Share on

Jepang tak hanya soal gaya Harajuku atau Gunung Fuji saja. Negeri Matahari Terbit ini punya aneka kuliner khas yang mampu mengoyang lidah traveler manapun. Dari sushi, takoyaki hingga ramen, Jepang pantas disebut sebagai surga kulinernya dunia!

jepangfood (4) Wisata ke Jepang artinya berwisata kuliner. Terang saja, banyak makanan khas Jepang yang sudah mendunia dan malah mudah ditemukan di negara-negara lain. Namun, ada rasa yang beda saat Anda mencicipi kuliner Jepang di negaranya langsung. Siapa sih yang tak tahu sushi, tempura, ramen atau udon? Itulah beberapa contoh makanan khas Jepang yang sudah tersohor. Bahkan, situs CNN Travel seperti dilongok detikTravel, Kamis (12/6/2014) menyebut kalau ada 40 makanan khas Jepang yang paling disukai dan mendunia!

jepangfood (3) Situs CNN Travel terang-terangan memuji Jepang sebagai surga kuliner. Di kala teknologi begitu maju pesat di sana, soal kuliner Jepang seolah tak pernah terlupakan. Makanan asli Jepang seolah tidak pernah ditelan zaman dan masih terus eksis. Tempura, bisa dibilang masakan khas Jepang yang bisa dengan mudah Anda temukan di mana-mana termasuk di Indonesia. Tempura berupa ikan dan sayur-sayuran yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin. Kemudian, digoreng dengan minyak goreng hingga berwarna kuning muda. Tempura mulai dikenal dunia pada abad ke-16, saat pelaut dari Eropa datang dan memakannya. Kuliner khas Jepang yang terkenal lainnya adalah ramen, yakni mie kuah yang berisi daging seperti ayam atau sapi, telur rebus, rumput laut, bawang, sayuran dan rempah-rempah lainnya. Biasanya, ramen di Tokyo disajikan dalam satu mangkuk yang besar. Rasanya sungguh lezat dan gurih.

jepangfood (2) Camilan khas Jepang berupa bola-bola kecil yang terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi potongan gurita di dalamnya adalah takoyaki. Takoyaki biasanya dijual dalam satu set atau satu kotak, yang berisi 6-12 takoyaki.

jepangfood (1) Berikut 40 kuliner khas Jepang yang tak boleh Anda lewati saat jalan-jalan ke Negeri Sakura: 1. Gindara saikyo-yaki 2. Horsemeat 3. Warabi mochi 4. Umi-budo 5. Sushi 6. Chirashi-don 7. Tonkatsu 8. Wagyu 9. Tempura 10. Ramen 11. Satsuma-age 12. Te-uchi soba 13. Sanuki udon 14. Japanese curry rice 15. Yaki-imo 16. Taimeshi 17. Takoyaki 18. Kabayaki 19. Ochazuke 20. Onigiri 21. Tofu 22. Natto 23. Okonomiyaki/monjayaki 24. Nabe 25. Miso 26. Mochi ice cream 27. Namero 28. Gyoza 29. Taco rice 30. Naporitan spaghetti 31. Yakitori 32. Oden 33. Rare cheesecake 34. Dojo (loach) 35. Tamago-yaki 36. Taiyaki 37. Sekihan 38. Tsukemono 39. Karaage 40. Maccha Latte