Share on

Jepang adalah negara yang menjaga tradisi, kebiasaan tersebut bahkan yang telah berumur ratusan tahun dapat kembali terlihat dengan jelas saat matsuri atau festival perayaan di Jepang. Saat ini di Jepang mulai memasuki musim panas, dan festival musim panas di Jepang adalah salah satu hal yang paling menarik di Jepang, buat kalian yang merencanakan untuk liburan ke Jepang pada musim panas ini belum lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi event-event atau festival musim panas yang diadakan di sana. Berikut ini akan diberikan beberapa pilihan acara festival musim panas pada bulan Juli-Agustus yang dapat kalian kunjungi di kawasan Tokyo.

Advertise With Us

Mitama Matsuri (13-16 Juli)

Festival Musim Panas di Tokyo Bulan Juli-Agustus
Mitama Festival (Gambar tokyobling.wordpress.com)

Mitama Matsuri diadakan di Kuil Yasukuni yang juga merupakan salah satu tempat bersejarah yang memiliki kenangan kelam di kawasan Tokyo dan menjadi salah satu festival musim panas terbesar yang ada di Tokyo. Mitama Matsuri diadakan pada tanggal 13-16 Juli setiap tahunnya yang biasanya adalah masa Obon di Jepang, namun kini Obon diadakan pada bulan Agustus. Pada festival ini akan terpajang 30000 lentera yang didedikasikan untuk arwah yang meninggal pada masa Perang Dunia ke 2. Pada festival ini banyak sekali atraksi-atraksi menarik yang dapat dinikmati terutama pada malam hari.

Sumidagawa Fireworks Festival (27 Juli)

Festival Musim Panas di Tokyo Bulan Juli-Agustus
Sumidagawa Festival (Gambar giapponeinitalia.org)

Sumidagawa Fireworks Festival adalah acara tahunan yang diadakan pada setiap hari Sabtu terakhir di bulan Juli di kawasan Sungai Sumida, Tokyo. Pada festival ini akan diluncurkan rentetan kembang api yang dimulai dari jam 7 malam dan akan berlangsung selama sekitar 90 menit. Festival ini menarik banyak sekali pengunjung yang mencapai lebih dari 1 juta orang setiap tahunnya. Pada festival ini juga banyak sekali pengunjung yang mengenakan pakaian tradisional seperti yukata dan juga kimono. Untuk tahun 2019 ini Sumidagawa Fireworks Festival jatuh pada tanggal 27 Juli dan jika kondisi cuaca buruk makan acara tersebut akan diundur ke hari berikutnya.

Fukagawa Festival

Festival Musim Panas di Tokyo Bulan Juli-Agustus
Fukagawa Festival (Gambar ikimasho.net)

Fukagawa Festival atau yang dulunya bernama Fukagawa Hachiman Festival adalah satu dari tiga festival Shinto terbesar di Tokyo disamping Kanda Festival dan Sanno Festival. Fukagawa Festival ini diadakan setiap tahunnya pada pertengahan bulan Agustus dan berlokasi di sekitar Kuil Tomioka Hachiman Tokyo. Festival ini juga akan berlangsung selama 5 hari dan pada salah satu harinya akan menampilkan parade mikoshi atau kuil portabel dan para penonton yang berada di pinggir akan melemparkan air selama prosesi tersebut yang dipercaya tidak hanya orang yang mengangkat mikoshi tapi para dewa juga akan menikmati segarnya air di tengah musim panas yang menyengat, dan air juga dipercaya menjadi simbol dari pemurnian.

Shinjuku Eisa Festival

Festival Musim Panas di Tokyo Bulan Juli-Agustus
Shinjuku Eisa Festival (Gambar gotokyo.org)

Eisa adalah sebuah pertunjukan tari tradisional yang berasal dari prefektur Okinawa, dan pada festival ini akan menampilkan pertunjukan grup tari dengan memakai kostum dan instrumen musik tradisional yang berlangsung di pusat Shinjuku sepanjang hari. Shinjuku Eisa Festival ini diadakan pada akhir bulan Juli setiap tahunnya.

Koenji Awaodori Festival (24-25 Agustus)

Festival Musim Panas di Tokyo Bulan Juli-Agustus
Koenji Awaodori Festival (Gambar spoon-tamago.com)

Berasal dari prefektur Tokushima, Awaodori adalah jenis tarian tradisional dengan sejarah ratusan tahun dan festival ini mulai diadakan di Tokyo sejak tahun 1956 dan menjadi festival Awaodori kedua terbesar di Jepang setelah Awaodori Festival yang diadakan di Tokushima. Pada festival ini akan menampilkan lebih dari 10000 penari Koenji Awaodori Festival ini diadakan pada tanggal 24-25 Agustus  yang dimulai pada pukul 17.00 di Koenji Tokyo.

  Featured Image : the.rainbowholic.me