SHARE THIS ARTICLE

Manga memang identik dengan kisah bergambar yang menarik untuk melepas penat, baik visualnya yang enak dipandang mata dan plot yang menghibur. Namun apa jadinya jika manga yang kita baca ternyata memberikan rasa takut? Itulah ciri khas dari manga bertemakan horor. Manga ber-genre horor memang bertujuan “menakuti” pembacanya dengan gambar-gambar dan kisah menakutkan yang tidak hanya mengisahkan tentang hantu, tapi juga teror dan sisi kelam manusia.

Manga dengan tema ini mungkin tidak akan dilirik oleh anak-anak atau orang dewasa yang masih takut dengan hantu dan makhluk gaib, tetapi kisah dan visualnya yang membuat bulu kuduk berdiri tetap memiliki pesona tersendiri bagi penggemarnya.

Berikut 58 manga horor Jepang terbaik yang tidak boleh dilewatkan oleh pecinta kisah-kisah menakutkan.

1. Uzumaki (Junji Ito)

Kurozu-cho, sebuah kota di pesisir kota Jepang yang diselimuti kabut, adalah kota yang terkutuk. Menurut Shuichi Saito, kekasih Kirie Kojima yang pendiam, kota mereka dihantui bukan oleh manusia atau sesuatu lainnya yang hidup tapi oleh sebuah pola: uzumaki; berbentuk spiral, sebuah bentuk rahasia di dunia yang menghipnotis. Uzumaki muncul dalam berbagai cara yang sederhana: menjadi kerang laut, pakis, pusaran air, pusaran angin. Uzumaki juga muncul dalam cara yang rumit: tanda berbentuk spiral di tubuh orang-orang, obsesi gila dari ayah Shuichi, suara dari koklea telinga. Saat kegilaan menyebar, penduduk Kurouzu-cho ditarik lebih dalam ke pusaran yang tak berujung…

Uzumaki telah direalisasikan menjadi film live-action tahun 2000 di Jepang. Selain itu, manga ini banyak mendapat respon positif dari para kritikus Barat. Manga ini dinominasikan di Eisner Award tahun 2003, dan dimasukkan dalam daftar “Top 10 Graphic Novels for Teens” oleh the Young Adult Library Services Association pada 2009.

——————————————–

2. Tomie (Junji Ito)

Kisah ringkas penuh teror ini menceritakan seorang gadis SMA bernama Tomie, yang merupakan bentuk nyata dari nafsu dan segala perasaan negatif, seperti kecemburuan. Tomie adalah perwujudan dari kehancuran diri sendiri, namun ironisnya dia selalu mampu bertahan hidup. Dia dapat dikenali dengan tahilalat di bawah mata kirinya. Tomie memiliki kekuatan rahasia yang mampu membuat semua orang jatuh cinta padanya. Dengan tipu muslihat dan manipulasi emosi, dia mampu membuat laki-laki yang mencintainya memiliki rasa cemburu yang akhirnya menggerakkan mereka melakukan aksi-aksi brutal. Para pria membunuh satu sama lain demi Tomie; dan para wanita juga diselimuti rasa cemburu yang sama. Tomie selalu dibunuh berkali-kali dan kembali hidup. Ia dikutuk untuk menjalani hidup seperti itu.

Tomie telah diadaptasi menjadi serial pada tahun 1999. Manga ini juga telah diadaptasi menjadi film live action dengan judul yang sama.

——————————————–

3. Battle Royale (Takami Koushun – Story; Taguchi Masayuki – Art)

Di masa depan, tiap kelas di SMA dipilih secara acak untuk bertanding dalam sebuah permainan bernama Battle Royale. Peraturannya: hanya satu murid yang bisa bertahan hidup setelah tiga hari berada di sebuah pulau atau semuanya mati. Senjata diberikan pada setiap murid dan mereka akan dilepas sendirian dalam kondisi tidak siap akan kengerian yang menunggu mereka. Para rekan satu kelas berubah kepribadiannya dalam pertempuran demi bertahan hidup, perjanjian disepakati dan dilanggar, dan dari yang awalnya sahabat menjadi musuh seiring dengan waktu yang terus bergulir dengan kejamnya. Di tengah pengkhianatan dan korban yang terus bertambah, dua teman sekelas menyatakan cintanya dan bersumpah untuk bertahan hidup bersama-sama dalam permainan yang mematikan ini.

——————————————–

4. Hideout (Kakizaki Masasumi)

Malam itu sangatlah gelap. Di bawah hujan lebat, seorang pria bertekad untuk menemukan korbannya yang ketakutan. Tekad Kirishima Seiichi sudah jelas: malam ini, ia akan membunuh istrinya.

Setahun yang lalu, ia adalah pria yang hidup sejahtera– seorang penulis sukses, suami yang bahagia, dan ayah dari seorang anak laki-laki… Saat itu, segalanya tampak berjalan dengan baik. Tapi kebahagiaan sempurna itu harus berakhir. Di hari editornya mengakhiri kolaborasi mereka, kegelapan masuk ke dalam hidupnya lebih cepat dibandingkan peluru. Serbuan mengerikan ke dalam neraka dimulai, halaman demi halaman dari yang tampaknya akan menjadi novel terakhirnya…

——————————————–

5. Jisatsu Circle (Furuya Usamaru)

Jisatsu Circle adalah manga yang diadaptasi dari film dengan judul serupa, ditulis dan disutradarai oleh Sion Sono. Awalnya, kisah manga ini ingin dibuat sama persis dengan filmnya, tapi Sion Sono meminta Furuya Usamaru untuk membuatnya berdasarkan kisah buatannya sendiri, yang menghasilkan kisah yang jauh lebih mudah untuk dimengerti.

Kisah dimulai serupa dengan adegan awal dalam filmnya, di mana 54 gadis bunuh diri dengan melompat ke kereta yang melaju. Namun, seorang gadis selamat (Saya Kota) dan membuat sebuah Suicide Club yang baru, dengan korban-korban yang baru pula. Teman baiknya, Kyoko, khawatir akan masa depan Saya dan mulai mencari rahasia aneh seputar Suicide Club demi menyelamatkan Saya dan gadis-gadis lainnya untuk melakukan tragedi serupa.

——————————————–

6. Ibitsu (Ryou Haruto)

Di malam hari, seorang pria pergi untuk membuang sampah, dan menemukan wanita lolita yang aneh dan menyeramkan duduk di antara kantung-kantung sampah. Wanita itu bertanya apakah pria tersebut memiliki adik perempuan, pria itu menjawab, dan langsung berlari kembali masuk ke apartemennya. Ketika dia melihat keluar melalui jendela, wanita itu menghilang. Siapakah wanita asing itu, dan mengapa wanita itu memberinya firasat buruk?

——————————————–

7. Zashiki Onna (Mochizuki Minetaro)

Suatu malam, seorang mahasiswa berwatak lembut, Hiroshi Mori, menabrak seorang wanita yang sedang mengunjungi tetangganya. Ia adalah wanita berbadan besar, menyeramkan, berambut panjang, mengenakan mantel, dan membawa tas belanja di kedua tangannya. Pria itu belum pernah melihatnya sebelumnya. Dan kemudian, tanpa peringatan, wanita itu mulai menguntit Hiroshi, mengalihkan perhatiannya dari tetangga sebelah yang selalu ia kunjungi ke Hiroshi. Siapa wanita itu dan apa yang ia inginkan?

——————————————–

8. Homonculus (Hideo Yamamoto)

Trepanation adalah metode dari mengebor tulang tengkorak untuk membuat lubang. Metode ini dikatakan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan tekanan di dalam otak. Dikatakan pula metode tersebut dapat mengeluarkan kemampuan indra keenam seseorang, kemampuan untuk menggunakan ESP, melihat makhluk halus, memindahkan benda-benda dengan pikiran. Ini adalah sebuah fiksi spekulatif yang didasarkan dari konsep trepanation.

——————————————–

9. I Am a Hero (Hanazawa Kengo)

Hideo Suzuki ialah asisten mangaka berumur 35 tahun yang berjuang untuk menjadi pahlawan dalam hidupnya sendiri selagi menyeimbangkan hidup antara hubungan bersama pacarnya dan delusi dalam pikirannya. Namun, sekeras apapun Hideo mencoba, dunia memiliki sederet rencana untuknya; intrik jahat dan gelap yang benar-benar memutar balik dunia nyatanya.

I am a Hero mendapatkan penghargaan pada Shogakukan Manga Award ke-58 kategori umum. Dilansir dari Crunchyroll.com, manga ini direncanakan akan diadaptasi menjadi film live-action­ dan akan dirilis 2015 mendatang.

——————————————–

10. Drifting Classroom (Kazuo Umezu)

Setelah terjadinya gempa bumi yang aneh, sebuah Sekolah Dasar menghilang secara misterius, hanya ada satu lubang besar di tempat awal sekolah itu berada. Saat polisi dan para orangtua yang khawatir berfikir bahwa semua orang di sekolah tersebut telah tewas, para murid dan staf sekolah menemukan diri mereka dan sekolah di tengah-tengah tanah kosong nan tandus. Di saat kekacauan dan kepanikan mulai menelan sekolah dan penghuninya, bocah kelas enam Sho Takamatsu dan teman-temannya mencoba untuk mencari tahu apa yang telah terjadi dengan mereka, sembari mencoba untuk terus bertahan hidup.

Drifting Classroom meraih penghargaan Shogakukan Manga Award ke-20 kategori General dan telah diadaptasi menjadi film live-action pada 1987. Di tahun 2002, manga ini kembali diadaptasi menjadi dorama berjudul The Long Love Letter dengan plot yang disetir menjadi kisah romantis.

COMMENT