Share on

Kochi di selatan wilayah Shikoku dikenal sebagai area indah yang dikelilingi gunung-gunung cantik dan sungai-sungai jernih. Dan ternyata tak hanya itu, Kochi juga menyimpan banyak tempat bersejarah lho! Apa saja, ya?

Kuil Burakuji (Harta Nasional Jepang)

Kuil Burakuji (tsunagujapan.com)
Kuil Burakuji (tsunagujapan.com)

Kuil Buddha yang didedikasikan sebagai tempat bersemayamnya jiwa-jiwa para dokter ini sudah berdiri sejak tahun 1200, membuatnya menjadi bangunan tertua di Shikoku. Malah tanah tempat berdirinya kuil ini sudah disucikan sejak tahun 724, jauh sebelum kuil didirikan. Bangunan yang merupakan salah satu Harta Nasional Jepang ini juga memiliki patung Buddha di dalamnya. Lokasinya juga cukup strategis, bisa dicapai dengan 30 menit jalan kaki dari Stasiun JR Otaguchi.

Kastil Kochi

Kastil Kochi (tsunagujapan.com)
Kastil Kochi (tsunagujapan.com)

Kastil Kochi merupakan tempat tinggal daimyo yang memimpin Kochi saat Zaman Edo. Menara, aula dan gerbangnya yang telah berdiri sejak 300 tahun lalu ini masih kokoh hingga kini. Tempat ini wajib banget dikunjungi para pecinta kastil dan kamu yang hobi fotografi. Kapan lagi bisa memotret menara sekaligus gerbang mewahnya hanya dalam satu kali jepret saja?  

Untuk menuju ke sini, tinggal jalan kaki selama 25 menit dari Stasiun JR Kochi.

Kuil Hotsumisakiji

Kuil Hotsumisakiji (tsunagujapan.com)
Kuil Hotsumisakiji (tsunagujapan.com)

Kuil ini merupakan pemberhentian ke-24 dari rute  ziarah 88 kuil Shikoku. Selain berkunjung ke kuil ini, kamu juga bisa sekalian mampir ke Cape Muroto Lighthouse yang terletak tak jauh dari Kuil Hotsumisakiji. Dari puncak mercusuar, kamu akan melihat pemandangan cantik Samudera Pasifik!

Ingin mengunjunginya? Naik saja bus selama satu jam dari Tosa Kuroshio Railway di Stasiun Nahari.

Kuil Enkoji

Kuil Enkoji (tsunagujapan.com)
Kuil Enkoji (tsunagujapan.com)

Kuil Enkoji merupakan spot ke-39  dari rute ziarah kuil Shikoku. Kuil ini dibangun pada tahun 724 di bawah perintah kaisar. Di halamannya, kamu akan menemukan sebuah patung penyu dengan loenceng tembaga di atas tempurungnya. Konon, lonceng tersebut dibawa oleh seekor penyu merah ke kuil ini pada tahun 911.  

Kuil ini bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 30 menit dari Tosa Kuroshio Railway di Stasiun Hirata

Gua Ryugado

Gua Ryugado (tsunagujapan.com)
Gua Ryugado (tsunagujapan.com)

Gua Ryugado adalah sebuah gua dengan panjang 4 km dan merupakan gua terpanjang ke-3 di Jepang setalah Gua Ryusendo di Iwate dan Gua  Akiyoshido di Yamaguchi. Tempat ini merupakan salah satu situs sejarah yang di dalamnya ditemukan sebuah tembikar di antara stalaktit yang dinamai  "God's Vessel".

Kamu bisa mencapai tempat ini dengan 20 menit menumpangi bus dari Stasiun JR Tosa-Yamada.