SHARE THIS ARTICLE

Perusahaan teknologi Jepang, DeNA Co., baru-baru ini memamerkan bus tanpa pengemudi pertamanya di Tokyo. Bus ini berjalan pada rute yang telah ditentukan oleh Global Positioning System (GPS) dan kamera eksternal, dengan tenaga listrik dan dapat membawa 12 penumpang.

EZ10 Robot Shuttle, dikembangkan bersama dengan perusahaan Prancis, Easy Mile, akan digunakan perdana di fasilitas belanja di Prefektur Chiba bulan depan. Bus ini memiliki kecepatan maksimum 40 kilometer per jam. Tak hanya itu, EZ10 Robot Shuttle juga dilengkapi fasilitas lift sehingga memudahkan warga lanjut usia dan penyandang difabel untuk naik ke dalam bus.

Inilah EZ10 Robot Shuttle, Bus Tanpa Pengemudi Pertama di Jepang
Image Source: The Japan Times/Kazuaki Nagata

EZ10 Robot Shuttle mengandung komponen aluminium dan fiberglass, sehingga ringan dan tahan lama. Bus ini juga menggunakan aktuator listrik dan memiliki daya tahan baterai hingga sepuluh jam, juga memiliki AC dan interkom yang langsung terhubung ke ruang kontrol.

Mobil tanpa pengemudi mulai menjadi tren dunia. Sebelumnya, perusahaan Robot Taxi inc juga pernah menggelar uji coba taksi robot tanpa pengemudi di lapangan di Fujisawa, Prefektur Kanagawa, Jepang.

Semoga teknologi kendaraan tanpa pengemudi seperti ini dapat mengurangi jumlah kecelakaan yang mayoritas disebabkan oleh kesalahan manusia ya.

Sources :
COMMENT