SHARE THIS ARTICLE

YukataJepang1

Banyak dari kita yang berpikir jika mayoritas wanita Jepang memperoleh tubuh yang langsing didapat dari diet mati-matian, ternyata anggapan itu adalah salah karena alih-alih untuk berdiet, mayoritas wanita Jepang sangat terobsesi pada makanan. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bisa mereka memperoleh bentuk tubuh langsing sempurna sedangkan mereka sangat suka makan? Ternyata rahasianya adalah dari jenis dan pola makannya. Yuk, kita intip cara sehat wanita Jepang dalam berdiet!

Rahasia 1

1

Menu harian orang Jepang terdiri dari ikan, kedelai, nasi, sayur dan buah. Sedangkan hidangan rumah klasik ala Jepang terdiri dari ikan panggang, semangkuk nasi, sayur, sup miso, dan sepotong buah untuk hidangan penutup selain teh hijau. Sayuran yang biasa dikonsumsi adalah brokoli, tauge, kol, dan rumput laut. Dan daging termasuk yang jarang dikonsumsi, apabila dikonsumsi pun tidak dalam jumlah yang banyak, daging tersebut akan diiris tipis-tipis. Karena itu hidangan Jepang termasuk dalam kategori yang rendah lemak (lemak jenuh) dan tinggi lemak baik, seperti lemak omega 3 dari ikan

Rahasia 2

langsing-wanita-jepang

Rata-rata wanita Jepang akan makan dalam porsi kecil. Karena menganut pada pepatah leluhur mereka yang berbunyi ‘Hara Hachi Bunme‘ yang berarti ‘makanlah sampai 80% kenyang saja’. Mereka pun jika makan tidak terburu-buru dan sangat menikmati setiap suapnya selain itu hidangan pun di sajikan dalam mangkuk atau piring kecil.

Rahasia 3

2

Makanan Jepang sangat ringan. Rata-rata wanita Jepang lebih suka menumis, mengukus, merebus dan memanggang di atas wajan dari pada menggoreng atau memanggang di oven. Keuntungannya adalah zat-zat baik makanan tidak rusak. Jepang juga terkenal dengan makanan mentahnya seperti sashimi selain itu makanan Jepang terkenal tidak memakai banyak bumbu, karena mayoritas warga Jepang sangat menyukai makanan yang memiliki warna dan rasa yang alami.

Rahasia 4

makan-siang

Mayoritas warga Jepang sangat menyukai nasi, itupun dalam porsi yang sedang tidak terlalu berlebihan. Maka tidaklah aneh jika di Jepang mudah sekali menemui restoran yang menyajikan nasi merah karena mengandung banyak serat.

Rahasia 5

4

Di Jepang menganggap sarapan lebih penting daripada makan siang ataupun makan malam. Maka dari itu umumnya di dalam keluarga ibu rumah tangga selalu menyiapkan sarapan sehat setiap paginya yang terdiri dari semangkuk nasi, sup miso, tahu, bawang bombay, nori (rumput laut), omelet ataupun ikan panggang. Sarapan berguna untuk mencegah makan siang secara berlebihan.

Rahasia 6

images

Wanita Jepang sangat suka mengemil. Ya, mungkin akan terdengar aneh karena penyebab bertambahnya berat badan adalah karena terlalu banyak mengemil. Tapi tidak bagi wanita Jepang karena mereka mengemil dengan cara tidak terus-menerus dan rata-rata ukuran cemilan Jepang hanya 3 cm persegi dan dikemas satu-satu, dengan begitu wanita Jepang akan makan cemilan tersebut 1-2 saja dan sisanya akan disimpan untuk nanti.

Rahasia 7

3

Wanita Jepang punya ‘hubungan istimewa’ dengan makanan. Wanita Jepang mempunyai pandangan sendiri dalam hal makanan, mereka tidak mengaitkan makanan dengan hal yang berbau gemuk dan langsing, sebaliknya mereka berpendapat jika makanan dapat membuat tubuh mereka sehat. Mereka tidak memusingkan akan jenis apa yang akan mereka makan dan berapa banyak porsinya.

8. Rahasia 8

Wanita Jepang

Warga Jepang sangat menyukai berjalan kaki. Bagi sebagian orang mempunyai kendaraan pribadi merupakan kebanggaan tersendiri, tapi tidak bagi orang Jepang. Mereka beranggapan jika dengan memiliki mobil akan dapat menguras pendapatannya, maka tidaklah aneh jika orang Jepang lebih memilih berjalan kaki dari stasiun ke stasiun kereta untuk membakar kalori mereka.

Source : makananuntukdietsehat.com
COMMENT