Share on

Sungguh menarik bagaimana drugstore atau toko obat telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern Jepang, seperti halnya toko serba ada. Seperti namanya, drugstore di Jepang penuh dengan produk farmasi, tetapi juga menjual kebutuhan sehari-hari seperti perlengkapan mandi dan bahan makanan. Pilihan barang yang beragam inilah yang menjadi alasan drugstore Jepang memiliki penggemar dari kalangan orang asing. Faktanya, sudah biasa orang datang ke Jepang dengan tujuan utama berbelanja di drugstore!

Advertise With Us

Meskipun relatif lebih kecil dalam hal ukuran dan jangkauan produk dibandingkan dengan toko serba ada, tetapi drugstore di Jepang menang dalam hal kualitas produk, harga, dan tentu saja, layanan pelanggan. Berikut adalah 5 hal yang membedakan drugstore Jepang dengan tempat lain!

1.       Produk Berkualitas dengan Harga yang Masuk Akal

Drugstore Jepang
Uniknya drugstore di Jepang (e.vnexpress.net)

Seperti yang disebutkan di awal, drugstore di Jepang menjual berbagai produk selain obat-obatan dan kosmetik, bahkan ada merchandise karakter kartun untuk anak-anak. Beberapa toko bahkan menawarkan produk segar seperti daging dan sayuran! Drugstore membeli barang-barang dari pabrik dengan jumlah besar, sehingga pengeluaran mereka untuk produk tersebut lebih sedikit, dan dapat mereka jual dengan harga lebih murah.

Ironisnya, obat-obatan termasuk barang yang paling tidak populer di drugstore ini. Kebutuhan sehari-hari sengaja ditambahkan untuk menarik pelanggan yang mungkin datang untuk membeli obat tergiur untuk sekalian membeli barang-barang lain. Karena obat-obatan memiliki keuntungan tertinggi di antara semua produknya, diskon besar untuk produk non-obat benar-benar bernilai di drugstore. Terbukti bahwa strategi pemasaran mereka efektif!

2.       Memberikan Dukungan Perawatan Kesehatan untuk Pelanggan

Drugstore Jepang
Uniknya drugstore di Jepang (livejapan.com)

Lebih dari sekadar toko diskon untuk kebutuhan pokok yang murah, biasanya ada farmasi yang menempel di drugstore Jepang, untuk membantu keluhan pelanggan. Banyaknya pilihan obat bebas untuk penggunaan internal atau eksternal mencakup hampir semua situasi. Jika kamu merasa tidak enak badan, drugstore di Jepang dapat membantu menyembuhkan kamu dalam sekejap.

3.       Produk Farmasi Tersertifikasi

Drugstore Jepang
Uniknya drugstore di Jepang (medium.com)

Jepang dikenal secara internasional karena pengawasan ketatnya terhadap produk obat-obatan. Itu berarti semua produk farmasi yang tersedia di pasaran telah disetujui secara ilmiah untuk penggunaan yang aman, itulah sebabnya banyak orang berduyun-duyun ke Jepang untuk mencari obat.

Jaminan ini tidak hanya berlaku untuk obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, tetapi juga obat-obatan umum yang dapat diperoleh tanpa resep. Dan kemampuan untuk dengan mudah mendapatkan obat-obatan yang terjamin kualitasnya adalah salah satu hal yang disukai oleh penduduk lokal dan turis dari drugstore di Jepang. Selain itu, kemasan obat-obatan Jepang sangat unik dan bahkan menggemaskan, sehingga orang-orang tidak merasa mereka sedang mengkonsumsi obat.

4.       Produk Kosmetik Berkualitas dengan Harga Murah

Kosmetik
Produk kosmetik yang dijual di drugstore Jepang (bemusedworld.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, "Puchipura", atau kosmetik harga mungil, telah menjadi hal yang populer di kalangan wanita muda Jepang. Ini adalah produk berkualitas yang dijual dengan harga terjangkau tanpa mengorbankan kualitas. Produsen kosmetik besar di Jepang memperhatikan tren ini dan bersaing ketat satu sama lain untuk membuat produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Kamu bisa menemukan banyak kosmetik Puchipura yang dijual di drugstore Jepang, yang dikenal sebagai tempat terdekat dan termudah untuk mendapatkannya bagi kebanyakan orang. Jika kamu tidak yakin mana yang harus dibeli, jangan khawatir, karena penguji dan sampel tersedia untuk dicoba.

5.       Belanja Bebas Pajak untuk Turis Asing

Bebas Pajak
Belanja bebas pajak di drugstore Jepang (onehundredml.com)

Semakin banyak drugstore di Jepang yang menyediakan belanja bebas pajak untuk memenuhi minat yang meningkat pada produk mereka di kalangan turis asing. Revisi undang-undang bulan Oktober 2014 memiliki dampak yang sangat besar. Sebelum revisi, bahan makanan, produk farmasi, dan kosmetik tidak tercakup dalam program bebas pajak. Sekarang, jika mereka memenuhi beberapa persyaratan, mereka dapat dibebaskan dari pajak. Ada dua kategori utama toko bebas pajak di Jepang.

1) Toko bebas bea: Toko yang berlokasi di bandara internasional. Produk yang dibeli di sini dibebaskan dari bea masuk.

2) Toko bebas pajak: Toko obat, pengecer elektronik, dll. Produk yang dibeli di sini dibebaskan dari pajak konsumsi Jepang sebesar 8%.

Drugstore termasuk dalam kategori kedua. Keuntungan ini hanya tersedia untuk turis asing dan merupakan salah satu alasan utama dari peningkatan pesat jumlah wisatawan di Jepang.