Share on

Ingin berwisata ke pulau yang dipenuhi kuil? Datang saja ke Pulau Miyajima! Nah, apa sih Pulau Miyajima itu? Dilansir dari Japan Guide, Miyajima (宮島/Pulau Kuil) adalah sebuah pulau kecil yang memiliki banyak kuil dan terletak kurang dari 1 jam dari kota Hiroshima serta dikenal dengan gerbang torii besarnya yang "mengapung" di atas air. Pemandangan unik ini disebut-sebut sebagai salah satu pemandangan terbaik Jepang lho! Pulau yang memiliki nama asli Itsukushima ini juga dikenal  sebagai sebuah tempat romantis, karena itu, cara terbaik menikmati Miyajima adalah dengan menginap di ryokan pulau ini. Nah, mari kita berpetualang di "pulau kuil", Pulau Miyajima ini!

Advertise With Us

Mengagumi Indahnya Kuil Itsukushima

pulau kuil pulau miyajima japanesestation.com
Kuil Itsukushima (japan-guide.com)

Saat datang ke Pulau Miyajima, hal pertama yang wajib dilakukan adalah berkunjung ke Kuil Itsukushima (厳島神社, Itsukushima Jinja), kuil dengan gerbang torii unik yang "mengapung" di atas air! Selain gerbang kuilnya yang unik, kamu juga bisa mengunjungi baguan lain dari kompleks kuil, seperti tempat berdoa, aula utama, dan sebuah stage teater Noh. Jika ingin tahu lebih jauh tentang kuil ini, bisa baca artikel JS, Kuil Itsukushima, Kuil Mengapung di Jepang.

Setelah matahari terbenam, kuil dan gerbang toriinya akan menyala lho, sempurna buat para tamu ryokan untuk jalan-jalan malam dalam balutan yukata dan sandal geta. Tapi perlu diingat ya, kita tidak bisa masuk ke kuil setelah matahari terbenam. Tapi, jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati pemandangan cantik lampu-lampu itu dari kapal pesiar yang bisa direservasi lewat ryokan atau pusat informasi bagi turis. Asyik kan?

Hiking ke Gunung Misen

pulau kuil pulau miyajima japanesestation.com
Pemandangan dari puncak Gunung Misen (japan-guide.com)

Setelah mengagumi keindahan Kuil Itsukushima, mari mendaki Gunung Misen, gunung tertinggi di Miyajima yang menyajikan pemandangan spektakuler Laut Seto dan Kota Hiroshima dari puncaknya. Untuk menuju ke puncak, ada 3 hiking trail: Momijidani Course, Daisho-in Course dan Omoto Course. Nah, jika ingin rute terpendek, pilihlah Momijidani, tapi jika ingin rute ternyaman dengan pemandangan paling indah, pilihlah  Daisho-in. Tidak ingin hiking? Naik saja kereta gantung! Meski kamu masih harus berjalan sedikit untuk menuju ke puncaknya, lumayan kan mengurangi waktu full hiking yang bisa memakan waktu 1,5 hingga 2 jam?  

Gunung ini juga disebut-sebut sebagai gunung tempat agama Buddha pertama kali dipelajari oleh Kobo Daishi, pendiri sekte Shingon dan salah satu orang paling religious di Jepang. Karena itu, ada beberapa struktur kuil milik Kuil Daisho-in di dasar gunung.  Nah, jika ingin tahu tentang Kuil Daisho-in lebih jelas, simak pe njelasan berikutnya!

Melihat Kuil Daisho-in

pulau kuil pulau miyajima japanesestation.com
Kuil Daisho-in (japan-guide.com)

Kuil Daisho-in (大聖院, Daishōin) adalah salah satu kuil terpenting dalam agama Shingon Buddha yang terletak di dasar Gunung Misen.

Daisho-in memiliki bamnyak fitur, patung, dan obyek keagamaan lain yang dapat membuat pengunjung berdecak kagum karena keindahannya. Misalnya, Kannon-do Hall, Maniden Hall, sebuah mandala yang dibuat oleh biksu dari Tibet, sebuah ruang minum teh, dan gua berisi 88 ikon yang merepresentasikan kuil-kuil  Shikoku. Pemandangan kuil ini saat musim gugur juga sangat cantik lho!

Mengunjungi Senjokaku

pulau kuil pulau miyajima japanesestation.com
Senjokaku (japan-guide.com)

Kuil terakhir yang wajib dikunjungi di pulau ini adalah Senjokaku (千畳閣 atau "paviliun dengan 1000 lantai") alias Kuil Hokoku. Nama kuil ini mendeskripsikan luasnya bangunan tersebut yang diperkirakan memiliki luas sebanding dengan 1000 lantai tatami.

Dulunya, Toyotomi Hideyoshi, salah satu shogun pemersatu Jepang, membuat Senjokaku sebagai tempat untuk mendoakan para tentara yang tewas. Sayangnya, bangunan ini tidak pernah selesai setelah kematian Hideyoshi pada tahun 1958. Pada tahun 1872, bangunan ini pun didedikasikan untuk sang pendiri, Toyotomi Hideyoshi, dan digunakan untuk kepentingan keagaamaan hingga sekarang. Meskipun bangunannya tidak sempurna, di dekat Senjokaku ada sebuah pagoda 5 lantai cantik yang sangat menarik untuk difoto, jadi tidak sia-sia kan berkunjung ke sini?

Nah, asyik kan berpetualang di pulau kuil alias Pulau Miyajima? Jangan lupa ya jalan-jalan betulan ke Miyajima jika ke Jepang nanti!

Sumber:

Japan Guide

Japan Travel