SHARE THIS ARTICLE

Manga memang identik dengan kisah bergambar yang menarik untuk melepas penat, baik visualnya yang enak dipandang mata dan plot yang menghibur. Namun apa jadinya jika manga yang kita baca ternyata memberikan rasa takut? Itulah ciri khas dari manga bertemakan horor. Manga ber-genre horor memang bertujuan “menakuti” pembacanya dengan gambar-gambar dan kisah menakutkan yang tidak hanya mengisahkan tentang hantu, tapi juga teror dan sisi kelam manusia.

Manga dengan tema ini mungkin tidak akan dilirik oleh anak-anak atau orang dewasa yang masih takut dengan hantu dan makhluk gaib, tetapi kisah dan visualnya yang membuat bulu kuduk berdiri tetap memiliki pesona tersendiri bagi penggemarnya.

Berikut 58 manga horor Jepang terbaik yang tidak boleh dilewatkan oleh pecinta kisah-kisah menakutkan. (lanjutan dari bagian pertama)

11. The Fashion Model (Junji Ito)

Fashion bertemu kengerian dalam manga ini oleh mangaka horor ulung, Junji Ito.

 

12. Horror Manga Collection (Junji Ito)

Sebuah koleksi dari kisah-kisah gothic horor oleh Junji Ito. Total 16 edisi.

 

13. The Enigma of Amigara Fault (Junji Ito)

Sebuah gempa bumi mengungkap dinding misterius dengan ribuan lubang dalam berbentuk manusia – setiap lubang adalah bentuk sempurna dari seseorang. Ketika seseorang menemukan “lubangnya”, ia masuk ke dalamnya… tapi lubang itu begitu kompleks sehingga manusia tidak bisa memutar balik atau kembali. Apa yang terjadi dengan orang lain yang berjalan masuk ke dalam lubang mereka?

 

14. Hell Baby (Hideshi Hino)

Novel grafis yang dibuat oleh salah satu seniman Jepang yang paling berbakat menceritakan kisah tentang dua saudara kembar yang lahir di malam gelap nan badai di Tokyo: satu normal, dan satunya lagi adalah bayi iblis yang haus darah – Hell Baby. Dibuang di tempat sampah dalam kantung plastik, Hell Baby mati, tapi kembali hidup oleh hantaman petir. Hell Baby mengembangkan teknik berburu untuk bertahan hidup di antara binatang liar yang ada di dalam tempat sampah. Setelah berjuang selama tujuh tahun, dia bertekad membalaskan dendam untuk takdirnya dan kembali ke kota, di mana dia menerapkan keterampilan berburunya untuk bertahan hidup – kali ini terhadap warga Tokyo.

 

15. Gyo (Junji Ito)

Sesuatu membusuk di Okinawa… bau busuk kematian menggantung di pulau tersebut… apakah itu? Ikan aneh yang berkaki muncul… dimulailah spiral ketakutan dari bau laut yang dialami oleh Tadashi dan Kaori.

Gyo telah dibuat versi anime OVA di bawah produksi Ufotable dan dirilis pada Februari 2012.

 

16. Hellstar Remina (Junji Ito)

Komik ini adalah kisah horor/fiksi ilmiah tentang planet besar yang memakan makhluk dari dimensi lain. Seorang ilmuwan menemukan planet tersebut dan keliru mengidentifikasinya sebagai planet biasa. Atas jasanya, ilmuwan tersebut diberi kehormatan untuk menamai penemuannya dan profesor itu memilih untuk menggunakan nama anak perempuan sulungnya, Remina. Tapi ketika Hellstar Remina bergerak menuju ke arah Bumi, dunia menjadi gila dan orang-orang di kota mulai berburu untuk membunuh Remina, berfikir bahwa dia adalah orang yang patut disalahkan.

 

17. Mail (Yamazaki Housui)

Detektif swasta Reiji Akiba memiliki teori tentang peristiwa janggal dan kebetulan aneh yang orang hadapi sehari-hari. Mereka sebenarnya bertemu dengan yang sudah mati; begitulah cara para arwah mengirimkan manusia sebuah pesan. Tapi kamu mungkin tidak ingin membuka pesan aneh itu dari alam baka – tidak kecuali kamu bisa melihat makhluk yang melekat dalam pesan itu, seperti yang bisa dilihat Akiba. Dan tidak mungkin juga kecuali kamu membawa pistol yang bisa membunuh orang yang sudah mati, seperti senjata milik Akiba bernama Kagutsuchi, “alat penghubung Tuhan dan bumi”… yang menggali kuburan sempurna bagi para arwah untuk beristirahat.

Manga ini telah diadaptasi menjadi film live-action pada 2009. Dalam filmnya, Takamasa Suga memainkan peran sebagai Akiba dan tokoh Mikoto diperankan oleh Chiaki Kuriyama (Kill Bill).

 

18. Fuan no Tane (Nakayama Masaaki)

Manga ini merupakan kumpulan dari kisah-kisah singkat dan berhubungan dengan kisah-kisah legenda, hantu dan tahayul. Semuanya dirangkai secara apik dalam kisah ini dengan tema yang spesifik.

Fuan no Tane telah diadaptasi menjadi film live-action pada Juli 2013.

 

19. Fuan no Tane Plus (Nakayama Masaaki)

Kumpulan kisah pendek menyeramkan yang lebih banyak tentang legenda, hantu, dan tahayul. Semuanya dirangkai secara apik dalam kisah ini dengan tema yang spesifik.

 

20. Yami no Koe (Junji Ito)

Yami no Koe atau ‘Voices in the Dark’ adalah kumpulan kisah-kisah pendek dari Junji Ito, dirilis pada 2003.

 

21. Shin Yami no Koe (Junji Ito)

Merupakan prekuel dari Yami no Koe, inilah manga dengan lebih banyak kisah horor dari Junji Ito.

 

22. Fetish (Fujiwara Kaoru)

Kumpulan dari kisah-kisah pendek yang kelam dan abnormal.

 

23. Mimi no Kaidan (Junji Ito)

Kumpulan kisah-kisah horor pendek yang berpusat pada kehidupan Mimi (tokoh utama dalam kisah ini).

 

24. Domu (Otomo Katsuhiro)

Pria yang berfikiran abnormal, memiliki bakat berupa kekuatan paranormal, secara diam-diam menguasai seluruh komplek apartemen sekitarnya. Para penghuni adalah boneka yang bisa ia kendalikan. Ia bisa memberi kehidupan… juga mengambilnya kembali. Namun tiba-tiba muncul suara baru di kepalanya, dan sebelum ia mengetahuinya, seorang anak perempuan dengan kemampuan paranormal yang sama telah tiba untuk menantangnya! Tak lama kemudian, komplek apartemen tersebut menjadi arena pertarungan antara kedua pemilik kemampuan pikiran yang luar biasa, kekuatan yang tidak bisa dibayangkan.

Domu telah terjual lebih dari 500,000 kopi di Jepang dan meraih beberapa penghargaan seperti Japan Cartoonists Association Award pada 1981, manga  pertama yang memenangkan Nihon SF Taisho Award, dan Seiun Award pada 1984 sebagai Comic of the Year.

Manga yang juga dibuat oleh mangaka yang membuat Akira ini telah dirilis di Inggris dan menjadi komik dengan penjualan terbaik tahun itu.

 

25. Litchi Hikari Club (Furuya Usamaru)

Sebuah klub yang terdiri dari sembilan pemuda (bernama Hikari Club) memiliki tujuan untuk menciptakan robot super pintar. Pemimpin klub yang atraktif, Zera, adalah pemuda sinting yang meracuni pikiran para anggota klub untuk membuat mereka melakukan apapun yang ia inginkan. Tamiya, pendiri sesungguhnya dari klub tersebut, ingin mengklaim kembali klubnya. Niko, orang nomor dua di klub tersebut, risih dengan kehadiran Jaibo, pemuda yang terobsesi dengan Zera. Mereka menculik siswi SMA, tapi si robot pintar Raichi jatuh cinta pada perempuan itu dan begitu pula sebaliknya, dan segalanya menjadi berantakan.

Litchi Hikari Club merupakan adaptasi dari salah satu produksi Tokyo Grand Guignol (aksi teatrikal yang mengusung tema-tema horor) pada tahun 1980. Manga ini telah dibuat manga prekuelnya berjudul Our Light Club, anime, aksi teatrikal, dan menginspirasi vokalis band PENICILLIN Hakuei untuk membentuk band dan lagu berdasarkan manga tersebut.

Dilansir dari crunchyroll.com, film live action-nya juga direncanakan akan dirilis walaupun jadwalnya masih belum dipastikan.

COMMENT