Share on

Musim panas di Jepang bisa terasa sangat panas dan juga lembab, namun selain itu terdapat juga banyak hidangan enak yang hanya bisa dinikmati saat musim panas. Makanan musim panas berikut ini tidak hanya enak untuk dinikmati tetapi juga kaya akan nutrisi yang dapat menjaga tubuh kita dari kelelahan akibat musim panas yang menyengat. Inilah daftar 5 makanan musim panas yang baik untuk tubuh kita.

01. Zaru-soba

5 Makanan Musim Panas di Jepang yang Baik Buat Tubuh Kita!
Zaru-soba (Gambar onegreenplanet.org)

Zaru-soba adalah mi Soba dingin yang dihidangkan diatas baki bambu yang terlihat menyegarkan. Sebelum disantap mi Soba ini dicelupkan terlebih dahulu kedalam saus atau kuah yang datang dalam tempat terpisah. Soba ini juga kaya dengan protein dan mengandung Vitamin B1 dan B2, dan juga dapat membantu menjaga gula darah.

02. Zaru-udon

5 Makanan Musim Panas di Jepang yang Baik Buat Tubuh Kita!
Zaru-udon (Gambar asahiimports.com)

Zaru-udon adalah mi Udon yang dihidangkan diatas baki bambu dan dicelupkan ke dalam kuah terpisah sama seperti Zaru-soba, Namun tidak seperti soba, Udon memiliki bentuk yang lebih tebal dan terbuat dari tepung gandum, Udon juga lebih mudah dicerna dan memiliki lebih sedikit serat dibandingkan Soba. Udon juga mengandung protein yang tinggi dan rendah kalori.

03. Edamame

5 Makanan Musim Panas di Jepang yang Baik Buat Tubuh Kita!
Edamame (Gambar allabout-japan.com)

Edamame adalah kacang kedelai Jepang yang biasanya dijadikan camilan dan sangat populer di saat musim panas di Jepang. Disamping rasanya yang enak, Edamame juga memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti yang pernah dibahas juga sebelumnya, dan masih banyak sekali manfaat yang didapat seperti melancarkan pencernaan, mencegah hipertensi, mengurangi resiko sakit jantung, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

04. Nagashi Somen

5 Makanan Musim Panas di Jepang yang Baik Buat Tubuh Kita!
Nagashi Somen (Gambar japanbyjapan.com)

Somen adalah mi yang sangat tipis dan terbuat dari tepung gandum yang dicelupkan pada sup terpisah sebelum dimakan. Biasanya Somen dinikmati saat musim panas ketika orang-orang mulai kehilangan selera makannya. Nagashi Somen adalah salah satu tradisi musim panas di Jepang yang menyenangkan untuk dicoba dimana Somen diluncurkan dalam pipa bambu dengan air dingin yang mengalir dan kita diharuskan menangkapnya dengan sumpit. Biasanya Nagashi Somen ini dihidangkan di luar. Somen juga rendah kalori dan mengandung karbohidrat tinggi yang membuat tubuh lebih berenergi.

05. Unagi

5 Makanan Musim Panas di Jepang yang Baik Buat Tubuh Kita!
Unagi (Gambar bento.com)

Unagi atau belut sudah sejak lama terkenal sebagai makanan musim panas di Jepang. Unagi juga mengandung banyak Vitamin dan mineral termasuk Vitamin A, B1, B2, B12, D, dan E. Mineral yang terkandung juga baik untuk kesehatan karena dapat membantu pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain dapat menikmati hidangan lezat kita juga bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan berenergi di saat musim panas.

  Featured Image: trip101.com