SHARE THIS ARTICLE

Manga memang identik dengan kisah bergambar yang menarik untuk melepas penat, baik visualnya yang enak dipandang mata dan plot yang menghibur. Namun apa jadinya jika manga yang kita baca ternyata memberikan rasa takut? Itulah ciri khas dari manga bertemakan horor. Manga ber-genre horor memang bertujuan “menakuti” pembacanya dengan gambar-gambar dan kisah menakutkan yang tidak hanya mengisahkan tentang hantu, tapi juga teror dan sisi kelam manusia.

Manga dengan tema ini mungkin tidak akan dilirik oleh anak-anak atau orang dewasa yang masih takut dengan hantu dan makhluk gaib, tetapi kisah dan visualnya yang membuat bulu kuduk berdiri tetap memiliki pesona tersendiri bagi penggemarnya.

Berikut 58 manga horor Jepang terbaik yang tidak boleh dilewatkan oleh pecinta kisah-kisah menakutkan. (lanjutan dari bagian pertama dan kedua)

26. Manhole (Tsutsui Tetsuya)

Apa hubungan antara dua detektif Jepang, pria tak berbusana di tengah kota, dan cacing gelang dari Botswana? Jilid pertama dari Manhole, Ken Mizoguchi dan Nao Inoue menyelidiki rangkaian pembunuhan yang penuh darah nan misterius, tapi pekerjaan mereka telah mengungkap alat pembunuh biologis yang menyebabkan wabah mematikan. Petunjuk pertama mereka bermula pada pengejaran seorang fotografer, namun penyebaran wabah tetap berlanjut. Serial ini mungkin lebih bagus dideskripsikan sebagai kombinasi menakutkan antara kisah detektif dengan biologis yang menakutkan.

27. Screaming Lessons (Ishikawa Emi)

Selamat datang di kelas yang menakutkan! Aku akan menjadi pemandumu menuju dunia yang tersembunyi dari keseharian. Untuk pelajaran ini, kamu tidak membutuhkan buku panduan atau buku catatan. Itupun jika kamu sudah mempersiapkan yang terburuk…

Manga ini mendapat penghargaan ajang Shogakukan Manga Awards yang ke-59 untuk kategori Best Children’s Manga dan telah diadaptasi menjadi film live-action pada 14 Juni 2013.

28. Hakaijuu (Honda Shingo)

Kamu menjalani hidup yang cukup menyenangkan… bersaing dengan teman-temanmu… memiliki teman masa kecil yang tak lama lagi menjadi pacarmu, yang baru kembali ke kota… semua impian nampaknya mulai menjadi kenyataan… ketika tanah tiba-tiba berguncang dan lemari jatuh tepat di kepalamu… Yah… kepalamu baru saja terbentur, jadi hal itu akan cukup… beralasan kalau semuanya menjadi gila dan orang-orang dimakan di depan matamu, bukan?

Hakaijuu telah terjual lebih dari 1 juta eksemplar di Jepang dan telah diadaptasi menjadi film live-action pendek tahun 2010 lalu.

29. Orochi (Kazuo Umezu)

Suatu malam setelah bertengkar dengan suaminya, Lisa menyetir dalam keadaan mabuk dan menabrak mobil lain. Beruntungnya, seorang perempuan misterius bernama Orochi berada di sana dan membelokkan mobilnya, sehingga cidera Lisa tidak terlalu fatal. Sebagai akibatnya, Orochi koma selama beberapa dekade. Pada akhirnya, Orochi bangun dan mendapati dirinya berada di sebuah mansion bersama dua saudara perempuan dan lambat laun diketahuilah sifat sebenarnya dari mereka.

30. Kurosagi Shitai Takuhaibin (Otsuka Eiji – Story; Yamazaki Housui – Art)

Lima lulusan dan mahasiswa dari Buddhist University kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan mereka, tapi dengan bakat mereka masing-masing (dukun, pawang, hacker, dowser [melacak keberadaan mayat dengan pendulum atau tongkat-red], pembalsem mayat, dan dalang yang mampu berkomunikasi dengan makhluk asing melalui bonekanya) mereka menciptakan layanan pesan-antar yang spesial: mencari mayat-mayat tak bernama, lalu mencari tahu dan mengabulkan permohonan mereka.

Film live-action-nya akan segera direalisasikan di bawah lisensi Amerika dan sedang dalam tahap pengerjaan.

31. Portus (Jun Abe)

Teman dari murid SMA berumur 17 tahun bernama Asami Kawakami, Chiharu, berhenti menjawab telepon darinya dan tidak pernah datang kembali ke sekolah. Dia lebih banyak menghabiskan waktunya bermain Portus, sebuah video game yang kuno. Ada kisah legenda bahwa ada level rahasia dan bertanya apakah kamu mau pergi ke sisi dunia lain. Jika kamu menjawab ya, kamu mati. Ketika Chiharu menyayat tenggorokannya sendiri, Asami dan guru seninya, Keigo Sawa, berusaha untuk mencari kebenaran di balik legenda tersebut dan aksi bunuh diri Chiharu.

32. The Horror Mansion (Ochazuke Nori)

Melangkahlah masuk ke dalam horror mansion jika kamu berani…

33. Fat (Ogatsu Kazuo)

Istrinya menghilang, ibunya terlalu lemah untuk mengurusi dirinya sendiri, dan ada sesuatu yang aneh tumbuh di dalam hutan….

34. Die (Yuki Kaori)

Seorang pemuda membaca catatan bunuh diri dari almarhum saudara perempuannya…

35. Koukai No Naraku (Oshikiri Rensuke)

Seorang anak laki-laki meloncat dari sebuah gedung bersiap untuk mengakhiri semuanya.

36. Kijin Gahou (Kago Shintaro)

Kumpulan dari kisah-kisah oneshot yang aneh, tidak biasa, dan penuh dengan darah.

37. Plastic Girl (Furuya Usamaru)

“Mataku ditutup oleh Ayah supaya aku tidak akan tahu arah. Mulutku dibungkam dan telingaku disumbat oleh Ibu supaya aku tidak bisa mendengar dan mengatakan hal buruk. Ayah melarangku untuk tersenyum supaya aku tidak bermimpi dan berharap. Ibu mengembangbiakkanku… supaya aku bisa memikul semua dosanya.”

38. Parasyte (Iwaaki Hitoshi)

Mereka datang dalam keheningan dan kegelapan. Mereka berasal dari langit. Mereka lapar akan daging manusia. Mereka di mana-mana. Mereka adalah parasit, makhluk luar angkasa yang harus menginvasi-dan mengambil alih-tubuh manusia sebagai inang untuk bertahan hidup. Dan saat mereka menginfeksi para korbannya, mereka dapat memilih bentuk mematikan apapun: monster dengan gigi yang besar, iblis bersayap, makhluk dengan tangan berbentuk pisau. Tapi kebanyakan dari mereka memilih untuk menyembunyikan senjata mematikan mereka di balik wajah normal manusia. Jadi tidak ada satupun yang mengetahui rahasia mereka -kecuali seorang murid SMA biasa. Shin berjuang untuk mengontrol tubuhnya sendiri dari alien parasit, tapi bisakah ia menemukan cara untuk memperingatkan umat manusia dari hal menakutkan yang akan datang ini?

Parasyte akan diadaptasi menjadi dua film live action pada tahun 2014 dan 2015. Selain itu, anime-nya juga akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

39. Pupa (Motegi Sayaka)

Kisah “hidup dan mati antar saudara” ini menceritakan tentang Utsutsu dan Yume Hasegawa, seorang anak laki-laki dan adik perempuan kecilnya yang mendapati diri mereka sendirian. Suatu hari, Yume melihat kupu-kupu merah yang misterius dan tubuhnya mengalami metamorfosis aneh—menjadi makhluk yang memakan manusia. Utsutsu berjuang mencari cara untuk mengembalikan kembali adik perempuannya.

Pupa telah diadaptasi menjadi serial anime pada Januari 2014.

40. Warau Kyuuketsuki (Suehiro Maruo)

Ketika seorang pemuda, baru saja “dihidupkan” menjadi seorang vampir, melakukan aksi-aksi brutal, masyarakat di kotanya menunjukkan perbuatan yang tak wajar. Para orang dewasa mengeksploitasi kekuasaan mereka, para pemuda menjadi tak bermoral dan menggunakan segala cara untuk meraih apa yang mereka inginkan. Jadi manakah yang merupakan kengerian yang sebenarnya? Vampir yang membunuh demi makanan atau penyakit menjalar yang tersembunyi dalam masyarakat, yang perlahan-lahan merusak tanpa kita ketahui?

41. Panorama of Hell (Hideshi Hino)

Panorama of Hell adalah perjalanan yang mengejutkan nan menyiksa menuju kedalaman dari “neraka” seorang pria tentang suasana setelah serangan bom atom. Melalui kesaksian dari si “pencipta neraka” akan dampak dari serangan bom atom di Hiroshima yang kejam, Hideshi Hino mengisahkan kisah yang menghantui, menciptakan manga terbaik dari black humor, pemandangan yang menarik perhatian dan menyentak.

Panorama of Hell telah dirilis di Amerika dan Perancis. Selain itu, manga ini pernah dinominasikan di penghargaan Angoulême International Comics Festival (festival komik terbesar di Eropa dan kedua terbesar di dunia setelah Comiket) pada tahun 2005.

COMMENT