Share on

Mikuni adalah daerah pelabuhan di prefektur Fukui yang makmur berkat kapal kargo yang berlabuh pada masa lalu. Di Kuil Mikuni yang terletak di kota ini, diadakan festival yang disebut sebagai Festival Mikuni yang diadakan pada tanggal 19 – 21 Mei setiap tahunnya.

Advertise With Us

Festival yang bisa dipenuhi hingga 100.000 pengunjung ini memiliki 400 stall yang disebut 'Roten' sepanjang jalan parade. Festival Mikuni dimeriahkan dengan adanya mikoshi serta enam dashi setinggi enam meter yang ditarik di jalanan sampai malam.

Bertemu dengan Samurai Raksasa di Festival Mikuni
©三国祭保存振興会

Mikoshi (神輿) adalah tandu yang diyakini orang Jepang dinaiki oleh dewa Shinto untuk berpergian. Untuk manusia biasa dapat menaiki alat transportasi yang mirip yang disebut dashi (山車). Pada bagian atas dashi yang ditarik pada festival ini didekorasi berbentuk samurai Jepang atau tokoh terkenal lainnya. Ekspresi serius dan tingginya tokoh diatas dashi yang menjulang tersebut membuat mereka tampak seperti samurai raksasa yang gagah sekaligus mengintimidasi.

Bertemu dengan Samurai Raksasa di Festival Mikuni
©三国祭保存振興会

Di bagian depan dan belakangnya berdiri orang-orang dengan tongkat untuk menyingkirkan kabel listrik dan batang pepohonan supaya dekorasi itu tidak tersangkut. Dikatakan bahwa sebelum ada kabel listrik, dulu tinggi dashi bisa mencapai 11 meter.

Bertemu dengan Samurai Raksasa di Festival Mikuni
©三国祭保存振興会

Di dalam dashi duduk para pemain musik seperti taiko yang dipukul oleh anak-anak dan pemain seruling Jepang. Sementara itu para pengiringnya menarik dashi beroda ini untuk berparade di jalanan kota.

Festival Mikuni Tanggal: 19 - 21 Mei Lokasi: Kuil Mikuni, Mikunicho Sanno, Sakai, Fukui

 

All images: Mikuni Matsuri Sources: festivalgo.huber-japan, KansaiMatsuri