dari makanan khas hingga hasil kerajinan khas Kochi.

Untuk mencapai tempat digelarnya Sunday Market cukup mudah, kamu hanya perlu berjalan sekitar 10 menit dari Stasiun Kochi. Sunday Market bisa kamu temukan di Kochi di hari MInggu mulai dari pukul 05.00-18.00 JST.

Hirome Ichiba

6 Tempat Wisata Menarik di Kochi, Jepang
Hirome Ichiba (visitkochijapan.com)

Jika kamu lapar, HIrome Ichiba bisa jadi pilihan tepat. Tempat ini menyediakan berbagai makanan local dan internasional. Lebih dari 65 kios makanan ada di sini, yang dijualnya pun beragam, mulai dari makanan berbahan dasar ikan, hingga bir. Hirome Ichiba merupakan tempat makan yang nyaman dengan banyak meja panjang dan luas. Makanan paling populer di sini adalah Katsuo no Tataki (tataki ikan cekalang) dan ikan tuna bakar.

Hirome Ichiba dekat dengan Kastil Kochi, jadi bisa sekalian deh!

Kochi Perfectural Makino Botanical Garden

6 Tempat Wisata Menarik di Kochi, Jepang
Kochi Botanical Garden (visitkochijapan.com)

Kochi Perfectural Makino Botanical Garden yang berlokasi di Godaisan, Kochi ini merupakan salah satu kebun raya terluas di Jepang. Di area kebun raya ini ada rumah kaca yang memiliki banyak tanaman unik, salah satunya tumbuhan dengan daun berbentuk ikan mas. Tanaman-tanaman di sini juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh lho!

Pantai Katsuharama

6 Tempat Wisata Menarik di Kochi, Jepang
Pantai Katsuharama (vivitkochijapan.com)

Pantai Katsuharama merupakan salah satu tempat dengan keindahan alam tercantik di Kochi, membuatnya menjadi lokasi memandang bulan terpopuler. Di sudut pantai, ada tebing kecil rendah dengan kuil kecil di atasnya.

Selain itu, di area ini juga ada patung tokoh terkenal Jepang asal Kochi, Ryoma Sakamoto. Ada juga Aquarium Katsuharama, dan beberapa restoran yang menyajikan Katsuo no Tataki.

6 Tempat Wisata Menarik di Kochi, Jepang
Patung Ryoma Sakamoto di Pantai Katsuharama (visitkochijapan.com)

Perlu diingat, di pantai ini kamu dilarang untuk berenang ya!

Sungai Niyodo/Nakatsu Gorge

6 Tempat Wisata Menarik di Kochi, Jepang
Nakatsu Gorge (visitkochijapan.com)

Sungai Niyodo adalah salah satu dari dua sungai yang menjadi batas Prefektur Kochi. Di area sungai ini, ada berbagai macam kegiatan menarik, mulai dari berenang, memancing, hingga mengendarai houseboat. Selain itu, ada tur di atas rakit bagi kamu yang mencari kegiatan asyik namun tetap santai.

Area ini juga terkenal dengan Niyodo Blue, sungai berwarna biru jernih yang misterius. Air berwarna jernih inilah yang membuat Sungai Niyodo jadi populer.

Kalau ke Jeoang, jangan lupa ke Kochi ya!