Share on

Mungkin kamu sudah sering  mendengar nama “Tokyo Dome” kan? Ya, Tokyo Dome yang dibangun pada tahun 1989 ini merupakan stadion beratap kubah  pertama di Jepang. Setelah Tokyo Dome selesai dibangun, beberapa prefektur lain mengikuti jejaknya. Dengan kapasitasnya yang besar dan dapat menampung puluhan ribuan orang, tentunya stadion-stadion ini sering digunakan untuk pertandingan baseball dan konser besar, benar-benar surga bagi penggemar olahraga dan pecinta musik! Nah, buat kamu para penggemar olahraga yang bercita-cita ingin menonton pertandingan baseball di salah satu stadion beratap kubah ini, berikut 6 stadion atap kubah besar di Jepang!   

Tokyo Dome

Stadion atap kubah japanesestation.com
Tokyo Dome (tsunagujapan.com)

Tokyo Dome adalah stadion berkubah pertama di Jepang dan merupakan home ground dari tim baseball Yomiuri Giants. Stadion ini sangat strategis, terletak di jantung kota Tokyo dan dikelilingi dengan berbagai pusat perbelanjaan, taman hiburan, city hall, restoran, hotel dan berbagai fasilitas lain, membentuk sebuah kompleks hiburan yang dikenal sebagai Tokyo Dome City. Sebelum menyaksikan event, para pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berbelanja atau menghindari kerumuman orang dengan makan malam di salah satu restorannya sebelum pulang. Karena tempatnya inilah, Tokyo Dome bukan hanya menjadi tempat populer bagi pertandingan baseball dan konser, tapi juga olahraga internasional lain seperti bola basket, American football dan gulat profesional. Event evening illumination di musim dinginnya juga sangat populer lho!  

Stadion atap kubah japanesestation.com
Bagian dalam Tokyo Dome (tsunagujapan.com)

Fukuoka PayPay Dome

Stadion atap kubah japanesestation.com
Fukuoka PayPay Dome (tsunagujapan.com)

Fukuoka PayPay Dome adalah stadion yang menjadi home ground dari tim baseball Fukuoka SoftBank Hawks. Stadion ini hanya berjarak hanya sekitar 15 menit dari stasiun subway terdekat. Di sebelah Fukuoka PayPay Dome ada berbagai mall dan restoran yang bebas kamu pilih. Gak cuma itu, masih ada Hilton Fukuoka Sea Hawk hotel, OPA department store, toko souvenir baseball DOGOT, dan Sadaharu Oh Baseball Museum, surga buat para fans baseball. Pasti gak akan bosan deh menunggu pertandingan mulai!

Stadion atap kubah japanesestation.com
Fukuoka PayPay Dome dilihat dari atas (tsunagujapan.com)

Nah, yang bikin Fukuoka PayPay Dome pesial adalah karena stadion ini merupakan stadio pertama dan satu-satunya di Jepang yang memiliki sebuah atap  yang dapat dibuka. 

Kyocera Dome Osaka

Stadion atap kubah japanesestation.com
Kyocera Dome Osaka (tsunagujapan.com)

Berikutnya, ada Kyocera Dome Osaka, home field dari tim baseball Orix Buffaloes, tapi saat turnamen baseball musim panas Koshien, stadion ini dipinjamkan ke Hanshin Tigers sebagai stadion sementara mereka. Stadion ini dikenal dengan desainnya yang unik, terlihat seperti UFO raksasa dengan atap bulat berwarna silver dengan ujung bergelombang yang futuristik. Dengan sebuah lantai underground dan 9 lantai, stadion ini menjadi stadion tertinggi di antara stadion berkubah lain. Sayangnya, karena tempat yang terbatas, hanya ada 2 lantai yang bisa digunakan sebagai viewing platform.

Stadion atap kubah japanesestation.com
Bagian dalam Kyocera Dome Osaka (tsunagujapan.com)

Stadion ini terletak di Nishi-ku, Osaka, tepat di sebelah the Osaka Gas Building dan dibangun bersama dengan sebuah mall besar di dalamnya (sekarang sudah menjadi AEON shopping center).