Share on

Ingin menikmati pemandangan laut sambil mempelajari sejarah Jepang? Datang saja ke Pulau Honjima di Marugame, Prefektur Kagawa. Selain dikenal dengan pemandangan lautnya yang cantik, pulau ini juga menyimpan beberapa situs sejarah maritim Zaman Edo dan rumah khas era tersebut. 

Dilansir dari Japan Guide, Honjima (本島) merupakan pulau terbesar kedua dan yang paling maju di Kepulauan Shiwaku, sebuah kepulauan dengan 30 pulau-pulau kecil di barat Prefektur Kagawa. Selama berabad-abad, Kepuauan Shiwaku telah berperan besar dalam kehidupan maritim Laut Pedalaman Seto. Nah, karena itulah Honjima yang berperan sebagai pusat kekuatan dan pemerintahan memiliki situs-situs sejarah yang cantik dan menarik. Bahkan saking menariknya, pulau ini juga kerap dipakai sebagai lokasi syuting film!

Mari Berkeliling Honjima!

Seperti sudah disebutkan di atas pada masa kejayaannya, Pulau Honjima turut berperan dalam kehidupan maritim Laut Pedalaman Seto. Jadi, tidak aneh jika Honjima dijadikan markas bagi Angkatan Laut Shiwaku (Shiwaku Suigun) kan? Angkatan Laut Shiwaku sendiri merupakan sebuah organisasi yang diisi oleh para angkatan laut berpengalaman di Jepang yang mengontrol Kepulauan Shiwaku. Pada akhir tahun 1500-an, Toyotomi Hideyoshi sempat merekrut mereka untuk perjalanan ke Kyushu dan Korea, membuat mereka diberi penghargaan dari otoritas pemerintahan resmi Pulau Shiwaku.

Shiwaku Suigun juga memfasilitasi perdagangan di wilayah tersebut dan melakukan berbagai urusan pemerintah atas nama shogun dari kantor mereka yang terletak tidak jauh dari Pelabuhan Honjima.  Kini, bekas kantor pemerintah (Shiwaku Kinbansho) tersebut terbuka untuk umum lho! Di dalamnya ada berbagai peninggalan Shiwaku Suigun, seperti matterai resmi mereka dan buku catatan Kanrin Maru, kapal Jepang pertama yang melintasi Samudra Pasifik.

Shiwaku Kinbansho (japan-guide,com)
Shiwaku Kinbansho (japan-guide,com)

Setelah melihat-lihat ke dalam Shiwaku Kinbansho, mari berjalan-jalan menuju arah timur laut. Di sini, ada Kota Kasashima, sebuah kota pelabuhan cantik yang merupakan pusat perdagangan dan pembangunan kapal pada Zaman Edo (1600-1867). Di tempat ini, ada sekitar 20 rumah kayu yang unik. Kebanyakan dari rumah ini merupakan rumah pribadi, meski 3 di antaranya terbuka untuk umum dan menampilkan berbagai barang sehari-hari dari zaman dulu.

Kota Kasashima (japanvisitor.com)
Kota Kasashima (japanvisitor.com)

Jika berjalan kaki sedikit lagi, kamu akan menemukan reruntuhan Kastil Kasashima (juga dikenal sebagai Higashiyamajo), sebuah kastil dari Zaman Sengoku (abad ke-15 dan 16) yang seharusnya memiliki pemandangan langsung mengarah ke Laut Pedalaman Seto. Sayangnya, tidak ada yang tersisa dari kastil ini selain monumen yang menandai lokasi menara lamanya. Kini, pemandangannya juga tertutup oleh pemandangan hutannya.

Beberapa atraksi lain juga bisa dilihat di sekitar Honjima, seperti gudang unik bernama Meotogura ("gudang pasangan") dan bekas bangunan SD Mizumiiro yang menjadi lokasi syuting film tahun 2004, "Kikansha Sensei". Kedua bangunan ini berlokasi di sekitar barat pulau.

Meotogura (japanvisitor.com)
Meotogura (japanvisitor.com)
Mizumiiro Elementary School (japanvisitor.com)
SD Mizumiiro (japanvisitor.com)

Honjima juga merupakan lokasi digelarnya Setouchi Triennale, sebuah festival seni modern populer yang digelar di beberapa pulau sekitar Laut Pedalaman Seto. Beberapa instalasi dari festival tersebut terpasang permanen di sekitar Pelabuhan Honjima, wajib dikunjungi!

Bagaimana Cara Menuju ke Honjima?

Jika kamu datang dari Pulau Shikoku, bisa menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Marugame yang hanya berjarak sekitar 10 menit jalan kaki dari Stasiun JR Marugame. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 20 hingga 35 menit, tergantung pada kecepatan feri. Untuk menaikinya, kamu harus merogoh kocek sebesar 550 yen.

Jika datang dari Pulau Honshu, naiklah kapal feri dari Pelabuhan Kojima menuju Honjima. Sebelum menaiki feri, bisa menggunakan kereta dari Stasiun Okayama menuju Stasiun JR Kojima selama 30 menit.Perjalanan menggunakan feri juga memakan waktu sekitar 30 menit dan menghabiskan biaya sebesar 640 yen.  

Akomodasi di Honjima

Di Honjima sedikit sulit menemukan akomodasi yang pas, tapi kamu bisa menemukannya dengan mudah di Marugame! Pilihlah tempat yang dekat dengan Stasiun Marugame dan terminal feri seperti APA Hotel Marugame Ekimaeodori, Okura Hotel Marugame, Hotel Route-Inn Marugame, Hotel Sunroute Seto-Ohashi, dan Chisun Inn Marugame Zentsuji.

Sumber:

Japan Guide

Japan Travel

Japan Visitor