SHARE THIS ARTICLE

Budaya dan tradisi Jepang mengenal adanya “hal baik”, “hal tidak baik”, “kesialan”, “keberuntungan”, dan sejenisnya. Karena itulah ada bangsa Jepang suka melakukan hal-hal yang dianggap dapat mendatangkan kebaikan dan keberuntungan, dan sebaliknya, menjauhi hal-hal yang dianggap dapat mendatangkan kesialan. Berikut ini 7 sikap yang biasa dilakukan untuk mendatangkan kebaikan, keberuntungan, dan menghindari kesialan.

1. Membeli o-mamori

6a original

O-mamori merupakan jimat yang dijual di kuil Shinto. Fungsinya beragam, mulai dari jimat keberuntungan, cinta, kesuksesan, dan lain-lain. Membeli o-mamori jelas dianggap sebagai tindakan yang dapat mendatangkan keberuntungan.

2. Menghindari penggunaan kata-kata yang dianggap tabu

6b original

Ada beberapa kata yang dianggap memiliki makna burukuntuk berbagai situasi. Misalnya saja, jika menyebut kata “jatuh” atau “tergelincir” di dekat pelajar yang mau ujian, dianggap dapat mengundang kesialan karena kata-kata tersebut identik dengan kegagalan. Begitu juga jika menyebut kata-kata yang identik dengan perpisahan saat upacara pernikahan.

3. Memakan makanan yang dianggap mendatangkan keberuntungan

University of Tokyo students display a l

Beberapa makanan dianggap dapat mendatangkan keberuntungan. Misalnya saja makan makanan yang mengandung unsur “katsu” karena “katsu” satu bunyi dengan kata yang artinya “menang”. Karena itulah KitKat populer di Jepang (“kat” pada KitKat satu bunyi dengan katsu).

4. Mengenakan pakaian keberuntungan

Japan's largest lingerie maker Wacoal un

Orang Jepang kerap mengenakan pakaian yang dianggap mendatangkan keberuntungan. Biasanya pakaian tersebut dikenakan saat akan menghadapi peristiwa penting seperti presentasi atau kencan.

5. Menabur garam 

A sumo wrestler picks up a handful of sa

Menabur garam di depan toko atau sebelum melakukan sesuatu tak hanya dianggap dapat mengusir kesialan, namun juga dapat mendatangkan keberuntungan.

6. Menempatkan patung kucing keberuntungan dan patung 7 dewa keberuntungan

6f original

Patung kucing keberuntungan, yaitu maneki neko, memiliki bentuk seperti seekor kucing yang sedang duduk dengan kaki terayun. Kucing tersebut dianggap dapat mengundang tamu dan mendatangkan keberuntungan. Sementara itu, menempatkan patung 7 dewa keberuntungan juga dianggap sebagai sebuah tindakan yang baik.

7. Hewan keberuntungan: kura-kura dan bangau

6g original

Kura-kura dan bangau dianggap sebagai hewan yang melambangkan keberuntungan. Burung Bangau dianggap mewakili simbol umur panjang dan kebahagiaan sementara kura-kura melambangkan persahabatan. Menyebut kedua nama binatang tersebut juga dianggap sebgai tindakan yang menguntungkan dan dapat mengusir keburukan.

Source : huffingtonpost
COMMENT