Share on

Masih ingatkan kalian dengan istilah trem? Trem yang dulu sempat populer di berbagai negara menjadi alat transportasi dalam kota kini sudah banyak ditinggalkan orang dengan banyak alasan kepraktisan. Akan tetapi keberadaannya tidak bisa dipandang setengah mata dan dapat dijadikan sarana rekreasi yang unik.

Advertise With Us

Sama seperti negara-negara lain, trem juga sempat populer di Jepang pada awal abad 20. Seiring dengan perkembangan alat transportasi seperti kemunculan mobil dan kereta bawah tanah, jumlah trem pun mulai berkurang. Di beberapa tempat angkutan bersejarah ini sudah tidak ada lagi, namun tetap ada yang menggunakannya untuk mempromosikan pariwisata. Sapporo, Tokyo, dan Hakodate adalah 3 kota yang menjadikan trem sebagai daya tarik mereka. Ingin coba naik trem Jepang? Cek informasi penting di bawah ini:

Sapporo Tram Line

3-trem-jepang-yang-wajib-dicoba

Dioperasikan oleh Biro Transportasi Kota Sapporo, trem di sini memperoleh masa puncaknya pada tahun 1958 dengan 11 jalur dan 7 rute sepanjang 12 km. Sayangnya pembukaan Sapporo Municipal Subway dan peningkatan jumlah mobil menyusutkan rute perjalannya menjadi hanya tiga jalur. Akan tetapi semuanya masih bisa dicoba dengan membayar biaya yang tergantung dengan berapa jauh jarak yang dituju.

The Tokyo Toden

3-trem-jepang-yang-wajib-dicoba-1

Jaringan trem di Tokyo disebut dengan Tokyo Toden. Di masa-masa kejayaannya, Tokyo Toden memiliki 41 rute. Semua berubah ketika moda transportasi seperti bus dan kereta bawah tanah mulai berkembang. Trem di Tokyo pun mengalami penurunan jumlah rute. Kini, hanya terdapat satu rute lama yang tetap beroperasi di bagian utara dan timur yaitu Toden Arakawa Line yang dikelola oleh Biro Transportasi Metropolitan Tokyo.

The Hakodate Tram Line

3-trem-jepang-yang-wajib-dicoba-2

Hakodate Tram Line dikelola oleh Biro Transportasi Hakodate dengan catatan 6 jalur dan 12 rute pada masa puncaknya. Sayangnya nasib Hakodate Tram Line pun tak jauh berbeda dengan Tokyo Toden dan Sapporo Tram di mana jumlah penumpang menurun seiring perkembangan zaman hingga hanya memiliki 4  jalur dan 2 rute saja (Yunokawa dan Jujigai). Untuk yang penasaran, trem Hakodate bisa dicoba dengan mudah karena bisa saja datang setiap 5 menit sekali dan setiap 20 menit sekali pada malam hari.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo rasakan sensasi naik trem Jepang sebelum semuanya termakan oleh perkembangan zaman!